Cara Perbaiki Android “Unfortunately the Process.com.android.phone Has Stopped"

Asalasah ~ Jika Anda melihat pesan kesalahan "Unfortunately the Process.com.android.phone Has Stopped" setelah Anda menginstal ROM baru atau memperbarui firmware Anda, sebenarnya ada beberapa cara untuk memperbaikinya.

Pesan kesalahan dipicu oleh aplikasi toolkit telepon atau SIM. Jadi, jika Anda terus-menerus mendapatkan "Unfortunately the process.com.android.phone has stopped", berikut adalah cara untuk memperbaiki perangkat Anda:

1. Hapus Cache dan Data dari App 
Untuk mengakses opsi ini, buka Pengaturan. Kemudian, pilih Apps. Ketuk tab Semua sehingga semua aplikasi perangkat Anda akan ditampilkan di kolom. Gulir ke bawah sampai Anda melihat "Telepon" atau pilihan yang serupa dengannya. Ketuknya, diikuti dengan memilih opsi "Clear Cache". Jika masalah berlanjut, ulangi langkah-langkahnya dan sertakan "Clear Data" dalam tindakan Anda. Reboot ponsel agar perubahan diterapkan.

2. Hapus Cache dan Data dari Toolkit SIM
Ulangi langkah-langkah yang ditunjukkan di atas. Tapi kali ini, pilih toolkit SIM dari daftar aplikasi di bawah All tab.

3. Perbaiki Menggunakan Custom Recovery
Instal AROMA file manager terbaru, yang dapat ditemukan di situs web XDA. Gunakan untuk menghapus cache atau folder sementara "Phone" serta aplikasi toolkit SIM. Reboot perangkat agar perubahan diterapkan.

4. Lakukan Factory Reset
Sebagai upaya terakhir, backup data Anda dan lakukan Factory Reset. Untuk melakukan ini, matikan perangkat Anda secara normal. Selanjutnya, tahan tombol Volume Naik, home dan Daya sekalian sampai telepon bergetar. Setelah bergetar, lepaskan tombol power tapi jari-jari Anda tetap menekan sisanya. Sehingga, Anda melihat logo Android, baru lepaskan. semua klik, backup dan lakukan Factory Reset.


Baca Juga :
Asalasah | Sumber: https://thedroidguy.com/2017/10/how-to-fix-unfortunately-the-process-com-android-phone-has-stopped-90124