60 Persen Kematian di Indonesia Disebabkan Penyakit tak Menular

AsalasahIkatan Dokter Indonesia (IDI) menyatakan sebesar 60 persen kematian di Indonesia disebabkan penyakit tidak menular (PTM) dan ini jumlahnya terus meningkat.

"PTM ini sudah menjadi ancaman masyarakat, sehingga pemerintah perlu melakukan gerakan nasional untuk mensosialisasikan pencegahan karena penyakit ini bisa dicegah," kata Ketua Umum Pengurus Besar IDI, Dr. Zaenal Abidin di Jakarta, Rabu.

Ia menjelaskan, berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2007 menunjukan, 60 persen kematian di Indonesia disebabkan PTM dan diyakini trend saat ini masih akan terus meningkat.

Dari 2007 hingga 2013 terjadi peningkatan penyakit tidak menular seperti DM dari 1,1 persen naik 2,1 persen, hipertensi dari 25,8 persen naik 31,7 persen dan stroke dari 8,3 persen naik menjadi 12,7 persen.

http://asalasah.blogspot.com/2014/10/60-persen-kematian-di-indonesia.html
Demikian juga, resiko PTM juga mengalami peningkatan misalnya, obesitas pada laki-laki dari 13,9 persen naik 26,6 persen, obesitas perempuan dari 14,8 persen menjadi 32,9 persen dan obesitas sentral dari 18 persen menjadi 26,6 persen.

"Untuk mencegah penyakit ini, masyarakat harus berprilaku hidup sehat dan mengkonsumsi makanan yang berimbang serta menyehatkan," ujarnya.

Selain itu, pemerintah melalui instansi kesehatan teratas hingga terbawah harusnya mengencarkan sosialisasi gaya hidup sehat kepada masyarakat dan melakukan deteksi dini bila ada anggota keluarga yang terindikasi mengalami penyakit PTM.

"Penyakit tidak menular ini, seperti tekanan darah tinggi, diabetes, dan kanker, erat kaitannya dengan gaya hidup yang tidak sehat, antara lain pola makan berlebihan dan berolahraga yang kurang," ujarnya

Sumber: http://harnas.co/2014/09/17/60-persen-kematian-akibat-penyakit-tak-menular