MAKANAN SEHAT UNTUK IBU HAMIL DAN Menyusui

Asalasah ~ Apa saja MAKANAN SEHAT UNTUK IBU HAMIL ? Hamil tidak berarti harus makan sebanyak kelebihan berat badan. Inilah Panduan untuk makanan sehat bagi wanita hamil yang disesuaikan dengan perkembangan janin.

selamat atas kehamilannya ... Meski hampir setiap hari merasakan mual dan muntah dalam 3 bulan pertama, jangan pantang menyerah mengatur makanan gizi sehari-hari.
Makanan sehat untuk anak hamil 1-3 bulan sangat penting, karena janin baru mulai tumbuh dan membutuhkan aneka vitamin dan mineral agar bisa berkembang.

Jangan percaya mitos bahwa wanita hamil harus makan 2 kali karena kedua tubuh itu ''. Yang benar adalah, makan 2 kali lebih bergizi, tidak 2 kali lebih banyak. 

Saat kita makan berlebihan, asupan kelebihan kalori akan membuat tubuh gemuk. Wanita hamil yang mengalami obesitas belum tentu juga melahirkan bayi gemuk. Akhirnya wanita hamil mengalami kesulitan menurunkan berat badan setelah melahirkan nanti.

Lantas, bagaimana cara mengatur nutrisi ibu hamil? Makanan yang kami makan, sebaiknya Anda mengatur "tepat sasaran". Artinya, kita makan sesuai dengan stadium pertumbuhan janin.

baca juga: Berapa Lama Mulai Hamil Setelah Berhubungan Dan Apa Ciri-Ciri Hamil?

Untuk lebih jelasnya, mari bahas makanan sehat untuk wanita hamil muda bulan demi bulan di sini.

MAKANAN SEHAT UNTUK IBU HAMIL DAN Menyusui

ASAM FOLAT SANGAT PENTING

Secara umum, kehamilan baru diketahui pada usia 4 minggu. Saat itu, janin masih dalam bentuk embrio dan besarnya sesuatu seperti Basil.

Konsumsilah multi vitamin untuk hamil yang mengandung setidaknya 400 mcg asam folat, karena zat ini berfungsi untuk mempersiapkan rahim dan mengurangi risiko terjadinya penyakit spina bifida (tulang belakang yang tidak sempurna) pada bayi.

Selain itu ada pada multivitamin untuk ibu hamil, asam folat yang ditemukan pada brokoli, kembang kol, kol, wortel, jagung, kacang kedelai, jeruk, jambu, alpukat, sereal berbahan gandum atau jagung.

MAKANAN SEHAT UNTUK WANITA HAMIL MUDA

Prinsipnya, makanan sehat bagi wanita hamil muda harus memenuhi 4 sehat 5 sempurna setiap hari:

  1. karbohidrat, seperti nasi, roti, kentang, sayuran oatmeal
  2. buah-buahan
  3. Protein, misalnya: ayam, daging sapi, telur, tahu, tempe
  4. produk susu, misalnya susu, yoghurt, keju


TUBUH MEMBUTUHKAN CAIRAN

Saat hamil, jadi tetap minum sebanyak 8 gelas per hari. Cairan yang kita minum bisa juga jus buah dan susu. Sama seperti makan, sebaiknya minum juga dibagi menjadi porsi kecil, tapi sering.

MAKANAN YANG HARUS DIHINDARI

Mulai sekarang, kurang konsumsi kafein. Maksimum yang disarankan adalah 200 mg per hari, kira-kira 2 cangkir kopi per hari.

Jempol mengisap Kebiasaan Melindungi Anak dari Alergi

MAKANAN LAIN YANG HARUS DIHINDARI ADALAH:

  • alkohol
  • mayonaise, karena mengandung telur mentah
  • Telurnya kurang matang
  • daging di bawah dimasak
  • daging hotdog atau hamburger, kecuali digoreng terlebih dahulu
  • sushi
  • produk susu yang tidak dipasteurisasi terlebih dahulu
  • Kandungan merkuri yang tinggi dari makanan laut, seperti kerang


BEBERAPA TIP UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN MAKANAN SEHAT UNTUK HAMIL MUDA 1-2 BULAN INI: 
Sebaiknya, porsi sayuran dan buah-buahan lebih banyak daripada porsi karbohidrat. Makanlah dalam porsi kecil, kecil-tapi sering, untuk mengurangi mual. Makan waktu yang disarankan adalah 5 kali, yaitu sarapan pagi, makan siang, makan malam dan makanan ringan di sela makan 3 makanan utama. Semua makanan ini tidak harus lengkap dalam 1 porsi. Misalnya, jika pada saat sarapan Anda hanya makan telur, susu, roti, dan sayuran yang dimakan berarti pada saat makan siang dan makan malam, serta buah yang dimakan saat ngemil di sore hari

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: