Ini Bahaya Kompres Anak Menggunakan Air Dingin

AsalasahSaat anak demam memang membuat tidak tenang. Anak menjadi rewel dan sedikit merepotkan. Demam juga membuat anak susah tidur, karena merasa tidak nyaman. Ada banyak penyebab demam diantaranya karena flu, imunisasi, dan tumbuh gigi. Ada banyak cara untuk mengurangi demam, salah satunya dengan cara mengompres.

Jika mom selama ini mengompres anak dengan air dingin sebaiknya segera hentikan kebiasaan ini. Mengompres anak yang tepat adalah dengan air hangat. Air hangat efektif menurunkan suhu tubuh pada anak. Dengan mengompres air hangat, maka pusat suhu tubuh akan menerima informasi bahwa shu di sekitar tubuh sedang hangat. Maka tubuh akan secara otomatis menurunkan suhunya.

Mengompres yang benar adalah di lipatan tubuh bukan di dahi. Jadi letakkan kompres pada ketiak dan lipatan paha. Hal ini karena lipatan tubuh dilewati oleh pembuluh darah besar, yang berfungsui untuk memberi informasi kepada otak untuk menurunkan sushu tubuh. Sehingga demam pun hilang.

Setelah mengompres, keringkan bagian tubuh yang basah dengan handuk kering. Kenakan kembali bajunya. Jika baju mulai basah karena keringat, sebaiknya ganti baju anak dengan baju yang kering dan bersih. Hal ini membantu anak tetap nyaman dan demam segera hilang.

Saat demam selera makan pun biasanya menurun. Untuk meningkatkan selera makan, buatkan sup ayam hangat. Sup yang enak dan hangat akan menghangatkan pencernaannya dan membuat nyaman. Sehingga selera makannya pun dapat segera pulih. Well, semoga informasi ini bermanfaat dan jangan lupa untuk mengganti kompres anak dengan air hangat alih-alih air dingin.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: https://www.vemale.com/kesehatan/107365-mulai-sekarang-berhenti-mengompres-anak-dengan-air-dingin-karena.html