SALAH KAPRAH TENTANG POLIGAMI.

Asalasah*SALAH KAPRAH TENTANG POLIGAMI.*

1. Banyak org bilang bahwa poligami itu merebut suami orang.
Ralat :
*Yang benar adalah poligami itu memiliki suami secara bersama-sama yang sah menurut syariat agama Islam. Kalau direbut berarti istri lama tidak memiliki hak lagi alias dicerai. Kalau ada yg dicerai berarti tidak terjadi poligami tetapi monogami.*

2. Banyak org bilang bahwa poligami itu harus diizini istri tua.
Ralat :
*Poligami itu tidak perlu izin kepada istri, ketika Rasulullah menikahi wanita Yahudi cantik bernama Shafiyyah binti Huyay al Akhtab. Rasulullah memberitahu Aisyah bahwa beliau menikah dgn Shafiyyah. Ini membuat Aisyah cemburu sekali dan mengatakan: "Ia seorang wanita Yahudi." Dan dijawab oleh Rasulullah: "Janganlah engkau berkata seperti itu, karena ia telah masuk Islam, dan baik pula keIslamannya."*

3. Banyak org bilang bahwa poligami berdosa karena menyakiti perasaan wanita (membuat cemburu).
Ralat :
*Poligami itu suami menggunakan haknya, cuma kdg istri iri, (bukn salahnya org yg menggunakn hak tp salahnya org yg iri). Poligami menguji keikhlasan dan keridloan wanita trhdp ketentuan Allah. Semakin ikhlas maka semakin banyak pahala. Semakin tidak ikhlas apalagi diwujudkan dlm bentuk kemarahan dan perbuatan anarkis maka semakin bertambah dosa. Kalau masalah cemburu, istri Rasulullah dan istri2 Sahabat Rasulullah yg berpoligami kdg juga cemburu satu sama lain. Tetapi ini tidak berarti bahwa Rasulullah dan para Sahabat menyakiti perasaan istri2nya. Kalau diartikan bahwa cemburu itu menyakiti perasaan istri, maka tidak mungkin Rasulullah dan para Sahabatnya dijamin masuk surga oleh Allah. Cemburu adalah wujud tanda cinta istri kepada suami bukan wujud perlakuan suami menyakiti hati istri.*

4. Banyak manusia yang bilang bahwa pelaku poligami jaman sekarang tidak bisa berbuat adil seperti jaman Nabi.
Ralat :
*Yang benar adalah bahwa berbuat adil itu bisa dilakukan oleh siapapun, kapanpun dan di manapun tidak dibatasi oleh jaman. Jika umat Muhamad tidak bisa berbuat adil dlm poligami maka poligami akan dilarang scr mutlak. Al Quran berlaku sepanjang masa termasuk ayat diperbolehkannya poligami.*

5. Banyak manusia yang bilang bahwa istri pertama harus diperlakukan lebih istimewa dibanding istri kedua, ketiga atau keempat.
Ralat :
*Perlakuan seperti itu adalah adat jaman jahiliyyah. Setelah Islam datang maka semua adat itu dikoreksi total oleh Islam. Setelah sah secara syariat menjadi istri maka semua istri (R1, R2, R3, R4) mempunyai kedudukan, hak dan kewajiban yg sama terhadap suami.*

6. Banyak manusia bilang, poligami mengambil hak istri tua. Ralat: *Dlm poligami suami mengambil/memanfaatkn kuota/haknya sendiri, istri ke 2, 3, dan 4 juga memenfaatkn haknya sendiri pula. Istri pertama jika menghalangi, mencegah suami atau istri 2, 3 dan 4 itulah orang yg menghalangi hak 4 orng tsb.*

7. Banyak manusia bilang, zaman sekarang poligami hanya menuruti hawa nafsu. Ralat: *Berpoligami itu mengendalikan hawa nafsu dr perbuatan haram/tercela dan berdosa agar menjadi perbuatan halal/terpuji dan berpahala.*

8. Banyak org bilang, kl mau berpoligami ala Rosulillah, carilah org janda yg tidak laku. Ralat: *Rasulullah tidak menganjurkan memilih janda, justru menganjurkan memilih gadis, yg cocok dg selera sehingga dipdrbolehkn melihat calon istri terlebih dulu.*

9. Bnyk org bilang, poligami hanya bikin masalah. Ralat: *Poligami mengatasi masalah suami agar lbh bs mengendalikan pandangan dan farji, dan mengatasi masalah wanita yg membutuhkan pengayoman, pengawasan, pendidikan, nafaqah, dsb.*

*CATATAN ;*
*- Untuk tambah pengetahuan*
*- Bukan bahan perdebatan*

๐Ÿ“šcopypaste
By.Syifa_Azzahra

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: 
Read More

10 Manfaat Mengkonsumsi Biji Semangka Bikin Yang Jarang Diketahui

AsalasahBila sobat asalasah makan buah semangka, jangan buang bijinya ya. Pasalnya, biji semangka memiliki nilai gizi tinggi.

Para ahli menyarankan agar mengonsumsi biji semangka karena bermanfaat bagi kesehatan.

Semangka adalah buah yang menyegarkan dengan biji bergizi, kaya nutrisi dan antioksidan. Kandungan gizi biji semangka meliputi asam amino, protein, vitamin B, niasin, magnesium, seng, tembaga, potasium, mangan, besi dan tembaga.

Biji semangka juga mengandung lemak sehat yaitu asam lemak omega 3 dan asam lemak omega 6.

Tidak hanya biji semangka yang baik untuk kesehatan, minyak yang diekstrak dari biji ini juga menghasilkan keajaiban bagi kulit dan rambut Anda.

10 Manfaat Mengkonsumsi Biji Semangka Bikin Yang Jarang Diketahui


1. Kesehatan jantung
Biji semangka mengandung magnesium, mineral penting yang berkontribusi terhadap kesehatan jantung. Mengonsumsi biji semangka akan membantu mengatur tekanan darah dan fungsi jantung agar normal. Biji semangka  juga mengandung antioksidan dan anti-inflamasi.

2. Meningkatkan kesuburan pria
Biji semangka mengandung seng, mineral penting yang bermanfaat untuk sistem reproduksi pria. Ini bisa meningkatkan kualitas sperma pada pria yang tidak subur. Biji semangka juga mengandung mangan yang juga berkontribusi terhadap kesuburan pria.

3. Memperkuat sistem kekebalan
Biji semangka mengandung zat besi dan vitamin B yang memperkuat sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Mulailah menambahkan biji semangka dalam makanan Anda untuk memperkuat kekebalan tubuh.

4. Obat Diabetes
Biji semangka dianggap antidiabetes yang memiliki efek positif pada akumulasi glikogen yang tersimpan. Jurnal Internasional Ilmu Pengetahuan Dasar dan Terapan menyebut bahwa benih tersebut dapat mencegah diabetes tipe 2 juga.

5. Meningkatkan pencernaan

Biji semangka mengandung magnesium yang mengaktifkan enzim dalam tubuh untuk membantu dalam menyerap nutrisi. Ini bisa membuat pencernaan yang lebih baik dan dapat mencegah pembentukan asam lambung.

6. Kesehatan kulit

Biji semangka meningkatkan tekstur kulit dan penampilan secara keseluruhan. Biji semangka mengandung magnesium yang menurunkan kadar kortisol, menyeimbangkan hormon dan memperbaiki proses seluler. Ini juga membantu mencegah keriput dan bertindak sebagai perisai dari radikal bebas.

7. Kesehatan otak

Magnesium terdapat pada biji semangka yang bermanfaat membantu meningkatkan daya ingat, dan juga meningkatkan kesehatan otak. Sebuah studi di Amerika mencatat bahwa magnesium dapat mempercepat fungsi memori dan dapat mengobati penyakit Alzheimer.

8. Pertumbuhan dan perkembangan

Biji semangka mengandung arginin dalam jumlah tinggi, yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung koroner. Asam amino dan protein yang ada dalam biji semangka membantu mempertahankan pertumbuhan dan perkembangan normal.

9. Mencegah osteoporosis

Biji semangka kaya mineral penting yang membantu memperkuat tulang dan meningkatkan kepadatan tulang. Mengonsumsi biji semangka akan mencegah osteoporosis dan akan membuat Anda tetap kuat seiring bertambahnya usia.

10. Menurunkan kolesterol jahat

Biji semangka kaya serat dan asam lemak yang membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL). Kolesterol jahat meningkatkan penyakit jantung, menghalangi arteri yang menyebabkan serangan jantung dan stroke. Mengonsumsi biji akan meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat.


Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://lifestyle.bisnis.com/read/20180222/106/741654/biji-semangka-bikin-pria-subur-dan-otak-encer
Read More

Parah, Baru Dipakai 2 Bulan, Jembatan Penghubung Semarang-Demak Putus

AsalasahTerbukanya akses dusun terluar Kabupaten Semarang dengan selesainya pembangunan jembatan Sunut di Dusun Sapen hanya berumur dua bulan. Infrasruktur penghubung Kabupaten Semarang dengan Kabupaten Demak ini kembali terputus, setelah diterjang derasnya Sungai Jragung, Kamis (22/2) sekitar pukul 04.00 WIB.

Jembatan sepanjang 72 meter ini baru selesai dibangun pada akhir Desember 2017 lalu dan baru efektif dimanfaatkan warga Dusun Sapen dan Dusun Borangan, Desa Candirejo, Kecamatan Pringapus, Kabupaten Semarang, awal tahun 2018 ini.

Akibatnya, dua dusun terluar di wilayah Kabupaten Semarang tersebut kembali terisolir. Satu dari lima bentangan jembatan ini ambrol akibat salah satu lereng oprit jembatan ini tererosi air.

"Dalam beberapa pekan terakhir, curah hujan memang cukup tinggi dan mengakibatkan debit air sungai Jragung meningkat tajam," kata Kepala Desa (Kades) Candirejo, Haryoto.

Sehingga, jelasnya, satu dari lima bentangan jembatan Sunut ini terputus dan tidak bisa dilalui. Karena satu bentang jembatan sepanjang sekitar 15 metertersebut ambrol.

Ia juga menyebutkan, terputusnya jembatan Sunut ini bukan karena kualitas bangunannya yang buruk. Namun lonjakan debit air mengakibatkan arus sungai Jragung ini menjadi luar biasa deras.

Ia juga mengungkapkan, jembatan ini merupakan satu- satunya infrastruktur warga yang menghubungkan dengan daerah luar, khususnya wilayah Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak. Karena akses langsung dari Dusun Sapendan Dusun Borangan ke Kecamatan Pringapus hingga saat ini belum ada. Sehingga jembatan ini menjadi satu- satunya infrastruktur untuk mengangkut hasil pertanian dan aktivitas warga.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Semarang, Totit Oktoriyanto mengungkapkan Pemkab Semarang akan segera mengirimkan surat ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Semarang akan meminta kementerian tersebut membantu meluruskan aliran sungai yang mengalir di bawah jembatan Sunut tersebut.

"Itu karena aliran sungai di lokasi jembatan berbelok dan sisi luar dari belokan sungai tersebut selalu tergerusair dan mengakibatkan badan sungai terus melebar, hingga akhirnya menggerus dinding oprit," katanya.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://www.republika.co.id/berita/nasional/daerah/18/02/22/p4jlsa368-baru-2-bulan-jembatan-penghubung-semarangdemak-putus
Read More

4 Jenis Sariawan di Mulut, Yang mana Punyamu?

AsalasahBadan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah membekukan izin edar Albothyl dalam bentuk cairan obat luar konsentrat.

Pembekuan izin ini terkait dengan 38 laporan dari profesional kesehatan yang menerima pasien dengan keluhan efek samping obat Albothyl untuk pengobatan sariawan selama 2 tahun terakhir. Albothyl memang telah lama dikenal sebagai pengobatan untuk sariawan.Tetapi, tahukah Anda jika penyebab sariawan berbeda-beda sehingga penanganannya pun akan berbeda? Berikut adalah 4 jenis sariawan dan penyebabnya:

4 Jenis Sariawan


1. Sariawan Iritasi
Sariawan yang terjadi karena cedera akibat benturan, trauma, atau iritasi pada mulut, seperti tergigit atau benturan dengan sikat gigi. Iritasi tersebut menyebabkan kerusakan pada mukosa atau selaput lendir, sehingga menimbulkan sariawan.

2. Stomatitis Herpetic atau Cold Sore
Sariawan ini disebabkan oleh infeksi virus herpes. Ciri-cirinya, sariawan berkelompok pada bibir bagian dalam, sedangkan herpes pada kulit sekitar bibir berisi cairan yang lama-kelamaan berkerak. Kemunculannya biasanya didahului dengan rasa kesemutan, nyeri, atau pedih panas seperti terbakar.

3. Moniliasis atau Oral Trush
Sariawan ini disebabkan oleh jamur Candida albicans yang menginfeksi lidah atau pipi bagian dalam. Serangannya menyebabkan lesi berwarna putih krem yang menyakitkan dan dapat berdarah sedikit ketika lesi dikeruk. Dalam kondisi buruk, serangannya dapat menyebar ke langit-langit mulut, gusi, amandel (tonsil), atau bagian bawah kerongkongan dan esofagus.

4. Stomatitis Aphthous
Sariawan ini biasanya terjadi di bagian lidah, bibir, serta pipi bagian dalam dan disebut juga ulkus aphthous. Sariawan tersebut ditandai dengan pusat luka berwarna pucat atau kuning, dengan pinggiran luar luka berwarna kemerahan. Selama mengalaminya, badan kerap terasa panas dingin.

Stomatitis aphthous merupakan jenis sariawan yang paling umum terjadi di masyarakat dan penyebabnya pun bermacam-macam. Dari infeksi virus; terlampau banyak mengkonsumsi kopi, cokelat, keju; kurang tidur; mengkonsumsi obat-obatan tertentu; hingga stres.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: http://lifestyle.bisnis.com/read/20180222/106/741719/ini-4-jenis-sariawan-yang-mengancam-mulut-anda
Read More

Bobroknya KUALITAS PENDIDIKAN DI INDONESIA, Anak Indonesia Tidak Tau Betapa Bodohnya Ia

AsalasahAda 3 artikel bagus yg ditulis oleh Elizabeth Pisani tentang kualitas pendidikan di Indonesia. Pisani adalah jurnalis Reuters yg banyak menulis tentang Indonesia. Salah satu bukunya, 'Indonesia Etc', adalah buku bagus yg mendapat banyak pengakuan internasional (saya punya bukunya tapi baru baca 1 bab, hehe..).

Dari dulu saya tertarik banget dengan masalah pendidikan. Katanya, masa depan suatu bangsa sangat ditentukan oleh kualitas pendidikannya. Penjajah Belanda konon membiarkan rakyat Indonesia tetap bodoh, supaya lebih mudah dikendalikan. Orang yg bodoh lagi suka ribut antar sesama tidak akan sempat memikirkan cara2 untuk memperbaiki nasib atau menjadi lebih maju.


Back to topic. 
Dalam tulisannya, Pisani menyoroti prestasi anak2 Indonesia dalam tes PISA. PISA adalah tes yg diadakan OECD untuk menguji kemampuan anak2 usia 15 tahun di puluhan negara dalam bidang sains (science), matematika (math) dan membaca (reading). Tes ini diadakan 3 tahun sekali. Di 2 tes terakhir pada tahun 2012 dan 2015, Indonesia mendapat peringkat 60-an dari 70 negara di ketiga bidang yg diujikan. Jauh di bawah negara2 tetangga di ASEAN seperti Thailand, Malaysia, Vietnam, apalagi Singapura.

Contohnya: hasil tes 2015 menunjukkan, 55% anak Indonesia punya kemampuan sangat buruk di tes membaca. Semua soal tes PISA sudah diterjemahkan ke bahasa Indonesia loh padahal.. ๐Ÿ˜… Reading comprehension mereka ternyata sangat rendah. Mereka bisa membaca, namun mereka tidak mampu untuk menemukan ide utama dalam sebuah paragraf, memahami keterkaitan antar kalimat, maupun menemukan informasi yg tepat dalam paragraf (orang2 yg reading comprehensionnya rendah begini tuh yg jadi sasaran empuknya hoax. Hahaha..).

Hasil tes anak Indonesia yg jauh di bawah negara2 tetangga di ASEAN ini menunjukkan bahwa kualitas pendidikan di Indonesia masih sangat rendah. Konon ini juga menunjukkan bahwa anak Indonesia tidak punya basic skills yg kelak akan dibutuhkan di dunia kerja, seperti critical thinking atau problem solving capability. Kondisi ini tentu tidak menguntungkan bagi Indonesia di era MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN), dimana tenaga kerja bisa bekerja bebas lintas negara.

Sebenarnya memang aneh.. Saya banyak mendengar keluhan para ortu yg bilang bahwa beban studi anak2nya di sekolah sekarang amat berat. PR nya banyak, tugasnya susah2. Soal2 untuk anak SD kadang terlalu 'ajaib' saking susahnya. Anak SD aja sudah les mata pelajaran (jaman saya SD dulu mah isinya cuma senang2 hahaha..).

Lah sudah begitu lantas mengapa anak Indonesia hasil tesnya jauh di bawah negara2 tetangga di ASEAN? Sudah gak pintar, budi pekertinya tidak dapat dibanggakan pula.

Lantas apa gunanya segala beban studi yg berat itu?

Pisani mencoba menganalisis, mengapa kira2 kualitas pendidikan Indonesia sangat rendah. Berikut beberapa analisisnya:

1. Dana pendidikan di Indonesia sebenarnya sangat tinggi dianggarkan di APBN. Ortu2 juga keluar biaya besar untuk pendidikan. Tapi dana2 itu entah 'bocor' ke mana, karena kualitas pendidikan ya gitu2 aja. Universitas2 terbaik di Indonesia pun tidak bisa masuk top 100 Asian Universities.

2. Kualitas guru di Indonesia masih sangat rendah. Salah satu sebabnya, banyak orang sebenarnya tidak punya passion mengajar, namun menjadi guru hanya karena ingin menjadi PNS atau butuh pekerjaan. Di masa Soeharto, guru adalah birokrat dan bukan pendidik. Dan itu terbawa sampai sekarang.

3. Sudah kualitasnya rendah, banyak guru dan kepsek yg suka 'membolos', khususnya di daerah2 terpencil. Ada yg tidak muncul di sekolah hingga berbulan2! Padahal gaji jalan terus. Murid2 jadi terbengkalai. Kalaupun gurunya datang ke sekolah, murid2 hanya diberi tugas mengerjakan LKS karena gurunya malas mengajar.

4. Di Indonesia, tidak ada sistem yg memberi reward bagi guru yg kreatif dalam mengajar, mendorong siswanya untuk maju dan sanggup berpikir kritis, dan sebagainya. Sistem kepangkatan masih diutamakan pada lamanya bekerja / senioritas, dan bukan pada kemampuan sang guru.

5. Sejak era otonomi daerah, kualitas pendidikan malah makin hancur. Kepala sekolah kini dipilih oleh kepala daerah dengan sistem balas jasa. Kejadian nyata di suatu daerah, ada kepsek yg dipecat karena kebocoran uang sekolah dan berjudi. Ia kemudian bisa diangkat kembali jadi kepsek, hanya karena ia menjadi timses kepala daerah yg menang dalam pilkada! Kepsek2 juga kini rela melakukan apa saja demi menyenangkan kepala daerahnya.

6. Di Indonesia, segala sesuatu bisa dibeli, termasuk ijazah. Orang bersekolah/kuliah untuk dapat ijazah, bukan untuk belajar sesuatu. Karena itu kualitas jadi tidak penting, yg penting punya gelarnya.

7. Berdasarkan penelitian,di negara2 lain tutorial/les selaku berhasil membuat anak lebih pintar, namun hal itu tidak berlaku di Indonesia. Mungkin karena tipe les di Indonesia hanya mengajarkan tips/trik cara mengerjakan tes/ujian, dan bukan mengajari anak untuk benar2 bisa memecahkan masalah (kadang bahkan guru lesnya yg membikinkan PR anak lesnya. Hahaha).

8. Kurikulum 2013 yg sempat akan diberlakukan bahkan meniadakan mata pelajaran sains untuk memberikan waktu lebih bagi mata pelajaran agama, PKN dan matematika. Bayangkan apa jadinya kalau sains ditiadakan.

Masih panjang uraian Pisani di artikel2nya. Kalo tertarik, silahkan dibaca sendiri, hehe..

P.S: janganlah memandang tulisan2 Pisani ini sebagai bentuk hinaan (biarpun judulnya bikin kuping panas ๐Ÿ˜…), namun pandanglah sebagai kritik yg membangun.

Entah bagaimana caranya untuk bisa menciptakan pendidikan Indonesia yg lebih baik. Masalahnya terlalu kompleks. ๐Ÿ˜ฅ

Baca Juga :
Asalasah | Sumber:  http://www.insideindonesia.org/a-nation-of-dunces
http://indonesiaetc.com/apparently-42-of-young-indonesians-are-good-for-nothing/
http://indonesiaetc.com/indonesian-kids-dont-know-how-stupid-they-are/
Read More

Sakit Ketika Menarik Nafas, Gejala GERD kah ? Apa Solusinya?

Asalasah ~ siang dokter saya mau tanya... sudah beberapa hari dibawah payudara kanan saya sakit kalau menarik nafas panjang.. sakitnya sampai ke belakang rasanya tulang kaya patah gitu, apa benar itu indikasi penyakit gerd dan asam lambung?? apakah krgemukan jg berpengaruh trhadap penyakit itu?? bgaimna yg hrus sya lakukan dengan pola mkan saya agar cepat sembuh. mohon jawabannya dok. trims

Jawaban Dokter Atas pertanyaan pasien


Penyakit maag (peningkatan asam lambung) biasanya menyebabkan nyeri pada bagian ulu hati atau perut bagian kiri. Sedangkan keluhan penyakit GERD bisa dirasakan pada bagian dada karena melibatkan tenggorokan dan lambung. Penyakit asam lambung sering disebut juga penyakit maag (gastritis) adalah penyakit yang terjadi pada lambung dimana lapisan lambung mengalami peradangan. Peradangan yang terus menerus tersebut dapat menyebabkan lapisan lambung menjadi lebih tipis. Gejala-gejala yang dapat dirasakan panas pada ulu hati atau nyeri perut bagian kiri, mual, muntah, cepat merasa kenyang, serta dapat terjadi juga BAB hitam dan muntah darah.  Selain lambung serta tenggorokan, nyeri dibawah payudara kanan atau dada kanan juga dapat terkait permasalahan pada payudara, paru-paru, tulang, dan otot disekitar dada kanan.

Kondisi-kondisi yang mungkin terjadi pada Anda yakni :

1.      Mialgia
Mialgia merupakan kondisi dimana terjadi nyeri otot yang diakibatkan oleh aktivitas yang berlebihan yang menggunakan otot-otot disebelah dada kanan. Selain mengangkat beban yang terlalu berat, dapat juga disebabkan trauma.

2.      Pleuritis
Pleuritis merupakan penyakit dimana terjadi peradangan pada lapisan paru-paru. Pleuritis ini dapat disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, ataupun jamur. Gejala yang dirasakan yakni nyeri pada salah satu dada, batuk kering, serta demam.

3.      Hepatitis
Hepatitis adalah peradangan pada hati yang disebabkan infeksi virus, bakteri, atau hepatitis yang diakibatkan oleh obat-obatan. Ketika organ hati mengalami masalah maka dapat menyebabkan nyeri dada kanan, karena hati berdekatan dengan rongga dada kanan.

4.      GERD
GERD atau Gastroesophageal Reflux Disease merupakan penyakit yang terjadi akibat lemahnya otot yang membatasi antara lambung dan tenggorokan sehingga isi lambung dapat naik ke tenggorokan. Penderita GERD dapat merasakan rasa tidak enak di dada, nyeri pada daerah dada, rasa panas/terbakar di dada atau tenggorokan, nyeri pada ulu hati, serta mulut yang terasa pahit. GERD juga dapat merupakan penyebab terjadi nyeri dada kanan.

Untuk mengetahui kondisi kesehatan lebih lanjut pada Anda, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter atau dokter spesialis penyakit dalam. Dokter akan melakukan pemeriksaan berupa pemeriksaan berupa pertanyaa-pertanyaan, pemeriksaan fisik, serta pemeriksaan penunjang apabila dibutuhkan. Hal-hal yang sementara ini dapat Anda lakukan yakni beristirahat cukup, tidak mengangkat beban yang terlalu berat, tidak memakan makanan yang terlalu pedas atau asam, serta memakan makanan yang bergizi.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: tanyadokter
Read More