Manfaat Merendam Kaki Dengan Berbagai Campuran Bahan Alami Ala China

Asalasah ~ Di China, perawatan kesehatan melalui mandi kaki merupakan tradisi yang sudah lama dipegang. Seiring udara menjadi lebih sejuk dengan perubahan musim, sesekali mandi kaki bisa bikin ketagihan dan membantu mencegah penyakit. Berikut adalah beberapa metode Cina untuk mandi kaki.
Jahe segar
Kombinasi air hangat dan jahe segar dapat mencegah influenza, kaki dan tangan dingin, dan artritis. Gunakan 5 buah jahe segar untuk setiap sesi 20 menit.

cuka putih
Cuka menembus melalui kulit dan darah. Mandi kaki dalam hubungannya dengan cuka putih dapat membantu membersihkan darah, memutihkan kulit, dan memperbaiki tidur.

Safflower
Safflower adalah tanaman herba yang juga dikenal sebagai hong hua. Ini mengandung asam linoleat, yang bagus untuk menurunkan lipid darah dan kolesterol serum, mencegah aterosklerosis, dan meningkatkan sirkulasi darah.

Lada
Pepper, atau hujiao ,  diyakini mampu menghangatkan tubuh, menghentikan diare, dan memperbaiki fungsi ginjal.

Garam
Garam membantu mencegah keretakan kaki.

Bubuk soda kue
Baking soda, atau sodium bicarbonate, dapat menurunkan tekanan darah, menghilangkan bintik-bintik, dan menyembuhkan asam urat.

Tindakan pencegahan
Kendati demikian, ada beberapa tindakan pencegahan sebelum mempertimbangkan mandi kaki:

  • Mandi tidak boleh melebihi 30 menit, dan sesi 20 menit direkomendasikan untuk orang tua.
  • Dalam periode 30 menit setelah makan, darah terakumulasi di perut dan mandi kaki bisa mempengaruhi pencernaan.
  • Orang dengan penyakit kardiovaskular harus menggunakan air dengan suhu kurang dari 104 ° F (40 ° C) tidak lebih dari 20 menit.
  • Kulit pasien diabetes rapuh dan tidak sensitif terhadap suhu air. Oleh karena itu, mereka harus memperhatikan suhu air saat mandi kaki.
  • 15 menit per sesi disarankan untuk wanita hamil.
  • Mandi kaki yang sering dapat menyebabkan anak di bawah usia 10 tahun untuk mengembangkan ligamentum plantar yang longgar, dan akibatnya flatfeet. 

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://www.visiontimes.com/2017/10/26/a-traditional-chinese-foot-bath-for-health.html