Jangan Salahkan Micin, Ini 7 Makanan Penyebab Otak Lambat

Asalasah ~ Mungkin Agan Sista suka ngeliat generasi kekinian yang sering banget ngalay, dan ngasal, ampe-ampe kita selalu ngatain kids jaman now dengan istilah generasi micinDan pastinya Agan Sista pasti udah sangat akrab bahwa penyebab otak lemot alias oon alias bodoh adalah micin.

Apapun yang anda makan dapat memberikan pengaruh besar pada kesehatan tubuh dan fungsi kognitif anda. Anda mungkin tidak mengetahuinya, akan tetapi beberapa jenis makanan dapat membuat daya ingat dan fungsi otak anda melambat.

1.  Makanan Siap Saji
Sebuah penelitian di Inggris menemukan bahwa anak-anak yang sering mengkonsumsi makanan siap saji sejak mereka berusia 3 tahun mengalami penurunan IQ yang cukup signifikan saat mereka memasuki remaja. Oleh karena itu, berikanlah diet sehat dan seimbang pada anak anda sejak dini untuk mendukung perkembangan otak dan kecerdasannya.

2.  Makanan Manis
Berbagai makanan manis yang mengandung banyak gula seperti donut, coklat, dan permen dapat menyebabkan gangguan daya ingat dan gangguan kemampuan belajar. 

Sebuah penelitian di Amerika menemukan bahwa tikus yang mengkonsumsi banyak gula tidak dapat menemukan jalan keluar saat ditempatkan di suatu tempat yang memiliki banyak tikungan dan belokan (maze).

Sementara itu, sekelompok tikus lainnya yang diberikan campuran gula dan asam lemak omega 3 dapat menemukan jalan keluar dari maze tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa diet tinggi gula (fruktosa) dapat menurunkan daya ingat dan kemampuan belajar anda.

Mengkonsumsi terlalu banyak gula dapat menyebabkan penurunan aktivitas otak karena insulin tidak lagi mampu membantu sel-sel otak anda untuk memproses emosi dan pikiran anda dengan baik.

3.  Permen Karet
Walaupun mengunyah permen karet dapat membantu mengurangi rasa lapar anda, mengkonsumsi permen karet dalam waktu lama, ternyata juga dapat memberikan efek negative terhadap kemampuan kognitif anda.
Sebuah penelitian di Inggris menemukan bahwa orang yang suka mengunyah permen karet sebelum dan selama melakukan aktivitas yang memerlukan bantuan daya ingat mengalami gangguan ingatan jangka pendek. 

Karena sedikitnya orang yang ikut serta dalam penelitian di atas, maka masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan bahwa permen karet dapat memperlambat fungsi daya ingat.

4.  Mentega 
Selain mempengaruhi kesehatan jantung anda, mengkonsumi makanan yang mengandung banyak lemak jenuh seperti mentega, juga dapat mengganggu fungsi otak anda. 

Sebuah penelitian di Amerikan menemukan bahwa wanita yang mengkonsumsi banyak makanan kaya lemak jenuh selama 4 tahun memiliki fungsi otak yang jauh lebih rendah daripada wanita yang mengkonsumsi makanan kaya lemak tidak jenuh. 

Oleh karena itu, hindari atau batasilah konsumsil lemak jenuh anda untuk membantu meningkatkan daya ingat dan kecerdasan anda.

5.  Diet Rendah Karbohidrat
Karbohidrat dapat mempengaruhi mood dan otak anda. Jadi, saat anda tidak lagi mengkonsumsi atau sangat mengurangi konsumsi makanan tinggi karbohidrat, maka anda membuat otak anda kehabisan tenaga. 

Sebuah penelitian di Amerika menemukan bahwa wanita yang mengkonsumsi diet rendah karbohidrat memiliki fungsi daya ingat yang lebih rendah dibandingkan dengan wanita yang mengkonsumsi diet seimbang. 
Wanita yang mengkonsumsi diet rendah karbohidrat dalam jangka waktu lama mengalami penurunan kemampuan kognitif. Oleh karena itu, pilihlah beras coklat dan gandum untuk menggantikan beras putih dan roti tawar daripada sama sekali tidak mengkonsumsi karbohidrat.

6.  Makanan Olahan
Para ahli telah menemukan bahwa orang yang sering mengkonsumsi makanan kaya perasa buatan, lemak trans, zat adiktif, pewarna makanan, dan garam memiliki daya ingat yang buruk, gangguan belajar, dan kurang dapat memusatkan perhatiannya.

Sebuah penelitian di Inggris menunjukkan berbagai pengaruh negatif makanan olahan terhadap anak-anak, yang menyebabkan penurunan sistem kekebalan tubuh, membuat anak lebih rentan terhadap infeksi, dan mempengaruhi IQ anak. 

Anak-anak yang sering mengkonsumsi makanan olahan juga mengalami gangguan pertumbuhan dan perkembangan karena tingginya kalori dan banyak zat kimia tidak sehat di dalam makanan olahan tersebut.

7.  Makanan yang Digoreng
Jika anda sering mengkonsumsi atau menyukai makanan berlemak, digoreng, dan berminyak, maka anda cenderung mengalami penurunan fungsi kognitif seiring dengan semakin bertambahnya usia anda.
Berbagai jenis makanan di atas dapat menghancurkan sel-sel saraf di dalam otak anda, yang dapat menyebabkan berbagai gangguan fungsi otak bila anda terus mengkonsumsi makanan tersebut.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: https://www.kaskus.co.id/thread/5a088d0c9a0951bd178b4567/terungkap-jangan-salahkan-micin-ternyata-inilah-penyebab-otak-lemot/?ref=postlist-21&med=top_thread