Ketika Pipis Urine Berwarna Merah, Kenapa Ya?

Asalasah ~ Seorang pasien bertanya kepada dokter mengenai keluhannya yaitu urine atau air kencingnya yang berwarna merah, berikut pertanyaannya.. 

Dok mau tanya. Sore tadi Pipis/ urine sya tiba2 merah. Sya ingat pas makan siang minun jus buah naga. Apa ini karena buah naga atau karena ginjal. Pada pipia terasa seperti biasa sajah. Ga terasa sakit mau pun bau di urin nya.
gambar hanya ilustrasi

Jawaban Dokter :
Urin yang normal berwarna kuning pucat hingga lebih tua. Warna urin dapat dipengaruhi oleh komponen makanan atau obat yang dikonsumsi. Urin yang berwarna merah diantaranya dapat disebabkan oleh:

  • darah, misalnya akibat infeksi atau batu pada saluran kemih, dan sering menimbulkan gejala seperti nyeri saat BAK
  • makanan, seperti buat bit, blackberry
  • pengaruh obat, seperti rifampicin

Jika setelah mengkonsumsi buah naga merah, dan urin berwarna merah, tanpa disertai nyeri saat BAK, maka bisa saja kondisi tersebut akibat efek dari buah naga.

Cobalah untuk sementara tidak mengkonsumsi jus buah naga dahulu. Jika urin berangsur berwarna kuning seperti normal, maka hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan.

Usahakan untuk tetap menjalani gaya hidup sehat. Konsumsi makanan bergizi secara teratur, perbanyak minum air putih dan tidak mengabaikan keinginan saat akan BAK.

Jika urin tetap berwarna merah, walaupun sudah tidak mengkonsumsi buah naga, sebaiknya Anda periksa ke dokter. Sehingga dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan tes penunjang seperti tes urin atau USG. Dokter akan memberikan penanganan yang tepat sesuai dengan penyebab dasarnya.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://www.alodokter.com/komunitas/topic/pipis-merah