Gejala awal diabetes yang Harus Anda Ketahui (Tipe 2 Paling Sering Diabaikan)

AsalasahDiabetes itu licik. Gejala awal bisa luput dari perhatian selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun. Faktanya, 1 dari 3 penderita diabetes tipe 2 tidak tahu mereka memilikinya.

Sebagian besar sebenarnya mengalami tanda awal tapi tidak menyadari atau mengerti seperti apa.

Deteksi dan pengobatan dini dapat memberi dampak besar pada kesehatan jangka panjang Anda. Penundaan diagnosis selama 3 tahun meningkatkan risiko penyakit jantung Anda sebesar 29% ( 1 ).

Oleh karena itu dengan mengetahui apa yang harus dicari, Anda bisa mengendalikan situasi sebelum  penyakit mengendalikan Anda.

Gejala Diabetes Pada Orang Dewasa dan Anak-anak

Diabetes adalah istilah yang diberikan pada kadar gula darah (glukosa) yang terlalu tinggi untuk jangka waktu yang berkelanjutan.

Tanda atau gejala gula darah tinggi biasanya sama untuk anak-anak dan orang dewasa.

Pasien dengan diabetes tipe 1 biasanya mengalami gejala dalam waktu singkat dan singkat. Kondisi ini sering didiagnosis dalam keadaan darurat.

Diabetes tipe 2 di sisi lain berlangsung cukup lambat. Gejala cenderung muncul secara bertahap, itulah sebabnya mengapa sering diabaikan. Beberapa tidak mengalami gejala awal sama sekali.

Gejala awal diabetes yang Harus Anda Ketahui

1. Peningkatan buang air kecil ini bisa dibilang paling umum
Kenaikan yang signifikan pada seberapa sering Anda buang air kecil ( Polyuria ) adalah gejala sampingan dari gula darah tinggi.

Sebagai acuan, rata-rata orang pipis 4 sampai 7 kali dalam periode 24 jam.

Bangun di malam hari untuk ke kamar mandi, meskipun Anda sudah pergi ke kamar mandi tepat sebelum tidur.

Mengapa hal ini terjadi?: Ginjal Anda bekerja lembur untuk mengeluarkan kelebihan gula dalam darah Anda. Gula yang tidak dapat diserap ginjalnya harus dikeluarkan. Karena itu kadar gula yang tinggi menyebabkan buang air kecil lebih banyak.

2. Kehausan yang berlebihan adalah salah satu tanda awal diabetes klasik
Minum cairan dalam jumlah besar yang luar biasa sepanjang hari dan bahkan dalam semalam adalah gejala yang mencolok.

Asupan bisa berupa 4 liter (1 galon) atau lebih per hari. Anda bahkan bisa mulai merasa haus segera setelah Anda baru saja minum.

Semakin banyak Anda minum, semakin Anda buang air kecil, yang masuk kembali ke dalam siklus buang air kecil yang berlebihan.

Mengapa ini terjadi ?: Ini adalah respon tubuh terhadap peningkatan buang air kecil. Dengan semua cairan ekstra itu, Anda menjadi sangat kering dan haus.

3. Merasa sangat lapar (bahkan setelah makan)
Mereka yang menderita diabetes memiliki nafsu makan yang tak terpuaskan. Untuk makanan sehat dan tidak begitu sehat  .

Otak terus-menerus memberi tahu Anda untuk makan, seolah-olah Anda belum makan apa-apa.

Mengapa ini terjadi ?:  Penderita diabetes tidak dapat mengatur sendiri gula darah dengan baik, yang menyebabkan fluktuasi kadar gula darah yang signifikan. Bila tingkat ini merosot, otak mengira tubuh kelaparan.

4. Penurunan berat badan
Penurunan berat badan yang cepat dan tidak disengaja adalah salah satu tanda diabetes yang lebih jelas. Ini bisa di mana saja dari 5-10 kg  dalam hitungan minggu atau bulan.

Gejala ini jauh lebih khas pada diabetes tipe 1, dimana metabolisme gula dapat mati dengan sangat cepat.

Mengapa ini terjadi ?:  Tanpa energi baru masuk ke dalam sel, tubuh ditipu untuk berpikir bahwa Anda dalam kelaparan. Untuk memberi energi, tubuh merespons dengan memecah protein di otot, yang menyebabkan kemunduran otot dan penurunan berat badan yang tidak terduga.

5. Kelelahan yang tidak biasa dan terasa sangat lemah
Diabetes yang tidak terkelola akan membuat Anda merasa tidak enak, lelah dan malas.

Bahkan bisa digambarkan sebagai kelelahan atau kelesuan ekstrim, di mana Anda merasa terlalu lemah untuk melakukan aktivitas sehari-hari Anda yang biasa.

Mengapa ini terjadi ?: Dengan gula yang tersisa di dalam darah tidak memasuki sel untuk energi, Anda benar - benar memiliki sedikit energi. Tubuh juga mengeluarkan energi tambahan untuk mengimbangi kadar gula tidak teratur. Ginjal di overdrive, ditambah dengan tabrakan gula biasa dan kurang tidur (karena sering buang air kecil) mulai mengambil korban.

6. Kesemutan (pin dan jarum) atau mati rasa di tangan atau kaki
Sensasi kesemutan atau rasa sakit di ekstremitas tubuh - seperti tangan dan kaki - adalah tanda awal diabetes yang umum.

Hal itu cenderung terjadi terlebih dahulu di pagi hari setelah Anda bangun, dan bahkan bisa terasa lebih seperti sensasi terbakar.

Mengapa ini terjadi ?: Gula yang tertinggal dalam darah akan mulai merusak saraf dan saraf. Saraf yang terjauh dari jantung tidak diperbaiki dengan baik karena masalah sirkulasi.

7. Penglihatan kabur merupakan salah satu tanda awal diabetes
Penglihatan yang menyimpang atau kabur, serta biasanya melihat 'eye floaters' adalah gejala umum diabetes.

Untungnya sebagian besar merupakan masalah reversibel setelah kadar gula darah tinggi dikoreksi.

Mengapa hal ini terjadi ?: Kelebihan glukosa (gula) dalam darah menarik cairan keluar dari sel dan jaringan Anda. Ini termasuk lensa mata Anda, yang bisa membengkak dan mengubah kemampuannya untuk fokus.

8. Kulit gatal atau kering
Kulit terlalu gatal atau teriritasi bisa menjadi pertanda adanya gangguan gula dan hormon tinggi (karena itulah gejala hipotiroidisme nomor 1 ).

Kulit bahkan bisa menggelapkan di sekitar ketiak atau leher, yang dikenal sebagai Acanthosis Nigricans .

Mengapa ini terjadi ?:  Kulit kering bisa jadi akibat sirkulasi yang buruk dan / atau kehilangan cairan yang berlebihan akibat kencing terlalu banyak. Kulit yang menggelap ada hubungannya dengan perubahan hormonal, yaitu  resistensi insulin .

9. luka yang sangat lambat untuk disembuhkan
Bukan hal yang aneh bagi seseorang dengan gula darah tinggi untuk mendapatkan memar atau luka yang tidak sembuh.

Hal ini sangat umum terjadi pada ekstremitas yang terjauh dari jantung, seperti tangan atau kaki.

Mengapa hal ini terjadi?: Gula yang tersisa di aliran darah mulai merusak arteri dan vena, yang membatasi sirkulasi. Darah diperlukan untuk memudahkan penyembuhan, sehingga sirkulasi yang terbatas ke luka atau memar akan memperlambat proses penyembuhan secara dramatis.

Apakah Anda memiliki Gejala awal diabetes ?

Jika Anda mengalami salah satu tanda awal diabetes tersebut, kunjungi dokter umum Anda untuk menguji kadar gula darah Anda.

Mereka bahkan bisa melakukan tes tusukan jari non-invasif terlebih dahulu untuk mendapatkan ide gambaran umum.

Sebuah diagnosis dini dapat menghentikan gejala sementara dari menjadi permanen.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://themindunleashed.com/2017/10/9-early-signs-of-diabetes-you-must-know-2-is-so-often-overlooked.html