Cara Melacak Nomor HP Tak Dikenal Pakai Aplikasi

AsalasahTips teknologi hari ini akan membahas cara melacak nomor telepon misterius yang tiba-tiba menghubungi kita. Sebetulnya memblokir sudah bisa mencegah nomor misterius itu berhenti menghubungi Anda. Tapi kalau ingin mengetahui identitasnya, ada cara mudah.

Caranya, yakni dengan menggunakan aplikasi Truecaller: Caller ID & Dialer. Aplikasi ini ada di Play Store, Apple Store, dan juga tersedia untuk web. Menariknya, True Software Scandivania selaku pengembang mengklaim aplikasi ini disebut memiliki miliaran data nomor telepon.

Aplikasi yang sudah mencapai versi 8.81 ini sudah diunduh lebih dari 100 juta kali di Play Store. Anda tinggal mengunduhnya di smartphone atau di komputer. Kemudian daftarkan diri Anda terlebih dahulu sebelum bisa menggunakan fiturnya.

Di layar utama aplikasi ada empat menu utama, yakni Calls, Search, Block, and Contacts. Kalau ingin melacak nomor misterius yang kerap menghubungi Anda, pilih "Search".

Untuk mengunduh di komputer, Anda bisa langsung pergi ke laman Truecaller. Kemudian pilih negara dan daftarkan diri Anda. Lakukan cara yang sama dengan yang ada di smartphone.

Truecaller, Aplikasi Pelacak Nomor Telepon Tak Dikenal


Kalian tentunya pernah menerima sebuah panggilan telepon dari nomor yang tidak dikenal, bukan? Terkadang, hal tersebut memang cukup menyebalkan dan membuat penasaran, apalagi jika nomor telepon tersebut berkali-kali menghubungi kalian.

Dalam menanggapi hal tersebut, beberapa pengguna seringkali memblokir nomor telepon tersebut. Tapi, apakah kalian tahu? Sebenarnya, ada cara untuk melacak nomor telepon tersebut dan mengenali siapa yang menelepon kalian. Penasaran dengan caranya? Berikut Jurnal Apps jelaskan caranya berdasarkan informasi yang didapatkan dari beberapa sumber:

Caranya adalah dengan menggunakan aplikasi Truecaller: Caller ID & Dialer. Truecaller sendiri merupakan perusahaan asal Swedia dengan jumlah pengguna yang lebih dari 85 juta di seluruh dunia

Perusahaan tersebut menyediakan sebuah layanan yang dinamakan “Truecaller: Caller ID & Dialer,” sebuah aplikasi mobile yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi panggilan masuk yang tidak dikenali sehingga pengguna dapat mengenali siapa yang mencoba menghubungi mereka sebelum dengan mudah panggilan dijawab. Artinya, pengguna dapat memblokir nomor-nomor telepon yang tak diinginkan sehingga tidak dapat menghubungi mereka lagi.

Bila pengguna menerima panggilan dari nomor telepon yang tidak dikenal, Truecaller akan memberitahukan ada berapa banyak pengguna yang telah menandai nomor telepon yang tidak dikenal sekaligus mungkin tak diinginkan tersebut. Hal ini akan membantu pengguna agar mengetahui dengan cepat apakah panggilan tersebut penting untuk dijawab ataukah tidak sama sekali.

Aplikasi mobile yang tersedia untuk perangkat iOS, Android, dan versi web ini mengklaim memiliki data base yang memuat hingga milyaran nomor telepon yang telah diidentifikasi sebelumnya.

Untuk dapat menggunakannya melalui smartphone, pengguna sebelumnya harus terlebih dahulu meng-install aplikasi Truecaller: ID & Dialer dan juga melakukan login pada aplikasi mobile tersebut. Setelah melakukan login, maka selanjutnya akan dimunculkan tampilan empat tab utama, yaitu Calls, Search, Block, dan Contacts.

Lalu, untuk melacak nomor telepon berdasarkan nomor atau nama, pengguna pun cukup memilih opsi Search yang telah disediakan pada tab utama di aplikasi tersebut.

Selanjutnya, selain menggunakan perangkat smartphone, pengguna juga dapat menggunakan layanan Truecaller ini menggunakan aplikasi web dengan mengakses https://www.Truecaller.com/ pada aplikasi peramban (browser). Lalu, untuk melakukan proses identifikasi, pengguna cukup memasukkan nomor telepon yang ingin diidentifikasi pada sebuah kolom pencarian.

Selanjutnya, selain memiliki fungsi pengenalan nomor telepon yang tidak dikenal, Truecaller memiliki beberapa fitur menarik lainnya. Sebagai contoh, kalian juga dapat menggunakan foto Facebook, Twitter, atau Google Plus untuk mengubah tampilan layar pada saat teman-teman dan salah seorang yang berada di dalam daftar kontak sedang menghubungi kalian.

Truecaller adalah aplikasi mobile yang berguna bagi siapa saja yang merasa bosan dengan telepon dari telemarketer atau nomor telepon lainnya yang tak diinginkan. Jika kalian telah memasang aplikasi mobile ini, maka kalian dijamin tidak akan berurusan dengan semua panggilan telepon yang tak diinginkan lagi.


Baca Juga :
Asalasah | Sumber:  https://tekno.tempo.co/read/1076992/tips-teknologi-ini-cara-melacak-nomor-telepon-misterius?TeknoUtama&campaign=TeknoUtama_Click_1 dan https://jurnalapps.co.id/truecaller-aplikasi-pelacak-nomor-telepon-tak-dikenal-11753