cara menjaga kesehatan kaki yang Baik dan Benar

AsalasahJaga agar kakimu bersih dan kering. Artikel asalasah kali ini membahas cara menjaga kesehatan kaki yang Baik dan Benar. Kaki sehat dimulai dengan kebersihan yang baik. Bersihkan dan gosokkan kaki Anda dengan sabun dan air saat Anda mandi. Setelah itu, keringkan dengan baik. Organisme jamur menyukai kelembaban, sehingga merampasnya dari kelembaban akan membuat lebih sulit bagi mereka untuk berkembang.

cara menjaga kesehatan kaki yang Baik dan Benar


  • Periksa kaki Anda untuk masalah. Lakukan pemeriksaan diri kaki seminggu sekali saat Anda mandi atau mandi. Saat Anda mengeringkan kaki Anda, perhatikan baik-baik di telapak kaki untuk setiap penskalaan dan di antara jari-jari kaki Anda untuk area yang mengelupas. Itu bisa menandakan kaki atlet. Juga cari perubahan warna pada kuku, yang bisa menandakan jamur kuku. Jika Anda menderita diabetes, Anda harus memeriksa kaki Anda setiap hari karena diabetes menyebabkan risiko lebih tinggi terkena luka dan infeksi pada kaki.
  • Potong kuku kaki dengan benar. Potong kuku lurus-lurus dan hindari pemangkasan terlalu dekat dengan kulit atau secara drastis membulatkan sudut kuku, yang bisa menyebabkan kuku kaki yang tumbuh ke dalam.
  • Jangan sembunyikan "kuku jelek" dengan cat kuku. Kuku yang berubah warna, tebal, retak, atau hancur bisa menandakan jamur kuku. Menerapkan cat kuku ke kuku yang terinfeksi bisa membuat masalah menjadi lebih buruk.
  • Lindungi kaki Anda di tempat umum. Pastikan untuk memakai sepatu di gym, di ruang loker, dan di kolam renang umum. Tempat ini cenderung menjadi tempat berkembang biak bagi jamur yang bisa mengakibatkan infeksi.
  • Hindari berbagi alas kaki. Anda bisa terkena infeksi dengan meminjam atau memakai sepatu orang lain. Ini terutama mencakup penyewaan. Selalu pakai footgear Anda sendiri untuk membantu menjaga kaki tetap sehat.
  • Kepala dari kaki berkeringat. Kaki Anda memiliki kelenjar keringat berlimpah - 250.000 di setiap kaki! Keringat menciptakan lingkungan yang sempurna bagi bakteri untuk mendirikan toko. Mengenakan kaus kaki yang menjaga kaki tetap kering akan membantu kaki Anda tetap sehat. Juga hindari memakai stoking yang sangat ketat, yang menjebak kelembaban.
  • Pilihlah alas kaki yang bernapas. Untuk membantu menjaga kaki tetap kering dan sehat, kenakan sepatu yang terbuat dari kulit agar udara bisa beredar. Jika Anda rentan terhadap kaki yang terlalu berkeringat, carilah sepatu yang terbuat dari kain mesh untuk breathability maksimal.
  • Pakailah sepatu yang pas. Sepatu yang terlalu ketat bisa menyebabkan masalah kaki jangka panjang. Berbelanja sepatu di penghujung hari untuk mengimbangi pembengkakan kaki yang terjadi di kemudian hari, dan kenakan dengan jenis kaus kaki atau kaus kaki yang sama dengan yang Anda kenakan dengan sepatunya. Hindari sepatu runcing, yang bisa kram jari kaki dan menyebabkan kuku kaki yang tumbuh ke dalam dan infeksi berikutnya.
  • Tahu kapan harus ke dokter. Jangan mencoba untuk mengobati sendiri kelainan kaki yang menyakitkan. Rasa sakit, kemerahan, bengkak, atau perubahan warna yang menetap harus diperiksa oleh dokter podiatri. Biasanya masalahnya bisa dibersihkan dengan obat resep atau prosedur in-office minor. Membiarkan dokter untuk melihat-lihat akan membantu mencegah masalah kecil menjadi masalah utama.

Dengan mengikuti 10 tip mudah ini, Anda dapat membantu menjaga kaki tetap sehat dan bebas dari rasa sakit.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: https://www.aetrexblog.com/2017/10/02/10-tips-for-healthy-feet/