Cara Mengatasi Kulit Kaki Kering dan Mengelupas serta Gatal

Asalasah ~ Bagaimana cara Cara Mengatasi Kulit Kaki Kering dan Mengelupas serta  Gatal ? Terlepas dari usia, kita semua pernah mengalami gatal dan kulit terkelupas terutama saat cuaca menjadi dingin. Selain angin musim dingin, faktor lain yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan di kaki kita meliputi udara dalam yang kering, kelembaban rendah, dan sabun yang keras.


Kulit di kaki kita kering di alam dibandingkan dengan bagian tubuh kita yang lain seperti wajah dan tangan. Hal ini karena tidak memiliki kelenjar minyak dan hanya mengandalkan kelenjar keringat agar tetap melembabkan. Ini bisa menjadi salah satu masalah yang dihadapi orang yang tidak melembabkan kaki mereka secara teratur. Kering, kaki gatal lebih sering terjadi pada orang dewasa dan pada mereka yang menderita diabetes juga. Cuaca dingin terutama saat musim gugur dan musim dingin merupakan faktor lain yang menyebabkan kaki kering.

Gejala Kaki Kering
Kekeringan kaki mungkin atau mungkin tidak memiliki penyebab yang mendasarinya. Biasanya, ini terkait dengan gejala lain seperti:

  • Kemerahan
  • Rasa gatal
  • Kulit kasar
  • Retak atau retakan
  • Kulit keriput
  • Ruam
  • Gejala ini memburuk menjelang musim dingin.

Gejala Kaki Kering

Sekarang, sementara Anda mungkin berpikir bahwa memiliki kaki kering tidak berbahaya, pikirkan lagi.

Gejala yang terkait dengan kaki kering mungkin tidak menyebabkan alarm pada awalnya namun bisa berkembang menjadi masalah parah.

Selain sakit, tambahan komplikasi kaki kering bisa meliputi:

  • Kesulitan dalam berjalan
  • Perkembangan kondisi kulit seperti dermatitis atau psoriasis
  • Keterbatasan dalam menggunakan kaki Anda
  • Gatal teratur dan sensasi terbakar
  • Pengobatan mahal jika obat bebas tidak lagi bekerja

Cara Mengatasi Kulit Kaki Kering dan Mengelupas serta  Gatal


Mengatasi penyebab mendasari kaki kering adalah langkah pertama dalam merawatnya. Namun, jika kaki kering Anda semata-mata karena cuaca yang dingin, berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan agar tetap lembut dan mulus:

Mandi dan mandi suam-suam kuku.
Sambil mandi air hangat dan mandi bisa merasakan nyaman dan santai, itu benar-benar menghilangkan kulit Anda dengan minyak alami. namun hal ini juga bisa memperburuk gatal pada kaki Anda.

Air hangat membantu menjaga kelembaban kulit Anda termasuk kaki Anda.

Gunakan produk lembut untuk kaki Anda
Lotion, krim atau deodoran yang harum bisa menjadi kasar dan bisa menghilangkan minyak esensial kulit Anda. Inilah sebabnya mengapa Anda harus menggunakan produk kaki yang tidak diberi wewangian.

Hidrasikan diri Anda
Hidrasikan diri Anda dari dalam adalah salah satu cara terbaik untuk mengatasi kaki kering secara efektif. Untuk hidrasi kulit yang optimal, minumlah 6-8 gelas air putih setiap hari.

Hidrasikan rumah Anda
Udara dalam ruangan kering juga berkontribusi pada pengeringan kaki Anda. Inilah sebabnya mengapa Anda harus menjaga kelembaban rumah Anda selama musim dingin. Anda bisa menggunakan humidifier dan menambahkan tanaman indoor.

Itulah artikel yang berkenaan dengan jari kaki kering dan cara mengatasi kulit kaki kering dan mengelupas. Semoga artikel Cara Mengatasi Kulit Kaki Kering dan Mengelupas serta  Gatal berguna bagi sobat asalasah.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: https://www.aetrexblog.com/2017/10/10/watch-out-for-dry-itchy-feet/