Arab Saudi Tangkap pangeran dan menteri karena korupsi

AsalasahPihak berwenang Arab Saudi telah menangkap sejumlah tokoh terkenal, termasuk pangeran dan mantan menteri saat ini dengan tuduhan korupsi, sebuah stasiun televisi Saudi melaporkan Sabtu malam.
Saluran Saudi yang berbasis di Dubai Al Arabiya melaporkan bahwa 11 pangeran, empat menteri saat ini dan puluhan mantan menteri termasuk di antara mereka yang ditahan.

Dua menteri yang dipecat dari jabatan mereka hari Sabtu, dan seorang wanita, juga ditangkap, katanya.
Laporan tersebut tidak memberikan rincian tambahan.

Perintah penangkapan tersebut berasal dari komite antikorupsi beberapa jam setelah Raja Salman mengeluarkan sebuah Keputusan Kerajaan untuk membentuk komite tersebut.

Komite yang dipimpin oleh Putra Mahkota Mohammed bin Salman, mengumumkan akan membuka kembali kasus banjir Jeddah di tahun 2009 di mana lebih dari 100 korban meninggal, dan menyelidiki wabah virus Corona, yang juga dikenal sebagai Sindrom Pernafasan Timur Tengah (MERS) pada tahun 2012 , menurut Al Arabiya.

Badan Pers Saudi (SI) Saudi mengatakan pada hari Sabtu bahwa komite tersebut telah diberi wewenang untuk menyelidiki, menahan, melarang melakukan perjalanan, mengungkapkan dan membekukan rekening dan portofolio, melacak dana dan aset orang-orang yang terlibat dalam korupsi.

"Panitia berhak mengambil tindakan pencegahan yang dilihatnya, sampai mereka dirujuk ke otoritas investigasi atau badan peradilan. Mungkin diperlukan tindakan apa pun yang dianggap perlu untuk menangani kasus korupsi publik dan mengambil apa yang dianggap sebagai hak orang, entitas, dana, aset tetap dan bergerak, di dalam dan luar negeri, mengembalikan dana ke kas negara dan mendaftarkannya. properti dan aset atas nama milik negara, "kata keputusan tersebut, menurut SPA.

SPA juga melaporkan Menteri Perekonomian dan Perencanaan Saudi Adel bin Mohammed Faqih dan Menteri Garda Nasional Pangeran Miteb bin Abdullah bin Abdulaziz dipecat.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://www.worldbulletin.net/?aType=haber&ArticleID=195624