Temuan Mengejutkan! Begini Isi Perut Tentara Korea Utara Yang Sempat Lari Ke Korsel

AsalasahTentara Korea Utara yang membelot itu melintas zone demiliterisasi dengan jip curian dan merangkak ke Korea Selatan setelah ditembak oleh tentara Pyongyang dengan pistol dan senjata AK-47.


Ia ditemukan di bawah tumpukan daun-daun dalam kondisi berdarah akibat luka tembak oleh para tentara Korea Selatan yang segera membawanya ke dokter.

Kondisinya cukup parah namun yang lebih mengejutkan para dokter adalah saat menemukan parasit berupa cacing-cacing berukuran terpanjang 27 cm.

Dokter bedah yang memimpin operasi, Lee Cook-jong mengatakan ini adalah "temuan pertama sepanjang 20 tahun karier saya sebagai dokter bedah, dan sejauh ini saya hanya lihat di buku pelajaran".

Lee menunjukkan foto-foto puluhan parasit yang diangkat dari usus pencernaan tentara itu dalam serangkaian operasi untuk menyelamatkan hidupnya.

Tentara itu diterbangkan dengan helikopter hari Senin (13/11) lalu setelah pelarian dramatis dari Korea Selatan dengan luka antara lain di bahu, lutut dan tangan.

Ia diduga berusia 20 tahunan dan ditempatkan di kawasan militer bersama Panmunjom, menurut Kim Byung-kee, anggota perlemen dari partai yang berkuasa di Korea Selatan yang mendapat penjelasan dari badan intelijen.

Korea Utara belum berkomentar soal pembelotan itu.

Isi perut tentara ini tentu tidak menggambarkan penduduk secara keseluruhan namun statusnya sebagai tentara, posisi yang cukup elit, menunjukkan dia paling tidak cukup bergizi sebagai rata-rata orang Korea Utara.

Apa arti temuan ini? Inilah sejumlah rangkuman berdasarkan komentar pakar.

Akibat pupuk dari tinja

Dari penjelasan medis disebutkan isi perut tentara itu adalah jagung, makanan pokok di Korea Utara setelah PBB menyebut negara itu mengalami kekeringan terparah sejak 2001.

Baca: Video Dramatis! Detik-detik Menegangkan Tentara Korut Kabur Membelot ke Korsel
Seorang guru besar di departemen parasitologi dan penyakit tropis di National University College of Medicine, Seoul, Hong Sung-tae, mengatakan kasus ini merupakan bukti bahwa masalah pupuk dengan kotoran manusia banyak digunakan di Korea Utara.

"Tingkat infeksi parasit dan jumlah (parasit) harusnya rendah untuk usianya. Namun banyak parasit yang ditemukan. Walaupun ini adalah bukti tak langsung, saya yakin masalah parasit ini masih ada (di Korea Utara)," kata Hong Sung-tae.

"Mereka perlu pupuk untuk bertani. Namun karena tak ada pupuk, rakyat Korea Utara menggunakan pupuk dari kotoran manusia. Dan ini menjadi penyebab infeksi parasit," katanya kepada BBC.

Seorang pakar pertanian Lee Min-bok, yang membelot dari Korea Utara pada 1995 mengatakan pupuk kotoran manusia yang juga disebut "tanah malam" mulai digunakan sejak 1990.

"Pupuk kimia dipasok engara sampai tahun 1970-an dan dari awal 1980-an, produksi mulai menurun... Pada 1990-an, negara tak dapat lagi memasok pupuk, sehingga petani mulai menggunakan banyak 'tanah malam'."

Pada 2014, pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mendesak para petani menggunakan kotoran manusia dan juga kotoran hewan dan kompos organik sebagai pupuk.

Namun berkurangnya ternak juga menyulitkan petani mencari kotoran hewan, kata Lee kepada kantor berita Reuters.

Bagaimana standar kesehatan orang Korea Utara?

Para pakar juga mengatakan temuan ini mengangkat masalah nutrisi dan kebersihan yang melanda negara yang dikucilkan selama puluhan tahun ini.

"Korea Utara adalah negara yang sangat miskin dan seperti negara miskin lain mereka menghadapi masalah kesehatan serius," kata Andrei Lankov dari Universitas Kookmin di Seoul.

"Korea Utara tak punya sumber daya untuk sistem kedokteran modern," katanya.

Pada 2015, peneliti Korea Selatan yang mempelajari catatan kesehatan pembelot Korea Utara di rumah sakit di Chenan antara 2006 dan 2014 menemukan bahwa mereka lebih banyak mengalami penyakit kronis seperti hepatitis B, hepatisis C, TBC dan infeksi parasit, dibandingkan orang Korea Selatan.

Bagaimana orang dapat terkena parasit?

Manusia dapat terkena parasit melalui makanan yang digigit oleh serangga. Parasit juga dapat masuk melalui kulit.

Parasit yang masuk ke badan lewat makanan bentuknya adalah cacing. Dan makanan tentara Korea Utara ini kemungkinan terkontaminasi.

Sejumlah komentar di media sosial terkait cacing parasit yang ditemukan di tubuh tentara Korea Utara ini termasuk akun Jon Stewart Mill‏ yang menyebutkan, "Kehidupan di negara yaitu Korea Utara, seperti terungkap lewat parasit usus."

Pengguna lain, Thomas Wictor mengatakan, "Pria di unit paling elit Korea Utara berisi parasit," dan Daveyo‏ menulis, "Korea Utara bukan negara komunis. Negara radioaktif yang tertular parasit."

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://www.wawker.com/2017/11/dokter-kaget-melihat-isi-perut-tentara.html