Perbedaan cara mengajar ayah dan ibu

AsalasahTeringat saat masih kecil,ayah dan ibu mengajari saya dengan cara berbeda:
Metode ibu dengan memberi contoh dan meminta saya untuk sambil membantu pekerjaannya,supaya nanti akhirnya jadi bisa sendiri
Metode ayah dengan memberi tahu dan meminta saya mencobanya sendiri.
Yang sangat melekat,seperti mengajari berenang,saya disuruh nyebur sendiri biar bisa bertahan sendiri. Saat belajar mengetik dikomputer, saya disuruh ngetik sendiri,kalau tulisannya amburadul kesana kemari,baru ditanya gimana biar tidak amburadul. Saat memasak nasi diatas kompor,saya cuma dibilang air nya segini,berasnya segini.

Alhasil dua kombinasi ibu dan ayah,membuat saya bisa macam2.sekarang saya menjadi seorang ibu baru sadar,bahwa saya juga melakukan hal sama seperti ibu.

Si kaka yg usianya -+ 3 tahun 9 bulan selalu maunya mandi sendiri,sikat gigi sendiri.tp saya belum pernah mengizinkan dia,karena saya belum yakin bisa bersih dan maksimal.maka saya bilang,nanti umy menyabuni,naura membilas.padahal hakikatnya dia sudah selesai mandi,lalu dia bilas lagi sendiri.

Begitu juga menyikat gigi,saya selalu memulai dan dia terakhirnya,padahal saya sudah selesai menyikat giginya.

Berbeda dengan abinya,dimana membiarkan si kaka mandi sendiri dan sikat gigi sendiri.dengan instruksi bersih2,lama2 menyikatnya,dilihatin sebentar lalu ditinggal.

Heum..kesimpulan saya,apa bapak2 memang begitu ya.hehe...
Menurut ummah gmn?

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: https://www.facebook.com/ukhty.maghfirah/posts/10208266379656915