Cara Mencocokkan RAM dengan Motherboard

Asalasah ~ RAM merupakan area penyimpanan sementara yang komputer Anda gunakan untuk mengakses data dan informasi dengan cepat saat berjalan. Jenis dan jumlah RAM yang dibutuhkan sistem bervariasi tergantung pada motherboard Anda. Spesifikasi ini ditemukan dalam rincian produk motherboard Anda, atau di situs web produsen.

Cari Info
Jenis spesifik RAM yang dibutuhkan komputer bergantung pada motherboard apa yang telah Anda instal. Jika Anda tidak memiliki dokumentasi untuk komputer atau motherboard Anda, cari model Anda di situs web produsen. Ini harus mencantumkan semua rincian untuk sistem Anda, termasuk jenis RAM yang dibutuhkan komputer Anda, seberapa cepat motherboard dapat menangani dan berapa banyak pertunjukan yang dapat digunakan secara efektif.

Mengapa RAM jadi penting
Meskipun mungkin tampak seperti memori "ekstra", RAM adalah bagian integral dari sistem Anda dan komputer Anda tidak akan bekerja tanpa itu. Chip tipis dan panjang ini membantu prosesor Anda menjalankan sistem operasi dan berbagai program di komputer Anda dengan menjaga agar data tetap mudah diakses. Prosesor tidak perlu membaca info dari harddisk yang lambat, malah menarik apa yang dibutuhkannya dari RAM yang lebih cepat. Semakin banyak RAM yang telah Anda pasang, semakin banyak proses yang dapat ditangani komputer Anda pada satu waktu dan semakin cepat kecepatannya. Spesifikasi motherboard Anda akan menentukan berapa banyak RAM yang bisa ditangani, namun 4GB adalah jumlah rata-rata untuk sebagian besar pengguna. Semakin banyak game dan program grafis intensif yang Anda gunakan, semakin banyak RAM yang Anda butuhkan untuk menjaga agar segala sesuatunya berjalan dengan lancar.

Jenis RAM dan Kecepatan
RAM telah berevolusi selama bertahun-tahun, mengubah desain dan konfigurasi pin dengan setiap upgrade. Komputer yang dibuat setelah 2007 menggunakan chip DDR3, yang intinya berarti teknologi generasi ketiga DDR. Chip ini juga dinilai dalam kecepatan, yang terdaftar dalam MHz. Anda bisa menggunakan chip RAM yang nilainya kurang dari apa yang bisa ditangani motherboard Anda dengan sedikit masalah, tapi jika Anda mencoba memasukkan chip lebih cepat, itu tidak dijamin bekerja dengan baik. Dengan kata lain, Anda bisa memasang chip DDR3-1600MHz pada motherboard yang diberi nilai hingga DDR3-2000MHz tanpa masalah, namun motherboard yang diberi nilai 1600MHz akan menjalankan chip DDR3-2000MHz dengan kecepatan lebih lambat.

Tidak ada Mix and Match
Karena konfigurasi pinnya yang berbeda, lempengan RAM bukan tipe mix and match. Jika motherboard Anda dirancang untuk RAM DDR3, itu adalah satu-satunya jenis yang sesuai dengan slot memori. Slot memori motherboard diintegrasikan ke dalam board itu sendiri dan tidak bisa ditukar. Gunakan hanya tipe RAM dan kecepatan yang ditentukan oleh produsen motherboard Anda.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://smallbusiness.chron.com/match-ram-motherboard-70098.html