Leher Bagian Belakang Hitam? Putihkan Dengan 10 Cara Ini

Asalasah ~ Halo sobat asalsaah, Leher Bagian Belakang Hitam? Merasa ga pede kalau pakai baju kaos di tempat umum karena ga nyaman terlihat leher belakang? yuk sobat asalsah kita baca artikel 10 cara memutihkan kulit leher bagian belakang.

Banyak orang yang mengalami hal ini merasa kurang nyaman dengan penampilan bagian belakang leher mereka. Hal ini merupakan gangguan kulit yang cukup umum dan biasa disebut acanthosis nigricans. Meskipun begitu perlu diketahui bahwa ini bukanlah infeksi dan tidak menular, kurang lebih sama seperti jerawat, tidak berbahaya cuma bikin malunya itu lho.

10 Cara memutihkan leher belakang yang hitam :

Lidah Buaya

Lidah buaya adalah salah satu bahan alami yang bisa mencerahkan kulit dan juga melembabkannya. Selain itu juga bisa mengurangi bercak-bercak di kulit dan membuatnya warnanya jadi cerah merata. Lidah buaya yang kaya akan antioksidan mampu memperbaiki dan memproduksi sel kulit yang baru.
Caranya :

  1. ambil getah lidah buaya langsung dari daunnya
  2. oleskan langsung di kulit sembari dipijit
  3. biarkan sekitar 20 menit
  4. bilas dengan air bersih
  5. ulangi setiap hari untuk hasil yang lebih cepat


Timun

Timun bisa juga digunakan untuk membersihkan leher belakang kamu yang gelap. Timun mampu mendinginkan kulit dan membantu memperbaiki sel kulit, mengganti sel kulit mati dan mencerahkan warna kulit.


  1. Oleskan timun yang sudah diblender ke bagian leher kamu dan gosok dengan lembut sekitar 10 menit. 
  2. Bilas dengan air dingin atau air mawar bila ada. Lakukan setiap hari untuk mendapatkan kulit leher yang lebih putih dan cerah.
  3. Cara lainnya, dengan mencampur jus timun dan air perasan jeruk lemon dalam jumlah yang sama, 1 banding 1.
  4. Oleskan pada leher menggunakan bola kapas. Biarkan selama 10 menit kemudian bilas dengan air dingin. Lakukan setiap hari.


Jeruk lemon

Kandungan asam sitrat yang tinggi pada lemon adalah elemen yang dapat mencerahkan/memutihkan secara alami, sangat ampuh untuk membersihkan daki yang membandel pada leher. Selain itu vitamin C yang cukup banyak terkandung didalamnya bisa meregenerasi sel kulit mati. Maka dari itu, lemon sangat cocok untuk mengatasi warna gelap di belakang lahir.

  1. Oleskan air jeruk lemon pada bagian kulit dengan bola kapas. Jika kulit kamu cenderung sensitif, campur dengan sedikit air. 
  2. Biarkan selama 20 menit kemudian bilas dengan air dingin. Pastikan tidak membiarkan kulit terpapar sinar matahari langsung setelah menggunakan air jeruk lemon ini.
  3. Pilihan lainnya, campur air jeruk lemon dan air mawar sebanyak 1 banding 1. 
  4. Oleskan pada bagian leher sebelum tidur di malam hari. Lakukan rutin setiap hari selama sebulan untuk melihat hasilnya.


Almond

Kacang almond mengandung vitamin yang penting dan sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit. Almond juga memiliki kandungan yang dapat merawat kulit dan mengatasi perubahan atau warna kulit yang tidak merata. Kamu bisa menggunakan almond untuk mengatasi kulit yang berubah menjadi gelap di bagian leher.
Cara ke-1:

  1. Caranya mudah,buat pasta dari setengah sendok teh almond bubuk, dan satu sendok teh masing-masing untuk madu dan susu bubuk. 
  2. Oleskan bahan yang sudah dicampur rata tadi ke bagian leher yang bermasalah, biarkan selama 1 setengah jam. 
  3. Bilas dengan air sampai bersih. Lakukan 4 kali seminggu.


Cara ke-2:

  1. Panaskan minyak almond dan pijat bagian leher dengan lembut. 
  2. Lakukan hal ini sekali sebulan untuk melancarkan peredaran darah di bagian leher. Minyak juga berfungsi sebagai pelembab dan membantu mencerahkan kulit.


Cara ke-3:

  1. Rendam 4 sampai 5 buah kacang almond dalam air selama satu malam. 
  2. Pagi harinya, blender almond sampai halus. 
  3. Oleskan pada bagian leher dan gosok perlahan selama beberapa menit saja. 
  4. Bilas dengan air dingin.


Oatmeal

Gandum bekerja sangat baik untuk mengangkat sel kulit mati. Hal ini sangat efektif untuk mengurangi warna gelap yang muncul di leher kamu.


  1. Ambil 2 sendok teh oatmeal mentah yang sudah dihaluskan dengan blender dan tambah sedikit tomat yang sudah diblender, campur rata. Oleskan campuran pada leher dan biarkan sekitar 20 menit. Gosok leher kamu pelan-pelan. Bersihkan dengan air dingin dan pakai pelembab. Lakukan dua atau tiga kali seminggu.
  2. Campur bubuk oatmel dengan susu dan madu. Oleskan pada leher kamu. Biarkan 20 menit sampai 30 menit kemudian bilas sampai bersih dengan air hangat. Lakukan dua kali seminggu.
  3. Baca Juga: Tempat Beli Madu untuk Wajah
  4. Kulit Jeruk


Jangan buang kulit jeruk kamu, manfaatkan untuk mengatasi masalah leher kamu yang gelap itu. Kandungan vitamin C yang tinggi di dalamnya sangat membantu mencerahkan kulit.

Jemur kulit jeruk dibawah sinar matahari sampai mengering. Blender sampai jadi bubuk. Tambahkan susu cair dalam jumlah yang sama. Oleskan disekitar leher yang bermasalah dan biarkan mengering. Bilas dengan air dingin.

Cara lainnya, parut kulit jeruk dan tambahkan air jeruk. Oleskan di leher dan biarkan selama 10 menit, kemudian bilas dengan air dingin. Lakukan tiap hari.

Baking soda

Baking soda bagus untuk exfoliant alami bagi kulit dan akan membersihkan kulit secara perlahan menghilangkan warna gelap, warna yang tidak merata. Kombinasi dari baking soda dan air telah terbukti cukup efektif dalam mengatasi hyper-pigmentation yang terjadi di sekitar leher.

Berikut caranya :

  1. campur 3 bagian baking soda dan 1 bagian air untuk mengentalkan
  2. oleskan ke leher dan biarkan mengering
  3. bilas setelah 15 menit
  4. lakukan 2 kali seminggu untuk memperbaikai warna kulit selama beberapa minggu


Minyak Zaitun

Olive oil atau minyak zaitun membantu melembabkan kulit dan merawatnya, itu sebabnya minyak ini menjadi salah satu bahan untuk perawatan kecantikan di rumah yang bisa kamu coba. Campur minyak zaitun dan jus lemon, oleskan pada leher yang menghitam. Biarkan selama kurang lebih 20 menit untuk mengurangi warna gelap pada leher.

Kentang

Enzim catecholase dalam kentang mampu memutihkan bagian kulit yang gelap di belakang leher. Mengandung vitamin C dalam jumlah banyak membuat kentang mampu memutihkan dan menghaluskan kulit.

Parut kentang atau blender sampai halus, kemudian oleskan di leher. Biarkan selama 15 menit dan bilas dengan air dingin.

Cara lain lagi, campur jus lemon dan kentang yang diblender bersama kemudian oles pada kulit yang bermasalah. Biarkan selama 10 sampai 15 menit dan bilas dengan air bersih. Lakukan tiap hari untuk hasil yang terbaik. Ramuan ini bisa juga digunakan untuk menghilangkan bintik hitam, atau kantung mata yang hitam serta bekas luka jerawat.

Yoghurt


Jika kamu kehabisan lotion atau kesulitan mendapatkan lidah buaya, coba buka lemari es dan ambil satu cup yoghurt plain.

Menurut Dr. Mary Lupo, seorang ahli dermatologi dari New Orleans, kulit yang terkena sunburn bisa juga diatasi dengan susu atau yoghurt.

Pastikan yoghurt yang akan dipakai adalah yoghurt non-fat dan plain. Oleskan yoghurt yang dingin ke bagian kulit atau wajah yang terbakar, biarkan beberapa saat. Manfaat yoghurt bagi kulit yang terbakar adalah memberikan sensasi dingin sekaligus menyembuhkan.

Penyebab leher belakang hitam


Bertambahnya usia dan sengatan sinar matahari menjadi penyebab utama warna kulit di belakang leher yang menjadi gelap. Penyebab lainnya adalah diabetes, kelainan genetis, perliaku sehari-hari yang tidak bersih dan juga bertambahnya atau berkurangnya berat badan secara tiba-tiba.Kondisi ini bisa diatasi dengan dibersihkan, digosok dan dilembabkan menggunakan berbagai macam pilihan bahan alami atau tradisional.

Gejalanya biasanya akan terlihat warna kehitaman atau gelap dan penebalan pada kulit di bagian belakang leher atau tengkuk, seperti daki yang menumpuk. Untuk beberapa kasus yang langka sedikit rasa gatal biasanya akan terasa pada daerah tersebut. Perubahan warna akan terjadi perlahan selama berbulan-bulan dan akan menyebar dalam beberapa tahun. Dibawah ini ada 9 cara menghilangkan leher belakang yang hitam dengan tradisional yang bisa kamu coba sendiri di rumah, dan mengembalikannya ke kondisi semula yang mulus dan bersih.

Coba salah satu atau semua ramuan ini yang cocok untuk kulit kamu. Karena ini merupakan perawatan alami maka akan membutuhkan waktu untuk mendapatkan hasil yang diinginkan akan terlihat secara bertahap.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: