Cara Menjaga Paru paru agar selalu sehat Dengan Meningkatkan Kualitas Udara

AsalasahKesehatan paru dan kualitas udara saling berhubungan. Sehingga penting untuk berada dalam lingkungan yang bersih, lalu bagaimana Cara Menjaga Paru paru agar selalu sehat? Kontaminasi lingkungan bisa datang dari berbagai sumber, termasuk mobil dan industri berat. Memperhatikan kualitas udara di rumah dan tempat kerja bisa menjadi cara yang bagus untuk melindungi kesehatan jangka panjang!


Bagaimana Kualitas Udara Mempengaruhi Kesehatan?
Udara yang kita hirup bisa mengandung partikel dan bahan kimia dalam jumlah besar yang seringkali mikroskopik. Meskipun mudah untuk melihat kontaminan tertentu seperti asap yang dipancarkan dari knalpot atau cerobong asap, sumber polusi lainnya mungkin lebih sulit untuk diidentifikasi. Polusi udara mencakup berbagai bahan kimia, termasuk partikel, ozon, sulfur dioksida, dan senyawa organik volatil lainnya. Masing-masing bisa menyebabkan masalah kesehatan yang berkaitan dengan paru-paru dan bahkan organ lainnya. Asma, serangan jantung, stroke, dan keluhan pernapasan lainnya bisa jadi akibat paparan polusi. Dan untuk menempatkan risiko ini dalam perspektif, Organisasi Kesehatan Dunia memperkirakan bahwa setiap tahun polusi udara merenggut 7 juta jiwa di seluruh dunia .

Polusi udara juga menjadi perhatian utama saat Anda berada di dalam rumah. Rata-rata orang akan menghabiskan 90% waktu mereka di ruang tertutup seperti mobil dan bangunan, yang berarti penghuni akan memiliki paparan yang waktu yang pnjang berada dalam polutan yang ada di tempatnya. Dampak polutan tertentu terutama didasarkan pada konsentrasinya di udara, dan lamanya waktu seseorang terkena udara itu. Polutan ini dapat mencakup alergen seperti serbuk sari, bau tak sedap, dan spora jamur, namun juga dapat mencakup toksin berbahaya seperti serat asbes dan debu timbal. Salah satu dari partikulat ini dapat disapu ke udara oleh aktivitas manusia atau disirkulasikan melalui sistem HVAC sebuah bangunan.

Memperhatikan kualitas udara menjadi bagian penting dalam upaya Cara Menjaga Paru paru agar selalu sehat

Apa Beberapa Cara untuk Meningkatkan Kualitas Udara?
Ada banyak strategi yang dapat digunakan untuk mengurangi risiko terhadap kesehatan manusia. Salah satu hal pertama yang harus dilakukan untuk mengurangi masalah udara di dalam ruangan adalah menghilangkan sumber polusi. Ini berarti menghilangkan bahan beracun, bahkan yang mungkin merupakan bagian dari bangunan itu sendiri. Beberapa bahan yang dulu biasa digunakan dalam konstruksi sekarang diketahui bahayanya.

Ini bisa termasuk bahan seperti asbes dan timbal yang seharusnya hanya ditangani oleh profesional bersertifikasi karena konsekuensi bahan-bahan ini dapat mempengaruhi kesehatan manusia. Asbestos, misalnya, adalah penyebab kanker paru yang kurang terkenal , yang merupakan bentuk kanker paling umum di seluruh dunia. Selain itu, paparan asbes dapat menyebabkan kanker yang sangat langka yang terbentuk di lapisan di sekitar berbagai organ dan memiliki harapan hidup yang sangat rendah, rata-rata kurang dari dua tahun . Menggunakan profesional membantu mengurangi risiko kesehatan ini dan memastikan bahwa berjuang untuk lingkungan yang lebih aman tidak menyebabkan kerugian tambahan.

Selain pengangkatan, memperbaiki ventilasi adalah cara lain untuk mengurangi dampak kesehatan polutan. udara luar sebenarnya bisa lebih bersih daripada udara dalam ruangan, dapat membantu mengurangi konsentrasi polutan dan tingkat eksposur bagi penghuni. Hal ini dapat dicapai dengan meningkatkan sistem HVAC gedung, atau bahkan dengan membuka jendela dan memanfaatkan metode ventilasi alami (misalnya angin).

Melindungi kesehatan paru-paru adalah masalah multifaset yang jauh melampaui nerhenti menggunakan tembakau atau bahkan olahraga yang tepat. Faktor lingkungan yang terjadi pada skala besar berdampak langsung pada kesehatan individu. Kualitas udara di sekitar kita adalah salah satu faktor yang butuh solusi oleh masyarakat. Dan meskipun kita mungkin tidak selalu memperhatikan, kualitas udara terus mempengaruhi kesehatan masyarakat.

itulah dia sekila mengenai Cara Menjaga Paru paru agar selalu sehat, semoga bermanfaat

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://blog.lifeextension.com/2017/09/tips-to-improve-air-quality-for-lung.html