Ternyata Kangen Water Sama Seperti Air Biasa, Tidak Bisa Menyembuhkan

AsalasahKeinginan dan harapan untuk menyembuhkan penyakit dengan Kangen Water, pudar sudah. Setidaknya hanya itu usaha yang dilakukan Mahmud (50) yang divonis diabetes beberapa tahun lalu.

"Ada yang jual mesinnya. Mahal. Jadi saya cuma rajin beli kangen water dalam bentuk kemasan aja,"

Mahmud merupakan konsumen yang telah minum kangen water sejak setahun lalu. Namun setelah dia mengetahui bahwa informasi kangen water bisa menyembuhkan itu tidak benar dan hanya sugesti, dia hanya bisa pasrah.

Pernyataan Mahmud ini terkait dengan keterangan dokter dI Made Cock Wirawan yang mengatakan kangen water seperti air biasa.

"Kangen Water yang diklaim bisa menyembuhkan berbagai penyakit adalah air alkali yang bila diminum akan sama saja dengan air biasa. Setelah mencapai lambung, air alkali ini akan diasamkan oleh asam lambung sehingga pH-nya akan kembali netral," kata dia, dalam tulisannya di blog dokter yang telah mengizinkan tulisannya dipublikasikan.

Menurut dr Made, pada kasus kasus tertentu seperti pada penderita maag, air alkali justru memiliki efek buruk, yakni merangsang produksi asam lambung yang berlebihan sehingga menyebabkan penyakit maag bertambah parah. Selain itu, dia juga mengatakan bahwa air alkali dapat membuat air kencing menjadi basa juga tidak benar.

"Bagaimana bisa air alkali yang sudah diasamkan oleh asam lambung bisa kembali alkali setelah tiba di ginjal? Pada penderita penyakit ginjal terutama batu saluran kemih memang membutuhkan air kencing yang basa, tetapi caranya bukan dengan minum air alkali," ucap dia.

Mengenai testimoni pengguna Kangen Water yang mengaku sembuh berkat air tersebut, dr Made mengatakan bahwa itu adalah akibat sugesti.

"Menurut beberapa testimoni, banyak yang mengatakan bahwa mereka sembuh setelah minum air alkali (kangen water). Dalam dunia medis ini disebut dengan istilah Placebo Effect yang kalau diterjemahkan ke dalam bahasa awam disebut dengan istilah sugesti," kata dia.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://health.liputan6.com/read/3174761/kenali-lebih-jauh-risiko-minum-kangen-water