Sakit Ketika Menarik Nafas, Gejala GERD kah ? Apa Solusinya?

Asalasah ~ siang dokter saya mau tanya... sudah beberapa hari dibawah payudara kanan saya sakit kalau menarik nafas panjang.. sakitnya sampai ke belakang rasanya tulang kaya patah gitu, apa benar itu indikasi penyakit gerd dan asam lambung?? apakah krgemukan jg berpengaruh trhadap penyakit itu?? bgaimna yg hrus sya lakukan dengan pola mkan saya agar cepat sembuh. mohon jawabannya dok. trims

Jawaban Dokter Atas pertanyaan pasien


Penyakit maag (peningkatan asam lambung) biasanya menyebabkan nyeri pada bagian ulu hati atau perut bagian kiri. Sedangkan keluhan penyakit GERD bisa dirasakan pada bagian dada karena melibatkan tenggorokan dan lambung. Penyakit asam lambung sering disebut juga penyakit maag (gastritis) adalah penyakit yang terjadi pada lambung dimana lapisan lambung mengalami peradangan. Peradangan yang terus menerus tersebut dapat menyebabkan lapisan lambung menjadi lebih tipis. Gejala-gejala yang dapat dirasakan panas pada ulu hati atau nyeri perut bagian kiri, mual, muntah, cepat merasa kenyang, serta dapat terjadi juga BAB hitam dan muntah darah.  Selain lambung serta tenggorokan, nyeri dibawah payudara kanan atau dada kanan juga dapat terkait permasalahan pada payudara, paru-paru, tulang, dan otot disekitar dada kanan.

Kondisi-kondisi yang mungkin terjadi pada Anda yakni :

1.      Mialgia
Mialgia merupakan kondisi dimana terjadi nyeri otot yang diakibatkan oleh aktivitas yang berlebihan yang menggunakan otot-otot disebelah dada kanan. Selain mengangkat beban yang terlalu berat, dapat juga disebabkan trauma.

2.      Pleuritis
Pleuritis merupakan penyakit dimana terjadi peradangan pada lapisan paru-paru. Pleuritis ini dapat disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, ataupun jamur. Gejala yang dirasakan yakni nyeri pada salah satu dada, batuk kering, serta demam.

3.      Hepatitis
Hepatitis adalah peradangan pada hati yang disebabkan infeksi virus, bakteri, atau hepatitis yang diakibatkan oleh obat-obatan. Ketika organ hati mengalami masalah maka dapat menyebabkan nyeri dada kanan, karena hati berdekatan dengan rongga dada kanan.

4.      GERD
GERD atau Gastroesophageal Reflux Disease merupakan penyakit yang terjadi akibat lemahnya otot yang membatasi antara lambung dan tenggorokan sehingga isi lambung dapat naik ke tenggorokan. Penderita GERD dapat merasakan rasa tidak enak di dada, nyeri pada daerah dada, rasa panas/terbakar di dada atau tenggorokan, nyeri pada ulu hati, serta mulut yang terasa pahit. GERD juga dapat merupakan penyebab terjadi nyeri dada kanan.

Untuk mengetahui kondisi kesehatan lebih lanjut pada Anda, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter atau dokter spesialis penyakit dalam. Dokter akan melakukan pemeriksaan berupa pemeriksaan berupa pertanyaa-pertanyaan, pemeriksaan fisik, serta pemeriksaan penunjang apabila dibutuhkan. Hal-hal yang sementara ini dapat Anda lakukan yakni beristirahat cukup, tidak mengangkat beban yang terlalu berat, tidak memakan makanan yang terlalu pedas atau asam, serta memakan makanan yang bergizi.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: tanyadokter