15 Cara mengatasi windows 10 yang lemot

AsalasahMicrosoft memiliki perbaikan besar pada versi baru Sistem Operasi Windows mereka yaitu Windows 10, ia memiliki banyak fitur baru dan juga meningkatkan kecepatan dan kinerjanya dibandingkan dengan versi sebelumnya dari Janda, namun beberapa tweak dalam pengaturan akan membuat PC Anda tampil lebih banyak. lebih cepat Berikut adalah 15 tip tentang cara mempercepat PC Anda menjalankan Windows 10.


1. Nonaktifkan Program Startup Startup yang Tidak Perlu Startup
Program Startup adalah  perangkat lunak yang akan diluncurkan secara otomatis setiap kali Anda memulai atau boot komputer Anda. Mereka berguna tapi terlalu banyak dari mereka akan membuat proses booting lambat, semakin banyak program startup yang Anda miliki, semakin lama komputer Anda akan boot dan dapat menyebabkan kinerja sistem melambat. Nonaktifkan program lain yang tidak berguna dan PC Anda akan meningkatkan kecepatan setiap kali Anda ingin melakukan booting. Untuk melakukan ini, klik kanan pada ruang kosong pada taskbar, dan pilih Task Manager> Startup dan pilih program yang ingin Anda nonaktifkan.
batasi program startup untuk performa

2. Luncurkan Troubleshooting
Troubleshooting adalah alat Windows yang dapat mendeteksi masalah kinerja dan memperbaiki masalah pada PC Anda. Untuk membuka Troubleshooting, klik kanan pada Start Menu> Control Panel> System and Security dan pilih Security and Maintenance> Troubleshooting, dan pilih tugas apa yang perlu Anda jalankan untuk memperbaiki masalah, dengan cara ini akan meningkatkan kinerja pada PC Anda jika tidak ada masalah yang ditemukan
pemecahan masalah mengaktifkan windows 10 untuk kecepatan
aktifkan troubleshooter windows 10 untuk kecepatan

3. Uninstall Software Anda Tidak Perlu
App biasanya mengambil banyak ruang pada drive Anda ketika Anda menginstalnya, ketika Anda memiliki banyak aplikasi yang berjalan di komputer, Anda sering menggunakannya, itu membuat PC Anda lambat, lebih baik untuk mencopot pemasangannya karena memerlukan ruang penyimpanan Anda di PC Anda dan menyebabkan kinerja PC menurun. Untuk mencopot pemasangan aplikasi, buka Setelan> Sistem> Aplikasi & fitur dan pilih aplikasi yang memerlukan banyak penyimpanan yang biasanya tidak Anda gunakan untuk mencopot pemasangannya.

 uninstall aplikasi yang tidak berguna
instalasi tidak berguna uninstall windows 10


4. Disk Cleanup
Disk Cleanup adalah alat bantu utilitas windows yang dibangun di windows disk untuk membersihkan hard drive Anda, ini memungkinkan Anda menghapus file yang tidak perlu seperti data penjelajahan, file cache, cookies dan bahkan file dump yang menyebabkan kesalahan pada sistem operasi windows. Disk Cleanup memindai data dan menganalisis hard disk drive Anda dan membiarkan Anda memilih jenis file yang ingin Anda hapus, Anda dapat mempercepat kinerja PC Anda dengan menggunakan alat ini di komputer Anda. Untuk melakukan ini, klik Start Menu> Windows Administrative Tools dan pilih Disk CleanUp.
 Jendela pembersih disk 10 meningkatkan kecepatan


5. Turn On Storage Sense
Storage Sense adalah fitur pada Windows 10 yang selalu mengecek file sementara dan secara otomatis menghapusnya, dan juga menghapus file di recycle bin bila sudah lebih dari sebulan. Ini akan meningkatkan kinerja PC Anda saat file seperti ini tidak lagi ada di komputer Anda. Untuk mengaktifkan fitur yang berguna ini, masuk ke Start Menu dan pilih Setting> System> Storage dan nyalakan Storage Sense. Setelah Anda mengaktifkan fitur ini, windows secara otomatis akan menghapus file sampah seperti file sementara, recycle bin items dll.
 rasa penyimpanan meningkatkan kecepatan jendela

6. CCleaner
CCleaner adalah alat yang juga memindai file dan menghapus data yang tidak berguna seperti file duplikat dan file sementara di komputer Anda. Dengan cara ini, Anda bisa menyingkirkan file yang tidak berguna dan membuat PC Anda tampil dengan kecepatan lebih cepat. Ini lebih seperti Disk Cleanup pada PC Anda tapi lebih maju dari apa yang mampu dilakukannya. Ini memungkinkan Anda menghapus data pribadi Anda seperti riwayat browser, cookies dan file cache di Chrome, Firefox atau browser yang Anda instal pada PC Anda.
 ccleaner memperbaiki kecepatan windows 10

7. Batasi Menjalankan Aplikasi
Saat Anda menjalankan beberapa aplikasi sekaligus, walaupun CPU dapat menanganinya, RAM akan menjadi masalah dan PC Anda akan berjalan lambat, cukup bunuh aplikasi atau ditutup aplikasi saat Anda tidak menggunakannya, dalam rangka Untuk mengurangi penggunaan RAM, cara ini, PC Anda tidak akan bermasalah dalam melakukan kecepatan lebih cepat.
 Batasi aplikasi untuk kecepatan lebih cepat windows 10

8. Defragment dan Optimize Drives
Cara lain untuk mempercepat kinerja komputer Anda adalah dengan menjalankan Defragment dan Optimize Drives. Apa yang dilakukannya adalah defrag file atau data di dalam disk sehingga mudah mengakses file, cara ini akan mempercepat proses pengaksesan file tersebut. Untuk melakukan ini, klik Start Menu> Windows Administrative Tools kemudian buka Defragment and Optimize Drives.
 Optimalkan drive untuk jendela kecepatan 10

9. Pengaturan Daya Untuk Performa Tinggi
Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kinerja kecepatan PC Anda adalah dengan mengubah pengaturan daya ke performa tinggi, walaupun menggunakan lebih banyak energi, jika Anda menggunakan laptop, baterai ini bisa menguras baterai lebih cepat, namun Jika Anda khawatir adalah kinerja komputer Anda, ini akan menjadi pilihan Anda. Untuk mengaktifkan pengaturan ini, klik kanan pada Start Menu> Control Panel> System and Security> Power Options dan pilih High Performance.
atur windows performa tinggi 10 untuk kecepatan
atur windows performa tinggi 10 untuk kecepatan
windows 10 mengatur kinerja tinggi 


10. Ubah Pilihan Kinerja
Animasi dan efek khusus pada Windows keren, namun mereka menggunakan beberapa sumber sistem untuk tampil, jika Anda khawatir dengan kecepatan PC Anda, mengubah animasi dan efek ini akan menjadi triknya. Anda akan melihat peningkatan kecepatan pada PC Anda saat Anda mematikan fitur ini. Untuk menonaktifkan animasi dan efek, klik kanan Start Menu> System> Advance System Settings dan pilih Settings (under Performance), klik dan pilih "Adjust for best performance".

 Nonaktifkan animasi untuk kecepatan di windows 10
animasi dan efek menonaktifkan windows 10 speed


11. Update Windows
Windows Update selalu memiliki fitur baru dan tidak hanya akan meningkatkan performa pada PC Anda namun juga melindungi komputer Anda dari virus dan malware di luar sana, Windows akan memberitahukan jika ada update yang tersedia dan Anda akan memiliki opsi untuk mengupdate ke yang baru. versi Windows, Anda dapat memilih tanggal dan waktu saat Anda melakukan pembaruan, namun sebaiknya segera diperbarui.
update windows 10 untuk meningkatkan performa kecepatan

12. Matikan Windows Tips
Windows 10 memberi tip kepada kita pengguna untuk mengenal dengan Sistem Operasi, namun tip ini menggunakan beberapa sumber dan memindai komputer Anda agar bisa melakukan tugasnya, hal ini akan mempengaruhi performa PC Anda. Untuk menonaktifkan fitur ini, klik Start Menu> Settings> System> Notifications and Actions dan matikan tombol "Dapatkan tip, trik dan saran saat Anda menggunakan Windows".
matikan windows 10 tip untuk kecepatan
Tip mematikan windows 10 untuk kecepatan

13. Gunakan Windows Defender
Microsoft memiliki built in antivirus yang merupakan Windows Defender, ini melindungi PC Anda dari berbagai macam perawatan seperti virus, malware, spyware dll Windows Defender menawarkan perlindungan real time dari berbagai macam perawatan ini, scan secara teratur untuk menyingkirkan ini. Jenis ancaman, bila tidak ada malware, virus atau perlakuan lain di luar sana di PC Anda, Windows akan tampil lebih cepat. Untuk membuka Windows Defender, klik tombol pencarian Cortana dan ketik Windows Defender.
 gunakan windows defender untuk ancaman


14. Install Registry Cleaner
Registry Cleaning Software akan mengoptimalkan performa PC Anda dengan menghilangkan kunci yang tidak terpakai dari registry, stop error dan crash, dengan ini akan meningkatkan kecepatan pada PC Anda. Auslogics Registry Cleaner adalah salah satu registry cleaner terbaik di luar sana. Download perangkat lunak pihak ketiga ini dan harus menyelesaikan masalah dengan beberapa klik.
 bersihkan file registry di windows 10


15. Restart Komputer Anda
Jika PC Anda mulai melambat, menyalakan ulang komputer Anda mungkin merupakan pilihan terakhir Anda, saat Anda me-restart PC Anda, itu akan menghentikan semua proses yang mungkin mengambil sumber daya untuk membersihkan ruang memori, dengan cara ini PC Anda benar-benar bersih. memori dan shutdown semua proses yang sedang berlangsung sehingga memperbaiki kinerjanya kembali.

restart windows 10 untuk meningkatkan kecepatan

Baca Juga :

Asalasah | Sumber: http://www.techsterb.com/2017/11/15-tips-to-speed-up-pc-performance-in-windows.html