CARA MENGATASI GUGUP dan GROGI Ketika PRESENTASI

AsalasahApakah anda termasuk orang yang gugup bernicara di depan umum seperti didepan kelas ? tepat sekal mampir di blog asalasah ini karena kita akan membahas persoalan CARA MENGATASI GUGUP dan GROGI Ketika PRESENTASI.


CARA MENGATASI GUGUP dan GROGI Ketika PRESENTASI


1. Pastikan Anda mengetahui topik Anda.

Tidak ada yang membuat presentasi lebih buruk daripada seseorang yang benar-benar tidak tahu apa yang dibicarakan. Jika Anda benar-benar mempelajari topik Anda dan mengetahuinya, itu akan sangat membantu Anda.

2. Pilih sesuatu yang Anda sukai.
Jika Anda memiliki pilihan untuk memilih bagian presentasi Anda, pilihlah sesuatu yang Anda sukai. Jauh lebih mudah membicarakan sesuatu yang Anda cintai daripada membicarakan topik yang mungkin tidak pernah Anda pikirkan lagi

3. Gunakan kartu catatan.
Jangan menghafal semua yang akan Anda katakan. Tuliskan hanya poin utama Anda pada kartu catatan.  Memiliki kartu catatan akan memastikan bahwa Anda tidak akan melupakan sesuatu yang penting, dan ini akan menghilangkan tekanan dari otak Anda untuk tidak menghafal.

4. Jangan terlalu menganalisa.
Ini mungkin lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Namun, saya telah belajar untuk menghentikan diri dari terlalu banyak menganalisis presentasi saya dan mengkhawatirkan setiap detail kecil. Begitu Anda tahu topik Anda dan yakin dengan apa yang akan Anda katakan, letakkan kartu catatan Anda, dan hentikan memikirkan presentasi sampai tiba giliran Anda.

5. Fokus pada profesor.
Sementara Anda harus melihat dan berbicara kepada seluruh audiens Anda, yang juga akan membantu Anda mencetak beberapa poin lagi, saya merasa lebih mudah membayangkan jika saya hanya mempresentasikan kepada profesor. Selain itu, seburuk kedengarannya, sebagian besar teman sekelas Anda mungkin tidak sepenuhnya mendengarkan. Kebanyakan dari mereka overthinking presentasi mereka sendiri atau bertanya-tanya siapa yang akan hadir berikutnya, jadi jangan begitu terjebak dalam mengkhawatirkan apa yang teman sekelas Anda pikirkan.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://www.enmuhoundbytes.com/2017/10/09/how-to-overcome-presentation-anxiety/