Ternyata Wanita Gemuk Lebih Mudah Kena Kanker Payudara, Tips Cegah Obesitas

AsalasahKanker payudara masih menjadi momok menakutkan, khususnya bagi wanita, karena risiko kematian sangat tinggi. Oleh karenanya, sebagai seorang wanita kamu harus ekstra waspada, berhati-hati bahkan pada setiap jenis makanan yang hendak kamu konsumsi.
Meski begitu, tak semua wanita berisiko menderita kanker payudara. Seseorang dengan berat badan lebih atau yang mengalami obesitas memiliki risiko lebih tinggi dibandingkan mereka yang bertubuh ramping.

Studi menyebutkan, wanita dengan Indeks Massa Tubuh antara 25-29,9 dianggap sudah kelebihan berat badan. Dan lebih dari 30 artinya ia telah mengalami obesitas. Studi ini menemukan bahwa Indeks Massa Tubuh di atas 25 dan memiliki jaringan payudara lebih padat terkait dengan kemungkinan besar memiliki tumor saat didiagnosis menderita kanker payudara selama pemeriksaan.

Sebelum mencegah kanker payudara, ada baiknya jika kamu lebih dulu memperhatikan pola makan dan gaya hidup untuk menghindari obesitas yang bisa mengarah pada penyakit mematikan itu. Berikut ini 4 cara tepat dan terbaik yang bisa kamu lakukan seperti dirangkum dari Boldsky.

1. Konsumsi Makanan Sehat 
Bukan hanya untuk mencegah obesitas dan berbagai penyakit, setiap orang wajib menyantap makanan sehat untuk menjaga tubuh tetap fit. Nah, lebih penting lagi bagi kamu yang mencegah obesitas, konsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur sangat penting. Buah dan sayuan rendah lemak dan kaya akan serat, baik untuk diet mencegah kelebihan berat badan.

2. Minum Banyak Air Putih 
Minum air putih selalu membantu dalam berbagai pencegahan terhadap penyakit. Bagi orang dewasa, pria atau wanita, minum setidaknya 8 gelas air setiap hari. Air putih tidak hanya menghidrasi tubuh tetapi juga membantu membuang racun yang tidak diinginkan tubuh.

3. Hindari Makanan Cepat Saji 
Hentikan kebiasaanmu mengkonsumsi makanan cepat saji sekarang juga! Bukan hanya dapat menyebabkan obesitas, makanan cepat saji ditambah minuman bersoda benar-benar buruk bagi kesehatan. Makanan jenis ini mengandung lemak tidak sehat, perasa buatan, kalori dan banyak garam. Tidak hanya bisa mengakibatkan kelebihan berat badan, makanan tersebut dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

4. Olahraga Rutin 
Poin-poin di atas tadi tentu saja harus diimbangi dengan akivitas seperti olahraga ringat yang dilakukan rutin. Tak perlu yang berat-berat, kamu bisa memulainya dengan jalan santai selama 30 menit, lari (jogging) atau bersepeda sehingga tubuhmu tetap fit dan kalori juga terbakar.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: https://www.wowkeren.com/berita/tampil/00185592.html