Ini 7 Makanan Sehat Bagi Penderita Kolesterol

Asalasah ~ Apa saja Ini 7 Makanan Sehat Bagi Penderita Kolesterol? Ini merupakan pembahasan penting. Kurangnya makan makanan sehat akan menyebabkan kolesterol. Ini bukan lagi masalah bagi lansia, bahkan orang yang berusia muda bisa menderita kolesterol.

Perlu diingat bahwa konsumsi makanan cepat saji sering dapat meningkatkan kadar kolesterol. Berbagai penyakit akan menyerang kita jika kolesterol tersangkut di tubuh kita, seperti stroke, serangan jantung dan banyak lagi. Jika Anda sudah menderita kolesterol tinggi, Anda harus menjaga makanan dengan makan makanan yang sehat.

Ini 7 Makanan Sehat Bagi Penderita Kolesterol 

Makanan sehat ini sangat dibutuhkan tubuh untuk menurunkan kadar kolesterol darah. Lalu, makanan apa yang baik dan sehat untuk dikonsumsi kolesterol? Cari tahu lebih lanjut di bawah ini.

  1. Makanan yang mengandung kedelai, seperti puding kedelai, susu kedelai, edamame dan tahu kacang mengandung protein yang bisa mengurangi kolesterol dalam darah. Dianjurkan untuk mengkonsumsi sebanyak 0,5 ons per hari karena bisa mengurangi kolesterol minimal 6%.
  2. Buah dan sayur-sayuran. Tak ayal, jika ingin lebih sehat sebaiknya Anda mengonsumsi lebih banyak buah dan sayuran. Mengapa? Karena buah dan sayuran adalah makanan dengan lemak jenuh rendah. Jika Anda mengkonsumsi lebih banyak maka Anda akan merasa lebih kenyang, sehingga mengurangi kemungkinan mengonsumsi makanan dengan lemak jenuh. Konsumsi makanan kaya serat seperti apel, pir, stroberi, brokoli, ubi jalar dan terong dapat menurunkan kolesterol.
  3. Gila. Kacang mengandung protein, vitamin E, lemak tak jenuh, magnesium, serat, dan potasium yang bisa mengurangi kolesterol dalam darah. Mengkonsumsi sekitar 1-2 ons kacang per hari, bisa menurunkan kolesterol hingga 5%.
  4. Jelai dan gandum. Makan lebih banyak dari kedua makanan tersebut bisa mengikat kolesterol di usus dan mencegahnya diserap tubuh. Hal ini terjadi karena kedua makanan ini mengandung serat yang disebut beta glucan. Konsumsi sekitar 3 gram makanan kaya beta glucan dalam sehari dipercaya bisa mengurangi kolesterol dalam tubuh. Selain kedua jenis makanan ini, kacang merah juga mengandung serat larut. Anda bisa membuat bubur gandum sebagai sarapan pagi dan mencampurnya dengan buah seperti pisang untuk menambah kandungan serat dalam makanan Anda.
  5. Asam lemak ikan dan omega 3. Ikan seperti salmon, sarden, mackerel dan tuna mengandung asam lemak omega 3 yang sangat baik untuk menurunkan tekanan darah. Omega 3 tidak mempengaruhi kolesterol jahat (LDL) darah, namun bisa mengurangi risiko pembekuan bekuan darah. Dianjurkan untuk mengkonsumsi setidaknya dua sampai tiga kali seminggu. Omega 3 mengurangi kadar trigliserida dalam darah juga mengurangi kemungkinan serangan detak jantung tidak teratur.
  6. Avokad. Penderita kolesterol tinggi perlu membatasi asupan lemak jenuh. Batas asupan lemak jenuh pada wanita adalah 20 gram, sedangkan batas untuk pria adalah 30 gram. Yakni dengan mengkonsumsi Alpukat yang kaya akan kandungan lemak tak jenuh. Usahakan mengonsumsi alpukat berupa buah, bukan dalam bentuk jus yang sudah dicampur dengan gula dan susu.
  7. Makanan memperkaya sterol dan stanol. Fungsi kedua unsur ini mencegah tubuh menyerap kolesterol. Makanan yang mengandung sterol dan stanol adalah kacang-kacangan, biji-bijian, sayuran, buah-buahan, dan minyak nabati, kecuali minyak kelapa sawit dan minyak kelapa. Minyak kelapa sawit dan minyak kelapa adalah minyak nabati yang kaya akan lemak jenuh. Anda juga bisa mengonsumsi suplemen yang mengandung sterol dan stanol. Konsumsi sekurang-kurangnya 2 gram sterol atau stanol dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah setidaknya sepersepuluh.

Masing-masing makanan yang diuraikan di atas memberikan manfaatnya sendiri, namun perubahan gaya hidup juga membantu menurunkan kolesterol tinggi. Selain mengubah diet, menurunkan kolesterol tinggi bisa diiringi olahraga teratur, menjaga berat badan ideal, dan berhenti merokok. Sekian artikel Ini 7 Makanan Sehat Bagi Penderita Kolesterol, semoga bermanfaat ya siba asalasah

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://ihealthfull.com/2017/10/08/healthy-foods-for-cholesterol-patients/