Kanker Payudara - Penyebab, Tanda, Gejala & Pencegahan

AsalasahKanker payudara adalah salah satu jenis kanker yang paling umum, yang sangat mempengaruhi wanita. Masih jarang di antara pria, kanker payudara adalah penyakit di mana sel kanker terbentuk di jaringan payudara. Mulai dari sel-sel payudara, kanker payudara bisa menghancurkan jaringan di dekatnya dan menyebar ke bagian tubuh yang lain.


Periset telah mengidentifikasi faktor hormonal, gaya hidup dan lingkungan yang dapat meningkatkan kemungkinan seseorang terkena kanker payudara. Gejala pertama kanker payudara adalah benjolan keras yang terbentuk di sekitar area payudara; ini mungkin tidak berhubungan dengan siklus menstruasi wanita. Dokter memperkirakan bahwa lebih dari 5-6 persen pasien kanker payudara terkait dengan mutasi gen yang melewati generasi keluarga. Beberapa faktor umum lainnya yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena kanker payudara adalah obesitas, bertambahnya usia, riwayat kanker payudara dan ketidakseimbangan hormon pascamenopause. Jaringan payudara ditemukan di payudara, dada bagian atas dan ketiak.

Setiap payudara mengandung 15-20 kelenjar yang disebut lobus, dimana susu diproduksi. Kanker payudara biasanya dimulai di lobus. Dibandingkan dengan wanita, hanya satu dari seribu orang yang didiagnosis menderita kanker payudara, yang terdeteksi sebagai benjolan keras di bawah area puting susu. Ada berbagai tahap penyakit yang mengancam jiwa ini - 0, I, II, III dan IV. Semakin tinggi panggung, semakin serius kondisi pasien. Jika didiagnosis pada stadium 0, ini berarti kanker terbatas pada saluran payudara (dimana susu diproduksi), menjadikannya tahap awal. Beberapa cara untuk mendeteksi kanker payudara adalah pemeriksaan payudara, MRI payudara dan ultrasound payudara. Beberapa cara umum untuk mendiagnosis diri kanker payudara adalah melihat apakah ada benjolan yang sulit diatur di sekitar area payudara Anda atau jika Anda merasa sakit saat meregangkan lengan selama latihan lengan tertentu.

Penyebab kanker payudara

Meskipun ada kemajuan dalam ilmu kedokteran dan teknologi, penyebab pasti Kanker Payudara tidak jelas. Kanker pada payudara berkembang saat sel-sel di daerah mulai berkembang biak dengan tingkat abnormal. Faktor-faktor yang meningkatkan risiko seorang wanita terkena Kanker Payudara adalah sebagai berikut:

  • Usia: Meningkatnya usia merupakan faktor risiko terbesar penyebab Kanker Payudara
  • Riwayat kesehatan Anda: Jika Anda pernah menderita kanker di satu payudara, ada kemungkinan Anda Bisa juga kena kanker di payudara yang lain.
  • Sejarah keluarga: Faktor risiko lain yang dapat menyebabkan Kanker Payudara adalah riwayat keluarga. Jika ibu, saudara perempuan atau anak perempuan Anda didiagnosis menderita kanker payudara, terutama di usia yang lebih muda, kemungkinan Anda terkena Kanker Payudara juga meningkat. Namun, perlu dicatat bahwa sebagian besar kasus Kanker Payudara telah ditemukan terjadi tanpa riwayat keluarga penyakit ini.
  • Gen: mutasi gen tertentu yang dilewatkan dari orang tua ke anak juga bisa meningkatkan risiko Kanker Payudara. BRCA1 dan BRCA2 adalah mutasi gen yang paling umum yang dapat sangat meningkatkan risiko Kanker Payudara.
  • Paparan radiasi: Paparan terhadap perawatan radiasi, terutama untuk dada Anda dapat meningkatkan risiko Kanker Payudara.
  • Obesitas: Obesitas bukan hanya alasan dibalik banyak penyakit kesehatan tapi juga salah satu penyebab utama Kanker Payudara.
  • Memiliki anak pertama Anda di usia yang lebih tua: Memberi kelahiran untuk anak pertama setelah usia 30 meningkatkan kemungkinan Kanker Payudara. Selain itu, wanita yang tidak pernah hamil berisiko lebih besar terkena Kanker Payudara.
  • Terapi hormon pascamenopause: Wanita yang menggunakan terapi hormonal seperti estrogen dan progesteron untuk mengobati tanda dan gejala menopause memiliki peningkatan risiko terkena kanker payudara. Menghentikan obat ini menurunkan risiko penyakit.
  • Konsumsi Alkohol: Mengkonsumsi alkohol secara teratur meningkatkan risiko Kanker Payudara.

Gejala kanker payudara

Yang paling penting untuk diketahui adalah bagaimana payudara Anda biasanya terasa dan terlihat. Salah satu gejala yang paling umum dari Kanker Payudara adalah pembentukan benjolan / benjolan di payudara. Massa tanpa rasa sakit dan keras di payudara dengan tepi tidak teratur juga merupakan tanda Kanker Payudara. Jika sakit, atau gejala apa pun yang membuat Anda ragu, jaga diri Anda memeriksanya.

Beberapa gejala awal lainnya dari Kanker Payudara meliputi:

  1. Bengkak di payudara
  2. Nyeri di payudara atau di puting susu
  3. Retraksi puting susu (puting susu berputar ke dalam)
  4. Discharge dari puting susu (dan bukan susu)
  5. Kemerahan pada kulit payudara atau pada puting susu
  6. Iritasi kulit atau dimpling
  7. Benjolan di dalam area payudara di dekat puting susu atau di tempat lain di payudara
  8. Benjolan di ketiak
  9. Perubahan bentuk atau ukuran payudara yang tidak dapat dijelaskan
  10. Perubahan penampilan pada kulit
  11. Perubahan ketebalan dari puting susu
  12. Keluaran bernoda darah dari puting susu
  13. Sakit tulang

Pencegahan kanker payudara

Berhenti merokok
Merokok bukan hanya Kanker Payudara tapi juga banyak penyakit lainnya. Lebih baik berhenti hari ini. Juga, seseorang dapat mencari bantuan profesional untuk berhenti merokok.

Batasi Konsumsi Alkohol
Minum alkohol yang lebih rendah menurunkan risiko Kanker Payudara. Alkohol yang lebih rendah yang Anda konsumsi, yang lebih rendah adalah risiko pengembangan Kanker Payudara.

Olahraga
Obesitas merupakan salah satu faktor risiko utama Kanker Payudara. Berolahraga, menjaga kebiasaan makanan sehat dan mengurangi ekstra kilo dari tubuh membantu dalam mengurangi risiko Kanker Payudara.

Pemberian ASI
Menyusui dapat membantu Anda mengurangi risiko kanker payudara. Semakin lama Anda memberi ASI semakin besar kesempatan untuk mengurangi risiko Kanker Payudara.

Pemeriksaan Kesehatan Reguler
Sangat mudah untuk mengendalikan Kanker Payudara pada tahap awal dan karenanya dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan Payudara Terobosan secara teratur. Pemeriksaan Kanker Payudara adalah cara terbaik untuk menangkap tumor sebelum berkembang menjadi bentuk kanker.


Baca Juga :
Asalasah | Sumber: https://timesofindia.indiatimes.com/life-style/health-fitness/health-news/breast-cancer-causes-signs-symptoms-prevention/articleshow/61506645.cms