Inilah Cara Merawat Lensa Kontak Yang Baik dan Benar

AsalasahCara Merawat Lensa Kontak Yang Baik dan Benar! Nah saat ini penggunaan lensa kontak telah dianggap wajib bagi wanita untuk tampil sempurna. Ini tidak hanya membantu penglihatan yang jernih tapi juga memamerkan mata agar terlihat cantik, lalu menggunakan lensa kontak bisa menjadi solusi. Namun perlu diingat, hati-hati dengan menggunakan lensa kontak jika tidak dirawat dengan benar, hal itu bisa berdampak negatif pada mata Anda.

Padahal, fungsi utama lensa kontak bukan sebagai kacamata. Lensa kontak akan memudahkan saat melakukan berbagai aktivitas, tanpa perlu khawatir kacamata yang mungkin memiliki risiko baret, pecah, pecah atau hilang. Selain membantu untuk melihat lebih jelas, lensa kontak juga tidak mengganggu tampilan bahkan membuat Anda terlihat lebih cantik.

Cara Merawat Lensa Kontak Yang Baik dan Benar

Meski memiliki banyak kelebihan dalam hal perawatan, lensa kontak membutuhkan perhatian lebih dari kacamata. Agar tidak menimbulkan masalah kesehatan seperti infeksi mata serta komplikasi penglihatan lainnya, lensa kontak harus tetap higienis.

Anda bisa mencegah terjadinya infeksi mata meski tidak bisa dihindari sama sekali, namun tidak ada salahnya mencoba tip berikut.


  • Selalu cuci dan keringkan tangan Anda sebelum memasang atau melepaskan lensa kontak Anda.
  • Lepas lensa kontak sebelum mandi atau bila ingin berenang.
  • Selalu jauhkan lensa kontak Anda dari air.
  • Sebelum tidur, pastikan selalu melepas lensa kontak. Tidak disarankan memakai lensa kontak secara terus menerus.
  • Saat kita menutup mata dengan lensa kontak yang tetap berada di dalam mata kita, jumlah oksigen ke mata semakin tipis. Hal ini menyebabkan permukaan mata menjadi rentan terhadap infeksi. Selain itu, kuman di lensa akan menempel di kornea saat tidur.
  • Gunakan pembersih khusus yang direkomendasikan oleh dokter atau apotek untuk membersihkan dan merendam lensa kontak Anda. Jangan menggunakan air atau cairan lainnya, karena air laut, air tambak, bahkan air suling, bisa mengandung organisme acanthamoeba yang bisa menyebabkan mata menjadi terinfeksi.
  • Gosok dengan lembut saat Anda membersihkan lensa kontak dengan menggunakan cairan pembersih. Lakukan dengan sangat hati-hati agar tidak merobek lensa kontak.
  • Setelah digunakan, selalu bersihkan lensa kontak dan jangan lupa setiap tiga bulan sekali, kotak penyimpanannya juga dibersihkan agar lensa kontak tetap bersih.
  • Jika Anda memakai lensa kontak sekali pakai, Anda tidak perlu membersihkannya karena lensa ini tidak dirancang untuk digunakan kembali. Jangan pernah menggunakan lensa kontak sekali pakai lebih dari satu hari.

Kemungkinan Penyakit yang Timbul Karena Lensa Kontak Kotor
Jika digunakan dengan benar, lensa kontak terbukti aman. Tapi Anda tetap harus waspada terhadap risiko infeksi mata yang disebabkan oleh lensa kontak yang mungkin masih terjadi. Karena kuman ada dimana-mana, termasuk di tangan dan kelopak mata. Bila bakteri atau jamur menempel di lensa kontak Anda, mata juga berisiko terkena infeksi.

Zat desinfektan yang terkandung dalam cairan pembersih lensa kontak tidak selalu 100% efektif dalam pemberantasan jamur dan bakteri. Infeksi yang paling sering timbul dari efek jamur dan bakteri, selain itu menggunakan lensa kontak juga memiliki risiko iritasi pada mata, ulkus kornea, konjungtivitis, dan abrasi kornea.

Dianjurkan untuk segera berkonsultasi ke dokter jika mata Anda cenderung terkena lensa kontak. Biasanya ditandai dengan gejala iritasi, menghilangkan kotoran secara terus-menerus, bengkak, sakit dan sakit, merah, penglihatan terganggu, atau sensitif terhadap cahaya.

Begitulah Cara Merawat Lensa Kontak Yang Baik dan Benar, semoga bermanfaat ya soabt asalasah

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://ihealthfull.com/2017/10/10/this-is-how-to-take-care-of-contact-lenses-to-keep-it-safe/