Berusia 104 Tahun, Profesor Australia Ini Kepingin Mati Aja

AsalasahAkademisi dari Perth, Australia Barat, Professor Dr David Goodall mencapai usia 104 tahun pada 4 April 2018. Namun, dia justru tidak menyukai usianya yang panjang.

Jika bisa meminta hadiah ultah, dia justru menginginkan kematian.

"Saya sangat menyesali telah mencapai usia ini," kata Profesor Goodall. "Saya lebih suka 20 atau 30 tahun lebih muda."

Dr Goodall menjadi perhatian internasional pada 2016, ketika itu usianya 102 tahun. Universitas tempatnya bekerja memerintahkan dia mengosongkan kantor karena dianggap menjadi risiko keamanan bagi dirinya sendiri.

Dia menentang keputusan tersebut dan setelah mendapat reaksi publik, pihak universitas membatalkannya.

Dalam beberapa tahun terakhir, kondisi fisik Goodall terus memburuk. Demikian pula kualitas hidupnya.

Dia bermain tenis sampai usia 90 tahun. Dr Goodall juga bermain dalam grup teater amatiran di salah satu negara bagian Australia, Perth. Namun, kegiatan itu juga terpaksa dihentikan ketika penglihatannya memburuk sehingga tak bisa lagi mengemudi ke tempat latihan di malam hari.

Penglihatannya yang memburuk juga menghentikannya melakukan berbagai tugas pekerjaan akademisnya saat ini, karena dia tidak bisa membaca email.

Sebagian besar koleganya sudah lama meninggal dunia.

Dr Goodall masih menggunakan transportasi umum pulang-pergi ke kantornya hingga beberapa bulan yang lalu ketika dia terjatuh di apartemennya.

"Saya terjatuh ke sudut apartemen dan tidak ada yang bisa saya pegangi. Jadi saya terhuyung-huyung ke lantai," katanya. "Saya berteriak tapi tidak ada yang bisa mendengar."

Dia terkapar di lantai selama dua hari sampai ditemukan oleh petugas kebersihan dan dibawa ke rumah sakit. Dokter mengobatinya lalu melarangnya naik transportasi umum atau bahkan menyeberang jalan sendirian.

"Saya sangat kecewa karena dibatasi, karena terkendala," ujar Dr Goodall. "Jelas tak ada rasa hormat, sama sekali tidak ada rasa hormat."

Pekan ini, Dr Goodall merayakan ultahnya yang ke-104 bersama keluarga dan teman-teman di rumah putrinya. ABC Australia yang Liputan6.com kutip Kamis (5/5/2018) diundang untuk mengabadikan perayaan itu.

Tetapi Dr Goodall ingin menggunakan kesempatan itu untuk menyampaikan sesuatu yang lebih penting baginya daripada usianya. Apa itu?

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: https://www.liputan6.com/global/read/3429135/berusia-104-tahun-pria-ini-ingin-mati