Ancaman Mengerikan Dari Kejadian Gusi Berdarah

Asalasah ~ Selama ini, banyak yang mengira bahwa gusi berdarah disebabkan oleh peradangan gusi saja. Namun tahukah Anda bahwa gusi berdarah juga bisa menjadi pertanda adanya penyakit mematikan?
Ilustrasi
Gusi berdarah tak hanya merupakan pertanda adanya masalah di dalam mulut saja. Pada anak-anak, ini bisa jadi salah satu tanda awal penyakit leukimia. Ada beberapa penyakit berbahaya lainnya, yang menyebabkan kejadian gusi berdarah. Berikut beberapa di antaranya:
1. Penyakit Idiopathic Thrombocytopenic Purpura (ITP)
Ini adalah penyakit kelainan autoimun spesifik yang memengaruhi jumlah trombosit atau platelet –yang berfungsi membantu bekuan darah. Oleh karena itu, penderita ITP akan mudah memar atau berdarah secara berlebihan pada gusi, hidung, air seni, usus dan lainnya. Penderita ITP berat sebaiknya menghindari aktivitas fisik yang berisiko menyebabkan perdarahan atau memar, membatasi konsumsi alkohol, menghentikan pemakaian obat-obatan –seperti aspirin dan ibuprofen.
2. Leukimia
Leukimia adalah penyakit kanker yang menyebabkan sel darah putih menjadi ganas, dan diproduksi secara berlebihan di dalam sumsum tulang. Sebanyak 25% kejadian leukimia pada anak memiliki gejala awal peradangan gusi atau gingivitis. Masuknya sel-sel leukimia ke dalam gusi menyebabkan gusi meradang dan menurunkan kemampuannya untuk melawan infeksi, sehingga gusi menjadi mudah berdarah. Perdarahan akan berlanjut sampai beberapa menit, karena darah tidak membeku secara normal.
3. Hemofilia
Darah pada penderita hemofilia tidak dapat membeku dengan sendirinya secara normal, dan berjalan lambat. Kondisi ini ditandai dengan perdarahan spontan yang berat serta nyeri sendi yang menahun. Hemofilia banyak terjadi pada laki-laki. Sedangkan wanita hanya menjadi pembawa sifat (carrier). Hemofilia ringan menyebabkan darah lama membeku setelah cabut gigi, operasi atau saat terkena trauma yang minimal.
4.Kelainan Faktor Pembeku Darah VII
Kelainan ini menyebabkan fibrin bekuan darah tidak terbentuk dengan kuat, sehingga perdarahan sulit dan lama berhenti. Kelainannya bisa berupa kurangnya produksi faktor VII atau adanya penyebab yang mengganggu faktor VII. Faktor VII adalah protein yang diproduksi pada hati –memiliki peran penting dalam proses pembekuan darah.
5. Penyakit Von Willebrand
Faktor Von Willebrand (VWF) adalah protein yang membantu platelet berkumpul dan membeku. Jika kadar VWF dalam darah rendah, platelet tidak akan berfungsi dengan normal sehingga memperpanjang masa perdarahan. Penyakit ini ditandai dengan mudah memar, perdarahan hidung, gusi dan menstruasi yang berlebihan.
6. Anemia Aplastik
Anemia aplastik disebabkan oleh infeksi virus, penyakit autoimun, atau efek samping penggunaan obat. Gejala yang muncul dalam mulut, antara lain; petekie, pembesaran dan perdarahan spontan pada gusi, serta ulkus herpetik pada mukosa mulut dan gusi.
Gusi berdarah tidak bisa dianggap sepele. Karena kondisi ini bisa jadi pertanda awal dari suatu kelainan yang lebih serius. Untuk itu, sebaiknya lakukan pemeriksaan rutin ke dokter setiap gigi 6 bulan sekali untuk memiliki mulut sehat dan terawat.

Read More

Beberapa Acara TV Yang Harus Segera Dihentikan menurut Netizen

http://www.asalasah.com/2017/01/beberapa-acara-tv-yang-harus-segera.html
Asalasah ~ Baru-baru ini para netizen mendiskusikan beberapa acara TV yang dinilai sudah waktunya untuk berhenti dari channel tv. Delapan acara televisi yang dibahas netter meliputi sinetron dan juga beberapa reality show.

Dilansir Malesbanget.com, acara-acara televisi yang dianggap harus segera "pensiun" adalah "Katakan Putus", "D'Academy Indosiar", "Take Me Out Indonesia", "Survivor", "Diary Laudya Cynthia Bella", "Janji Suci Raffi Nagita", "Rumah Mama Amy", dan "Tukang Bubur Naik Haji". Berbagai alasan menguatkan acara-acara ini untuk segera "pensiun".

1. "Katakan Putus"
"Katakan Putus" dianggap harus segera "pensiun" lantaran dinilai sudah terlalu sering menghadirkan template yang sama. Dimana setiap episode, acara ini selalu menghadirkan orang yang ingin putus dengan kekasihnya dan kebanyakan memberikan "gimmick" perselingkuhan.
2. "D'Academy Indosiar"
Sebenarnya secara ide tidak ada yang salah dari acara ini. Acara "D'Academy Indosiar" bahkan dibuat versi lainnya. Sayang, semua versi dari acara yang sering dipandu Rina Nose itu dihadirkan lebih dari sekali dalam setahun. Ini dinilai kurang tepat sehingga berpotensi membuat bosan.

3. "Take Me Out Indonesia"
Program yang awalnya dipandu oleh Choky Sitohang dan Yuanita Christiani itu kini ditayangkan kembali dan dipandu oleh Eko Patrio. Acara ini dinilai kurang masuk akal lantaran talent cewek yang hadir masih sangat muda.

4. "Survivor"
Acara reality show milik Ruben Onsu ini dianggap menghadirkan tayangan yang mengandung "gimmick". Template acara ini juga terkesan itu-itu saja. Seperti akhir acara yang akhirnya
berisi Ruben membantu warga sekitar.

5. "Diary Laudya Cynthia Bella"
Sesuai dengan judulnya, acara ini menghadirkan petualangan seru si cantik, Laudya Cynthia Bella. Malesbanget.com menuliskan jika acara ini terkesan membosankan, ditambah lagi Bella yang kurang menonjol sebagai pembawa acara.

6. "Janji Suci Raffi Nagita"
Program ini awalnya dibuat untuk menayangkan secara live pernikahan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina. Namun acara terus berlanjut hingga sekarang. Konten acara yang kadang menghadirkan kehidupan Raffi yang dianggap tidak penting membuat acara ini "dikandidatkan" sebagai acara yang harusnya "pensiun".

7. "Rumah Mama Amy"
Ini merupakan acara perdana milik ibunda Raffi Ahmad, Amy Qanita. "Rumah Mama Amy" awalnya adalah acara khusus bulan Ramadhan kemudian dilanjutkan hingga sekarang. Acara ini dinilai lebih menghadirkan drama keluarga Raffi yang terkesan dibuat-buat.

8. "Tukang Bubur Naik Haji"
Yang terakhir adalah sinetron "Tukang Bubur Naik Haji". Perdana tayang tahun 2012 lalu, sinetron Citra Kirana ini sekarang sudah menyentuh lebih dari 2000 episode. Sudah ditinggalkan oleh pemeran utama, sinetron besutan SinemArt ini sekarang dinilai menghadirkan cerita yang terlalu melenceng dari konsep awal. Tak heran jika acara ini juga dianggap seharusnya sudah dibungkus.
Menanggapi 8 acara televisi yang dianggap seharusnya "pensiun" ini, sejumlah netter di Instagram mengungkap pendapatnya. Lewat akun gosip neng_jepret, sejumlah netter setuju jika "Tukang Bubur Naik Haji" dan kawan-kawan segera "pensiun".

"Bener banget," seru pemilik akun ***haaitt***. "Bubarin aja ni acara, udah lah gak mendidik malah bikin tambah byk alay," seru yang lain. Meski begitu masih ada yang ingin acara televisi khususnya "Tukang Bubur Naik Haji" tetap ditayangkan. "Suka tbnh. Ini sinetron yg menurut ane mewakili masyarakat urban yg real neng. Pemain makin banyak tp cerita jg berkembang. Dan menurut ane porsinya ga ada yg bener2 lebay ky sinetron kebanyakan. Marah benci jahat bisa twisting ke semua org," ujar pemilik akun **utia***. (wk/mb/SN)

Asalasah | Sumber: http://www.suaranetizen.com/2017/01/inilah-8-acara-tv-yang-dinilai-netizen.html
Read More

Hati-hati! Ternyata Patah Hati Bisa Bikin Meninggal

Asalasah ~ Patah hati adalah suatu istilah umum yang sering digunakan untuk menjelaskan keadaan emosional atau penderitaan mendalam yang dirasakan seseorang setelah kehilangan orang yang dicintai, melalui kematian, perceraian, putus hubungan, terpisah secara fisik atau penolakan cinta.
Dalam berbagai cerita fiksi, tokoh utama meninggal setelah mengalami kehilangan yang luar biasa. Namun bahkan dalam dunia nyata, seseorang bisa meninggal akibat patah hati. Sindrom patah hati umumnya dianggap sebagai akibat kematian seseorang yang pasangan hidupnya sudah duluan meninggal, namun penyebabnya tidak selalu jelas. Kondisi ini bisa dipicu oleh tekanan emosional mendadak akibat putus hubungan traumatik atau kematian orang yang dicintai. 
Sindrom patah hati secara klinis berbeda dengan serangan jantung, karena pasien memiliki sedikit faktor risiko yang mendorong penyakit jantung dan sebelumnya sehat sebelum pelemahan otot-otot jantung. Tingkat kesembuhan para penderita "sindrom patah hati" lebih cepat daripada penderita serangan jantung dan kesembuhan penuh pada jantung bisa tercapai dalam waktu dua minggu.
Hati remuk karena ditinggal orang yang dicintai? Patah hati bisa berujung pada kematian. Penelitian menunjukkan, seseorang yang ditinggal pasangan bisa mengalami gangguan atrial fibrilasi (AF) ataupun sindrom Takotsubo.
1. Risiko stroke dan kematian
Ilustrasi
Dalam dua dekade terakhir, atrial fibrilasi (AF) atau denyut jantung tidak teratur, menjadi penyebab peningkatan risiko stroke dan kematian. Di Amerika Serikat, prevalensi AF diprediksi meningkat dari 5.2 juta pasien pada tahun 2010 menjadi 12.1 juta kasus pada tahun 2030.
2. Faktor lain yang memicu
Ilustrasi
Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan jurnal online Open Heart, tim peneliti Denmark berbasis di Aarhus University melaporkan temuan hubungan kematian pasangan dengan peningkatan resiko atrial fibrilasi. Pemicu lainnya, bisa saja dari penyakit lain, kelelahan, alkohol, kafein dan stres emosional.
3. Satu bulan setelah berkabung
Ilustrasi
Penelitian ini menyelidiki catatan rumah sakit di Denmark, antara tahun 1995.-2014, ditemukan lebih dari 80 ribu pasien mengidap sindrom ini. Hasil penelitian menunjukkan, mulai dari 1 hingga 30 hari setelah kematian pasangan, risiko terkena AF bisa meningkat hingga 41% lebih tinggi dari rata-rata. Risiko tertinggi muncul 8-14 hari setelah pasangan pergi (90% lebih tinggi dari rata-rata).
4. Lebih beresiko pada usia bawah 60 tahun
Ilustrasi
Risiko ini lebih tinggi di antara orang-orang di bawah usia 60 dan di antara mereka yang pasangannya meninggal tak terduga. Dalam penelitian ini, gangguan jantung atau hormon stres pasien dipantau sejak pasien masuk rumah sakit.
5. Mendukung temuan di Jepang
Ilustrasi
Temuan ilmiah selama 25 tahun terakhir ini tampaknya mendukung penelitian “broken heart syndrome" sebelumnya, yang juga dikenal sebagai kardiomiopati akibat stres atau Takotsubo cardiomyopathy. Pertama kali gejala ini diteliti tahun 1990 di Jepang dan baru-baru ini secara global diakui sebagai kondisi medis yang nyata.
6. Gejala sindrom patah hati
Ilustrasi
Takotsubo cardiomyopathy terjadi tiba-tiba dan tak terduga, bahkan bisa menimpa orang yang tadinya sehat). Gejalanya termasuk nyeri dada dan sesak napas. Gejala ini menyerupai serangan jantung tetapi tidak terjadi pemblokiran pembuluh darah jantung. Sindrom Takotsubo menyumbang sekitar 2-5% dari kasus serangan jantung.
7. Perempuan di atas 50 tahun lebih beresiko
Ilustrasi
Jumlah penderita Takotsubo cardiomyopathy lebih tinggi menimpa perempuan di atas usia 50 tahun. Takotsubo cardiomyopathy biasanya dipicu oleh peristiwa stres emosional atau fisik seperti berkabung atau bencana besar seperti gempa bumi.
8. Melemahkan fungsi jantung
Ilustrasi
Mekanisme yang tepat mengarah ke Takotsubo cardiomyopathy tidak diketahui tetapi beberapa bukti menunjukkan pelepasan berlebihan hormon stres, seperti adrenalin, bertindak sebagai pemicu awal yang menyebabkan melemahnya otot jantung. Gangguan jantung bisa berakibat sangat berbahaya.

Asalasah | Sumber: http://www.catatansandk.com/2017/01/astaga-ternyata-patah-hati-bisa-membunuhmu.html
Read More

Harta Melimpah Orang Jepang Ini Hilang Dalam Sehari! Ini Ceritanya

 Post settings Labels kisah, Ekonomi, Jepang Schedule  Permalink http://www.asalasah.com/2017/01/harta-melimpah-orang-jepang-ini-hilang.html
Asalasah ~ Seorang miliarder asal negri matahari terbit Jepang, Tadashi Yanai, kehilangan harta kekayaan nya senilai US$1,4 miliar atau setara dengan Rp 18,66 triliun. dan anehnya pria ini kehilangan harta kekyaannya tersebut hanya dalam waktu sehari!

Dilansir dari laman Next Shark, pada Minggu 15 Januari 2017, harta kekayaan yang senilai Rp 18,66 triliun ini ludes ketika line clothing miliknya, Uniqlo, melaporkan penurunan penjualan selama bulan Desember 2016.

Saham Uniqlo pun terjun bebas sebesar 6,7 persen. Penurunan saham ini merupakan yang terbesar pada 2017 ini. Akibat kehilangan harta kekayaannya tersebut, posisi Yanai pun terlempar 6 tingkat ke peringkat 44 dalam daftar Bloomberg’s Billionaires Index.

Perusahaan Uniqlo Jepang menyalahkan Faktor cuaca yang hangat yang tidak lazim untuk membuat mereka rugi untuk bisnis pakaian musim dingin ini. Dan akibatnya penjualannya pun turun sebesar 5 persen.

Meskipun demikian, Yanai tetap saja sebagai orang terkaya di negara Jepang. Dia masih mengantongi harta yang sangat banyak. Nilainya mencapai US$17,2 miliar atau setara dengan Rp229,24 triliun.
Sekadar informasi saja, selain memiliki Uniqlo, Yanai juga merupakan ketua, presiden, dan CEO Fast Retailing, anak usaha Uniqlo. Perusahaan distro pakaian ini pertama kali dibuka di kota Hiroshima, Jepang, pada tahun 1984, Lalu, pada tanggal 31 Desember 2016, Uniqlo mempunya sebanyak 841 toko distro di Jepang.

Asalasah | Sumber: https://www.indobaca.com/trending/4881-aneh-harta-kekayaan-orang-jepang-ini-hilang-dalam-sehari-ko-bisa-ini-alasannya.html
Read More

Presiden Jokowi dinobatkan sebagai pemimpin terbaik Se-Asia-Australia

Asalasah ~ Data berikut ini sangat membanggakan rakyat Indonesia, karena presiden negara Indonesia Joko Widodo (Jokowi) dinobatkan sebagai pemimpin terbaik atau paling unggul di antara para pemimpin Asia-Australia pada tahun 2016 versi Bloomberg . Jokowi menjadi satu-satunya pemimpin negara yang memiliki performa positif dalam seluruh aspek yang dinilai.
http://www.asalasah.com/2017/01/presiden-jokowi-dinobatkan-sebagai.html


Seperti dilansir Antara, Sabtu (31/12/2016), Bloomberg merilis laporan berjudul Who’s Had the Worst Year? How Asian Leaders Fared in 2016. Ada 3 aspek yang dinilai dan Jokowi memiliki nilai positif di ketiganya yaitu menaikkan kekuatan nilai tukar (2,41 persen), menjaga pertumbuhan ekonomi tetap positif (5,02 persen skala tahun ke tahun) dan memiliki tingkat penerimaan publik yang tinggi (69 persen).

Dibandingkan Jokowi, rapor pemimpin lain di Asia-Australia justru jeblok. Presiden Filipina, Rodrigo Duterte, dan Perdana Menteri Malaysia, Najib Razak, punya rapor merah dalam hal kekuatan nilai tukar. Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, dinilai menurun di aspek pertumbuhan ekonomi serta penerimaan publik sementara nilai tukar China di kepemimpinan Xi Jinping juga dinilai menurun.

Berbanding terbalik dengan Jokowi, Presiden Korea Selatan Park Geun-Hye memiliki catatan merah untuk semua aspek. Nilai tukar Won menurun sebesar 2 persen dan pertumbuhan ekonomi yang hanya di angka 2,87 persen, Geun Hye juga memiliki reputasi tingkat penerimaan publik atas dirinya hanya sebesar 4 persen yang menyebabkan dirinya dipaksa untuk mengundurkan diri.

Dari laporan Bloomberg, rapor cemerlang Presiden Jokowi tak lepas dari kepemimpinan serta kepiawaiannya berpolitik hingga bisa mengendalikan dua per tiga kursi di parlemen. Kesuksesan program tax amnesty juga membuat biaya pembangunan infrastruktur bisa ditanggung.

Dari keseluruhan pemimpin yang dinilai oleh Bloomberg, yaitu delapan pemimpin negara, Jokowi satu-satunya pemimpin dunia yang memiliki semua indikator positif untuk tiga kategori yaitu fluktuasi kurs, pertumbuhan ekonomi dan rating penerimaan publik.

Sementara itu, penerimaan publik paling tinggi dimiliki oleh Presiden Filipina Rodrigo Duterte dengan rating 83 persen, ia juga mendapatkan nilai 7,1 persen dalam upaya menjaga pertumbuhan ekonomi, namun dalam nilai tukar mata uang Peso menurun drastis 5,29 persen atau mendapat rapor merah.

Pertukaran nilai mata uang paling rendah dimiliki oleh Presiden Tiongkok Xi Jinping yang menurut data telah turun sebesar minus 6,63 persen, paling rendah di antara yang lain.

Kedelapan pemimpin tersebut yang didata oleh Bloomberg adalah Presiden Tiongkok Xi Jinping, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, Perdana Menteri India Narendra Modi, Presiden Korea Selatan Park Geun-Hye, Pres

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: https://www.indobaca.com/berita-politik/3880-hebat-jokowi-pemimpin-terbaik-se-asia-dan-australia-2016-versi-bloomberg.html
Read More

Bocah Ini Nangis Histeris Saat Pak Jokowi Menelepon Dirinya

Asalasah ~ Bapak Jokowi punya banyak cara untuk menghibur rakyatnya. Salah satunya dengan menelepon orang tersebut. Itulah yang Jokowi lakukan untuk menyenangkan Neisha, bocah kecil asal Tomohon, Sulawesi Utara, yang menangis karena tidak bisa bertemu dengannya saat dia berkunjung ke daerah itu Selasa, 27 Desember 2016.


Video Neisha yang menangis histeris itu menjadi viral di media sosial. Belakangan muncul video yang “menjawab” permintaan Neisha itu, yakni video Presiden Jokowi menelepon Neisha. Video yang diunggah putra Jokowi, Kaesang Pangarep itu, sudah ditonton lebih dari 863 ribu orang.

Tangis Neisha yang diunggah oleh sang ibu, Nova Rampengan, ke Facebook-nya itu rupanya menjadi perhatian putra-putri Jokowi, Kaesang dan Kahiyang Ayu. Lewat Instagram. Kahiyang bertanya tentang nama gadis kecil tersebut dan nomor teleponnya.
“Ada yg kenal dgn adek kecil ini ngga yaa ? Tolong DM donkkk.. *maafkan foto yg blur*,” begitu Kahiyang menulis, Kamis lalu. Pesan Kahiyang ini ternyata sampai ke ibu Neisha. Dia pun memberikan nomor teleponnya.
Kisah selanjutnya bisa ditebak, pada Sabtu lalu, Kahiyang menelepon Neisha dan menghubungkannya dengan ayahnya, Jokowi. Percakapan antara Jokowi dan Neisha diunggah ke akun YouTube putra bungsu Jokowi, Kaesang Pangarep.

Neisha dalam percakapan itu terdengar sangat gembira bisa bercakap-cakap dengan Presiden Jokowi.

“Halo Neisha selamat malam. Kemarin nangis ya?” ujar Jokowi.
“Ya,” kata Neisha.
“Kenapa nangis?” ujar Jokowi lagi.
“Mau ketemu… Bapak Presiden,” kata Nesiha.
“Iya kemarin saya lihat itu nangis-nya,” kata Jokowi sambil tersenyum..
“Jangan nangis lagi ya, belajar yang baik,” ujar Jokowi mengakhiri percakapannya.
Baca Juga :
Asalasah | Sumber: https://www.indobaca.com/trending/3960-video-bocah-menangis-histeris-saat-di-telpon-jokowi-jadi-viral-di-sosmed.html
Read More