Banyak Generasi muda Berisiko Mengidap Penyakit Jantung dan Darah Tinggi

AsalasahKementerian Kesehatan Malaysia (Depkes) menjabarkan anak muda berisiko tinggi terhadap penyakit tidak menular seperti kanker, penyakit jantung, diabetes dan hipertensi. Sebenarnya, penyakit tidak menular ini berkontribusi pada jumlah kematian tertinggi di seluruh negeri.

Alasan untuk penyakit non-infeksi ini meningkat terutama di kalangan anak muda karena tidak banyak aktivitas fisik, dan mempraktikkan kebiasaan makan yang tidak sehat.


Wakil Menteri Kesehatan Datuk Sri Hilmi Yahaya mengatakan, 73 kematian telah terjadi sejak tahun lalu karena sakit.

Persentase kematian menunjukkan bahwa hanya 27 persen kematian yang melibatkan individu berusia kurang dari 60 tahun, terdiri dari orang muda pada usia awal 30an.

Hasil Survei Kesehatan dan Morbiditas Nasional (NHMS) menunjukkan bahwa populasi pedesaan mencatat tingkat penyakit menular yang lebih tinggi daripada populasi perkotaan.

"Untuk Penang, 18 persen penduduknya didiagnosis menderita diabetes dan hampir 30 persen memiliki hipertensi.

"Yang mengkhawatirkan penduduk pedesaan adalah yang tertinggi di kalangan masyarakat perkotaan," katanya.

Menurutnya, sekarang saatnya orang mempraktikkan gaya hidup sehat dan berjalan sekitar 10.000 langkah sehari sebagai salah satu cara untuk mencegah penyakit.

"Saya mendesak semua pihak termasuk badan pemerintah dan swasta dan organisasi non-pemerintah untuk membantu Depkes mengurangi penyakit kronis," katanya.

Berolahraga dan menjaga gaya gizi merupakan salah satu cara untuk menghindari penyakit diabetes yang menjadi penyebab penyakit. Latih gaya makan sehat dengan mengalikan sayuran dan buah-buahan dan jauhi makanan berkalori tinggi dengan banyak minyak atau santan.

Menerapkan gaya hidup sehat ini bukan hanya menunggu penyakit baru yang harus dipraktikkan. Ini harus dipraktekkan oleh mereka yang masih sehat untuk menghindari penyakit yang tidak diinginkan.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: