Rutin Minum Kopi Bisa Bersihkan Arteri, Ini Syaratnya

AsalasahKopi menjadi salah satu minuman yang paling banyak kita temukan, baik dalam bentuk siap minum maupun dalam bentuk biji matang. Kopi biasanya kita konsumsi setelah bangun dari tidur, agar tubuh kembali segar usai istirahat di malam hari.
Minuman berwarna hitam ini telah diakui memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, di antaranya mengurangi risiko penyakit jantung. Namun, banyak yang salah dalam mengonsumsi minuman sehat selain teh ini.

Bahkan kini peneliti menemukan lagi satu bukti, jika minum tiga cangkir kopi sehari dapat membantu membersihkan arteri. Tapi ada syaratnya jika kita ingin mendapatkan manfaat dari kopi ini, apa itu? Berikut ulasan lengkapnya.

Para ilmuwan dari Universitas Sao Paulo menemukan bahwa, orang yang minum lebih banyak kopi setiap hari memiliki lebih sedikit pengendapan atau plak di arteri. Berarti lebih sedikit endapan kalsium pada katup aorta di hati mereka.

"Dalam penelitian kami, kami menemukan bahwa kebiasaan mengkonsumsi lebih dari tiga cangkir kopi per hari menurunkan kemungkinan kalsifikasi koroner," kata penulis studi, Andreia Miranda.

Memiliki lebih dari tiga cangkir sehari ditemukan paling efektif - meskipun, para peneliti memperingatkan, lebih dari itu mungkin tidak sehat.

Namun, mereka tidak yakin apa yang di kopi meningkatkan kesehatan jantung. Kemungkinan kafein, atau salah satu sifat antioksidan yang sebelumnya ditetapkan dari minuman populer itu.

Apa yang mereka lakukan?

Untuk melakukan penelitian mereka, yang diterbitkan Journal of American Heart Association, melakukan studi Coronary Artery Calcium (CAC) dari lebih dari 4.400 peserta.

Hampir semua minum kopi berkafein: sekitar 56 persen mengatakan bahwa mereka minum kopi setidaknya dua kali sehari, sementara sekitar 12 persen mengatakan mereka melakukannya lebih dari tiga kali sehari.

Selanjutnya, sekitar 10 persen memiliki pembacaan CAC yang sangat tinggi, yang menunjukkan tingkat endapan kalsium dalam arteri mereka.

Para peneliti menemukan bahwa skor CAC yang lebih tinggi berhubungan terbalik dengan jumlah peserta kopi. Mereka yang minum kopi dalam jumlah lebih besar, memiliki pembacaan CAC yang lebih rendah.

Dan mereka yang minum lebih dari tiga cangkir sehari cenderung memiliki skor terbaik. Itu tidak berarti minum lebih banyak kopi akan terus mengurangi kalsifikasi koroner.

"Kami belum menguji batas cangkir kopi yang akan melakukan perlindungan. Kopi adalah campuran mineral yang kompleks dan berbagai komponen," kata Miranda.

Apa lagi yang baik dari kopi?

Para ilmuwan percaya senyawa antioksidan dalam kopi, mungkin bertanggung jawab atas kesehatan. Misalnya, kopi tanpa kafein memiliki dampak yang serupa dengan versi standar, yang menunjukkan kafein tidak bertanggung jawab atas manfaat kesehatan.

Sebuah tim peneliti, yang termasuk para ahli dari University of Edinburgh, meninjau semua bukti yang ada tentang konsumsi kopi, menggabungkan temuan dari 201 studi yang diterbitkan.

"Kopi panggang adalah campuran kompleks dari lebih dari 1.000 senyawa bioaktif, beberapa dengan efek antioksidan, anti-inflamasi, antifibrotik, atau antikanker yang berpotensi terapeutik," kata mereka.

Kopi juga mengurangi risiko kanker hati sebesar 34 persen dan kanker usus sebesar 17 persen. Tetapi meningkatkan risiko leukemia, limfoma dan kanker paru-paru.

Peminum kopi memiliki kemungkinan 36 persen lebih rendah mengembangkan penyakit Parkinson,, dan 27 persen lebih rendah risiko Alzheimer, mereka menemukan.

Lebih banyak kopi justru tidak bermanfaat

Para peneliti menemukan orang-orang yang minum lebih dari tiga cangkir sehari, tidak akan mendapatkan manfaat tambahan. Justru akan merugikan kesehatan kita.

Badan Keamanan Makanan Eropa menyarankan, agar orang-orang minum tidak lebih dari empat cangkir sehari. Dikatakan bahwa, mereka yang minum lebih dari ini setiap hari akan mudah cemas, sulit tidur, gangguan irama jantung atau gagal jantung.

Kopi yang ditambahkan gula dan susu atau krim juga berkontribusi terhadap hasil kesehatan yang buruk.
Baca Juga :
Asalasah | Sumber: https://exspresiku.blogspot.co.id/2018/04/tiga-cangkir-kopi-bersihkan-arteri.html