Cara Mengetahui Tipe RAM di Laptop dan PC Windows

Asalasah ~ Bagaimana Cara Mengetahui Tipe RAM di Laptop dan PC Windows? Biasa pertanyaan ini muncul ketika ingin membeli atau mengupgrade RAM laptop atau PC.

Berbagai jenis RAM tidak kompatibel satu sama lain, jadi Anda harus menemukan jenis RAM yang tepat yang terpasang di komputer kantor Anda sebelum meningkatkan memori. Sistem operasi Windows yang lebih tua, seperti Windows 7 dan Windows Vista, mengharuskan Anda membuka casing CPU atau menginstal perangkat lunak pihak ketiga untuk memeriksa jenis RAM yang terpasang. Untungnya, Windows 8 dilengkapi dengan Task Manager yang dirubah yang secara otomatis mendeteksi dan menampilkan jenis RAM di komputer Anda.


  1. Tekan "Windows-W" untuk membuka halaman Pengaturan pada start Pencarian.
  2. Ketik "Task Manager" (tanpa tanda kutip) ke dalam kotak pencarian dan pilih hasil pencarian "View System Resource Usage in Task Manager". Task Manager terbuka.
  3. Klik tab "Performance", lalu pilih tab sisi "Memory".
  4. Periksa sisi kanan atas jendela Task Manager untuk melihat jenis RAM yang terpasang pada komputer Anda. Berbagai jenis RAM termasuk DDR SDRAM, DDR2 SDRAM dan DDR3 SDRAM. Namun, Windows 8 Task Manager menghilangkan bagian "SDRAM", dan hanya menampilkan tipe RAM sebagai "DDR," "DDR2" atau "DDR3."


Demikian tips Cara Mengetahui Tipe RAM di Laptop dan PC Windows yang dapata salsah jelaskan seara singkat pada artikel ini. Semoga fapat membantu dan solusi bagi para pembaca yang membutuhkan.

Oh iya ada cara singkat mengakses Task Manager, yaitu dengan cara klik tombol CTRL + ALT + ESC. Jadi bisa langsung melintas beberapa langkah atau poin di atas.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://smallbusiness.chron.com/detect-type-ram-pc-69142.html