5 Artis Top Korea yang Tewas Bunuh Diri, Selain Jonghyun SHINee

Asalasah ~ Pencinta K-pop dunia dihebohkan dengan kabar kematian salah satu anggota boy band terkenal asuhan SM Entertainment, Jonghyun SHINee.

Pria yang merupakan vokalis utama dalam grup tersebut ditemukan meninggal dunia di apartemen miliknya yang terletak di kawasan Gangnam Gu, Cheongdamdong.

Dikutip dari laman Koreaboo, kematian vokalis SHINee telah dikonfirmasi kebenarannya oleh kepolisian setempat. Jonghyun dinyatakan meninggal dunia pada Senin 18 Desember 2017, pukul 18.00 waktu setempat.

"Kami telah memastikan bahwa pria yang ditemukan tewas dalam sebuah apartemen adalah Jonghyun SHINee," ujar tim kepolisian dalam sebuah pernyataan resmi.

Jonghyun SHINee diduga tewas akibat briket batu bara yang masih menyala, dan mengeluarkan karbon monoksida.

Belum diketahui secara pasti siapa dalang di balik tewasnya penyanyi tersebut. Namun, diduga ia bunuh diri, seperti diungkap kakak Jonghyun SHINee.

"Saya menduga, Jonghyun mengakhiri hidup dengan cara bunuh diri," ujar sang kakak, seperti dilansir Naver.

Pasalnya, sebelum meninggal dunia, Jonghyun SHINee sempat mengirim pesan kepada dirinya. Ia mengaku sedang dihadapkan dengan hal-hal sulit. Sang penyanyi mengaku, hidupnya sungguh berat.

Kisah bunuh diri artis Korea bukan kali ini saja mengemuka. Banyak faktor yang menyebabkan mereka memilih bunuh diri. Jonghyun SHINee bukan yang pertama, ada sederet artis lain yang melakukan hal sama.

Seperti dilansir dari laman Nerdygaga.com, Selasa (19/12/2017), berikut 5 artis Korea Selatan yang mengakhiri hidup dengan cara bunuh diri:

1. Lee Eun-ju



Lee Eun-ju adalah aktris Korea Selatan yang lahir pada tanggal 22 Desember 1980. Ia ditemukan meninggal pada tanggal 22 Februari 2005. Ia tewas akibat bunuh diri pada usia 24 tahun.

Lee Eun-ju dikenal karena perannya dalam film dan drama Korea seperti Taegukgi dan The Scarlet Letter.

Ia pertama kali mendapat peran sebagai karakter utama dalam film garapan sutradara ternama Hong Sang-soo.

Beberapa hari setelah wisuda dari Dankook University, Lee nekat bunuh diri di apartemennya yang terletak di kawasan di Bundang, Seongnam.

Lee Eun-ju menyayat pergelangan tangannya sebelum akhirnya gantung diri.

Keluarga Lee yang berduka mengatakan, alasan bunuh diri karena serangan depresi dan serangan mental yang ekstrem. Ia juga menderita insomnia karena selalu terpikir adegan telanjangnya di film The Scarlet Letter.

2. U;Nee

Tahun 2007, Lee Hye Ryeon yang lebih dikenal sebagai U;Nee tak sanggup menerima kritikan karena telah mempermak wajah dan payudaranya. Ia tewas gantung diri di rumahnya di Seo-gu tanpa meninggalkan pesan apapun (Istimewa)

Lee Gye-ryeong atau yang lebih dikenal dengan nama U;Nee lahir pada tanggal 3 Mei 1981 dan meninggal pada tanggal 21 Januari 2007 karena bunuh diri.

U;Nee mengawali kariernya sebagai seorang penyanyi, rapper, dan dancer di Korea Selatan.

Label rekaman yang menaungi U;Nee memasarkan wanita tersebut dengan kesan seksi. Lagu yang ia nyanyikan beraliran R&B dengan judul Call Call Call.

Selain dikenal sebagai penyanyi, ia juga menjadi salah satu artis Korea yang menjalani operasi. Upaya pembesaran payudara, rahang, dan hidung telah dilakukan oleh wanita tersebut.

Pada 21 Januari, U;Nee ditemukan meninggal dunia karena bunuh diri. Setelah dilakukan penyelidikan, wanita tersebut dinyatakan bunuh diri akibat depresi terkait masalah pribadinya.

3. Jeong Da-bin 

Jeong Da-bin lahir pada tanggal 4 Maret 1980, dan bunuh diri pada tanggal 10 Februari 2007 pada usia 26. Jeong Da-bin terkenal dengan serial televisi Rooftop Room Cat.

Jeong terkenal dengan sosok yang sangat ceria dan positif dalam menjalani kehidupan.

Namun, karier keartisannya mengalami hambatan. Salah satu proyeknya di tahun 2005 gagal total. Kala itu film That Summer's Typhoon with Han Ye-seul tak begitu laku di pasaran.

Setelah itu ia jarang muncul di layar kaca. Namun, pada tahun 2007, Jeong Da-bin ditemukan meninggal dunia gantung diri hanya mengenakan handuk di rumah kekasihnya yang terletak di Samseong-dong, Gangnam District.

Pihak keluarga meminta agar polisi menyelidiki kasus kematian tersebut. Mereka menduga ada oknum di balik tewasnya Jeong Da-bin.

Namun, dari hasil penyelidikan, polisi menarik kesimpulan bahwa ia tewas akibat bunuh diri.

Jeong Da-bin diduga mengalami depresi berat karena tak mendapat pekerjaan dan namanya kian jelek di dunia maya.

4. Jang Ja-yeon

Jang Ja-yeon mengakhiri hidupnya dengan cara menggantung diri di rumahnya pada 7 Maret 2009. Artis yang memainkan karakter Sunny dalam drama hits Boys Over Flowers tersebut kabarnya diperlakukan sebagai budak seks oleh agensinya (Istimewa)

Jang Ja-yeon lahir pada tanggal 25 Januari 1982 dan ditemukan tewas pada tanggal 7 Maret 2009. Ia adalah seorang aktris Korea Selatan yang membintangi serial drama KBS TV Boys Over Flowers sebagai Park Sun-ja (alias Sunny).

Jang Ja-yeon menderita depresi, dan penyelidikan polisi menyimpulkan bahwa kematiannya adalah akibat bunuh diri.

Setelah kematiannya, kabar yang menyeruak adalah seputar skandal kekerasan seksual dan fisik yang menimpa dirinya selama ini.

Diduga, para eksekutif hiburan di Korsel terlibat dalam skandal ini.

Dalam sebuah catatan yang ia tulis sebelum bunuh diri, Jang Ja-yeon menggambarkan bagaimana dia dipukuli dan dipaksa untuk menghibur dan berhubungan seks dengan beberapa direktur program, CEO dan eksekutif media.

Hal ini langsung menggerakan pihak kepolisian untuk menyelidiki agen dan manajemen yang menaungi Jang Ja-yeon.

5. Kim Daul 
Kim Daul lahir pada tanggal 31 Mei 1989. Kim Daul adalah seorang bloger, pelukis, dan model di Korea Selatan.

Kariernya terbilang sukses karena Kim Daul telah muncul di sampul majalah Vogue dan Harper's Bazaar di Korea Selatan.

Pada tahun 2007, Kim Daul membuat debut catwalk internasionalnya di Paris Fashion Week, dan bekerja untuk perancang top seperti Karl Lagerfeld, Vivienne Westwood, Chanel, Alexander McQueen dan Christopher Cane untuk memamerkan koleksi terbaru mereka.

Pada tanggal 19 November 2009, Kim ditemukan tewas pada usia 20, tergantung di apartemennya di Paris. Kantor kejaksaan di Paris memutuskan bahwa kematian Kim Daul sebagai tindakan bunuh diri.

Semasa hidup, Kim menderita insomnia dan mengalami depresi selama bekerja di dunia fashion. Ia merasa tertekan dengan pekerjaan yang begitu berat.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: