6 Peregangan yang Bisa Kita Praktekkan Dengan Modal di Kursi

AsalasahBeberapa orang yang duduk terlalu lama dengan posisi punggung membungkuk dan kepala maju ke depan saat kerja, rentan terkena pembengkakan pada punggung bagian atas, pola pernapasan yang berubah, dan otot punggung serta bahu yang menjadi tegang. Karena itulah, peregangan sangat penting.

"Rata-rata, kebanyakan orang duduk selama delapan hingga sembilan jam setiap hari," kata Dr. Micaiah Meuer, senior chiropractor di Urbanrehab, Singapore.

Ketika Anda mengadopsi posisi yang sama untuk jangka waktu yang lama, sendi dan jaringan menciptakan semacam cetakan, yang membuat tubuh lebih sulit untuk mengatur posisi agar lebih baik. Karena itulah, memperbaiki postur sangat penting.

Dilansir dari Channel News Asia pada Jumat (6/4/2018), kepala manusia memiliki berat rata-rata sekitar 4,5 kilogram. Dengan memanjangkan kepala ke depan, Anda menambahkan 4,5 kg stres ke struktur leher.

Dengan meningkatnya penggunaan gawai, Calvin Goh, fisioterapis di MyPhysio mengatakan, membuat orang terbiasa membaca dengan menunduk secara berlebihan. Sehingga, leher menjadi kaku dan pergelangan tangan terasa nyeri.

Untuk itulah, Natalie Dau, pendiri dan CEO The Daily Escape membagikan enam peregangan sederhana yang bisa dilakukan, bahkan tanpa meninggalkan kursi Anda.

1. Leher

Rentangkan lengan ke langit-langit dan dorong ke atas sambil mengangkat punggung bagian atas. Ketika Anda melakukannya, miringkan kepala ke atas, lalu turunkan leher untuk meregangkan badan.

2. Peregangan Bahu

Tarik napas dalam-dalak sambil mengangkat bahu Anda ke arah telinga. Tahan selama tiga detik, hembuskan perlahan hingga kembali ke posisi semula. Ulangi hingga 10 kali.

3. Punggung Atas dan Tengah

Duduk tegak dan lilitkan tangan Anda seperti memeluk diri sendiri. Letakkan tangan kiri di bahu kanan, dan tangan kanan di bahu kiri.

Tahan peregangan ini selama 30 detik sambil menarik napas dalam beberapa kali. Untuk meningkatkan intensitasnya, tekutu tubuh ke depan sambil menjaga punggung tetap lurus. Setelah itu, lepaskan lengan Anda secara perlahan.

4. Punggung Bawah

Angkat satu lutut ke arah dada, dan tahan bagian belakang paha dengan tangan. Gerakkan jari-jari kaki ke atas dan lakukan ini selama 30 detik. Turunkan kaki perlahan dan ulangi proses ini dengan kaki yang lain.

5. Peregangan Pinggul

Duduklah di tepi kursi Anda. Luruskan punggung sebelum memutar badan sedikit ke kiri. Tekuk kaki kiri ke dalam dan rentangkan sejauh mungkin ke belakang Anda.

Tekan pinggul kanan Anda ke lantai. Rasakan peregangan yang bagus di pinggul kanan. Tahan posisi ini selama 30 detik dan luruskan kaki secara perlahan. Ulangi dengan proses berlawanan.

6. Peregangan Pergelangan Tangan

Kepalkan kedua telapak tangan dan regangkan ke depan. Lakukan gerakan memutar searah jarum jam selama 10 kali. Ulangi dengan gerakan berlawanan jarum jam.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: