4 Penyakit Yang Muncul Akibat Stress

Asalasah ~ Stres mental dapat mempengaruhi kondisi fisik, mental dan emosional seseorang. Itulah sebabnya kita akan belajar  beberapa jenis penyakit yang disebabkan stres pada diri seseorang.

Definisi stres adalah kondisi ketegangan yang bisa mempengaruhi emosi, proses berpikir dan kondisi pribadi seseorang. Stres yang terlalu besar bisa mengancam kemampuan seseorang untuk mengatasi keadaan sosial. Dan ini juga bisa mempengaruhi kondisi kesehatan seseorang. Itulah yang dimaksud dengan stres itu sendiri.
Ada beberapa penyakit akibat stres dan juga beberapa jenis masalah kesehatan yang disebabkan oleh stres baik stres akut maupun stres berkepanjangan.

Berikut adalah berbagai penyakit dan masalah kesehatan yang disebabkan oleh stres mental yang bisa terjadi:

1. Penyakit Jantung
Kita tahu bahwa stres akan meningkatkan hormon tubuh yang disebut "adrenalin" ke dalam pembuluh darah kita. Hormon ini beserta beberapa hormon lainnya akan menyebabkan beberapa perubahan dalam tubuh kita sebagai persiapan untuk melindungi kita. Di antara perubahan ini adalah denyut jantung akan meningkat dan tekanan darah akan meningkat.

Bila ini dibiarkan, bisa jadi buruk bagi kesehatan jantung kita serta kesehatan pembuluh darah juga. Stres juga akan meningkatkan tekanan darah sekaligus memfasilitasi proses pembekuan darah.

Inilah semua perubahan yang bisa menyebabkan serangan jantung (penyakit jantung koroner). (Health Education Associates, 1996; Stress and Heart Disease).

2. Obesitas (Obesitas)
Banyak orang berada di bawah tekanan berat, tindakan yang mereka lakukan, atau mekanisme penanganannya terhadap stres banyak yang harus mereka makan. Dan yang lebih berbahaya adalah saat makan ini banyak mengkonsumsi makanan yang tidak sehat.

Terlalu banyak makanan junk food, garam tinggi dan gula pasir atau minuman beraroma rasa dan rasa tahan lama dalam jangka panjang dapat menyebabkan kelebihan berat badan atau obesitas.

Selain itu, juga akan memiliki efek buruk lainnya dari akumulasi kolesterol jahat di tubuh dan banyak lagi penyakit yang dapat disebabkan oleh obesitas dan kolesterol jahat ini.

3. Depresi
Depresi adalah kelainan alami dari perasaan berat dan dimanifestasikan oleh terganggunya fungsi sosial dan fungsi fisik yang hebat, panjang dan terus-menerus pada individu yang bersangkutan.

Depresi adalah sejenis komponen emosional atau psikologis yang disertai dengan masalah psikologis seperti kesulitan, depresi, kesedihan, keputusasaan dan ketidakbahagiaan, serta komponen somatik seperti anoreksia, konstipasi, kulit kusam (perasaan dingin), tekanan darah dan denyut nadi sedikit menurun. .

Inilah yang dimaksud dengan definisi depresi. Dan ini juga termasuk dalam penyakit yang disebabkan oleh stres juga.

Maka gangguan yang disebabkan oleh depresi dan stres seperti tersebut di atas akan bisa mengganggu kesehatan seseorang. baik secara fisik maupun mental. Jika tidak diobati, depresi akan mempengaruhi kondisi fisik tubuh, gangguan kesehatan mental akut bahkan sampai risiko kematian.

4. Tubuh Mudah Terkena Sakit
Beberapa ilmuwan yang telah meneliti hubungan stres dengan penyakit ini juga menemukan bahwa stres akut dapat mengurangi sistem kekebalan tubuh. Beberapa studi kasus menunjukkan bahwa beberapa hormon stres yang mengekskresikan tubuh saat beban berlebih datang, hal ini dapat mempengaruhi kemampuan kelenjar timus untuk merangsang dan mengatur aktivitas leukosit (sel darah putih).

Gangguan aktivitas sel darah putih ini adalah bisa menurunkan kekebalan tubuh dan sistem kekebalan tubuh akan menurun. Kita tahu bahwa salah satu fungsi leukosit ini adalah untuk melawan berbagai jenis virus bakteri yang masuk ke dalam tubuh.

Bila terganggu maka tubuh akan lebih rentan terhadap berbagai jenis penyakit yang berkaitan dengan imunitas tubuh sendiri.

Dengan demikian beberapa penyakit dan masalah kesehatan itu bisa disebabkan dan disebabkan oleh stressor pada seseorang yang tidak baik. Jadi kita juga harus tahu bagaimana mengantisipasi dan mengatur stres dengan benar.

Dan juga perlu untuk memahami dan memahami tip dan tip tentang bagaimana mengatasi stres dengan baik.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://cardiacku.blogspot.my/2013/06/Penyakit-Akibat-Stress.html