Sespan Vespa Indonesia Tembus Eropa

Asalasah ~ Karya builder Vespa Indonesia berupa sespan atau bak penumpang di sisi motor ternyata diminati pecinta skuter dari berbagai negara.

Salah satunya builder yang banjir pesanan adalah Scooter99 di Ulujami, Jakarta Selatan. Manajer Opersianal Scooter99 Aris Arohman mengaku pesanan sespan  antara lain datang dari Bali, Balikpapan, Manado, dan Papua.

"Untuk Eropa ada pesanan sespan dari Italia, Jerman, Portugal, Swiss, dan Singapura. Untuk di Asia kita sudah punya reseller di Singapura, karena banyak yang pesan dari Singapura," katanya.


Aris mengatakan harga sespan buatan Scooter99 berkisar 1.850 dolar AS (Rp 22 juta). Ia menambahkan sespan yang diproduksi Scooter99 memiliki dua gaya yaitu klasik dan moderen.

"Kita sesuaikan dengan gaya Vespa costumer, apakah klasik atau moderen," kata Aris. Scooter99 juga dikenal dengan jasa restorasi Vespa.

Sespan yang diproduksi Scooter99 terbuat dari bahan fiber dengan rangka-rangka besi yang disambungkan ke bagian bawah (dek) vespa. Pemasangan sespan disesuaikan harus mengikuti aturan transportasi di negara kendaaran itu  dijalankan.

"Kalau buat Eropa pasang sespan di kanan kalau Asia di sisi kiri," kata Majid, mekanik Scooter99.

Majid mengatakan sespan yang diproduksi dilengkapi dengan jok busa yang dilapisi kulit dan terdapat bagasi di bawah jok.

Sespan buatan Scooter99 umumnya dilengkapi aksesori karpet, kaca pelindung, ban serep, dan lampu. "Semua aksesoris yang dipasang sesuai dengan kemauan costumer, bila dia maunya apa kita pasangkan," katanya.  

Dalam sebulan Scooter99 dapat membangun  lima sampai enam sespan Vespa. Ia juga selalu memeriksa kestabilan dan suspensi vespa setelah dipasangkan sespan untuk keselamatan pengendara motor itu. "Paling rumit itu penyetelan kestabilan, karena harus senyaman mungkin," lanjutnya.

Asalasah | Sumber: http://www.republika.co.id/berita/otomotif/motor/14/10/10/nd8bnv-sespan-vespa-buatan-indonesia-tembus-eropa