Suka Minum Tebu? Ini Bahayanya Kalau Keseringan Konsumsi Tebu

AsalasahSiapa yang tidak tahu tumbuhan tebu? Tebu yang merupakan anggota keluarga rumput ini menjadi bahan baku utama pembuatan gula dan vetsin.

Menurut penelitian, air tebu memiliki kandungan nutrisi seperti  fosfor, kalium, kalsium, zat besi, vitamin dan magnesium di mana semua zat ini diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Selain itu, ternyata air tebu juga mengandung senyawa octacosanol yang berguna untuk menghambat penumpukan plak pada dinding pembuluh darah, bahkan senyawa ini dapat memberikan perlindungan terhadap oksidasi protein darah.

Meski banyak manfaat, tapi banyak yang mengatakan jika batang tebu bisa menyerap bakteri dan radikal bebas.

Karenanya jika menyimpan batang tebu dalam kondisi tak steril mampu membawa bahaya penyakit bagi tubuh. Tapi benarkah demikian?

Pakar gizi klinis dr Marya Warascesaria Haryono, SpGK akan mengupas tuntas soal manfaat tebu dalam tayangan AYO HIDUP SEHAT di tvOne Jumat 6 April 2018.

Dipandu dr Haekal Anshari, M. Biomed (AAM) dan dr Reinita Arlin Puspita. Tayangan ini juga bisa Anda saksikan live di link ini pukul 13.00-14.00 WIB.

7 Bahaya Efek Samping Minum Air Tebu bagi Kesehatan Tubuh

1. Batuk Berdahak 
Batuk berdahak merupakan salah satu imbas samping air tebu yang sanggup mengganggu penderitanya. Air tebu yang biasanya ditambah dengan perhiasan buatan sanggup mengakibatkan batuk. Batuk biasa apabila terus dibiarkan akan mengakibatkan batuk berdahak. Biasanya batuk yang disebabkan oleh air tebu ditandai degan tanda-tanda kerongkongan yang gatal dan bunyi serak.

 2. Gula darah meningkat 
Meskipun air tebu merupakan minuman yang sehat, namun jikalau ditambahkan dengan gula buatan akan mengakibatkan peningkatan gula darah yang berpotensi mengakibatkan diabetes. Gula buatan akan merangsang organ pankreas untuk memproduksi hormon insulin secara aktif. Kondisi ini akan mengakibatkan insulin kesusahan untuk mengendalikan gula darah sehingga kadar gula akan meningkat tajam.

 3. Obesitas 
Rasa bagus yang sangat tinggi pada air tebu bisa mengakibatkan seseorang terus mencicipi lapar dan ingin terus ngemil makanan ringan. Jika berlangsung secara terus menerus dalam jangka waktu yang usang maka akan mengakibatkan kegemukan. Kegemukan atau obesitas akan memicu aneka macam macam penyakit berbahaya lainnya.

 4. Cepat Haus 
Air tebu memang terasa bagus dan sangat menyegarkan terutama ketika lelah melaksanakan kegiatan sehari – hari. Namun dengan minum air tebu akan mengakibatkan haus tiba kembali dan menciptakan lisan merasa pahit dan kering.

 5. Sariawan 
Air tebu jikalau sambil menikmati dengan cara menghisap sari tebu dan menggigit batang daging tebu sanggup mengakibatkan iritasi dan sariawan pada mulut. Serabut halus yang terdapat pada tebu dengan gampang menggesek kulit lisan adegan dalam yang sangat rentan terhadap luka lantaran gesekan. Jika tabrakan terjadi maka akan berpotensi menjadikan iritasi dan luka yang memicu timbulnya sariawan.

 6. Sakit Perut 
Air tebu yang tidak higenis akan bercampur dan mengikat debu dan kotoran hasil radikal bebas yang tersebar di udara. Jika dikonsumsi, maka kuman yang terdapat dalam air tebu akan mengiritasi dinding lambung dan usus dan sanggup berpotensi mengakibatkan sakit perut. Gejala awal yang biasa ditimbulkan ialah menceret atau diare.

 7. Memperpendek umur 
Sebuah penelitian yang dilakukan pada 2013 memperkirakan 180.000 selesai hidup di seluruh dunia disebabkan oleh minuman manis. Para peneliti ini menyimpulkan selesai hidup yang terjadi mungkin dikarenakan hubungan antara minuman bagus dan risiko penyakit jahat yang bisa di timbulkan menyerupai penyakit jantung, diabetes, dan kanker.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: https://www.viva.co.id/gaya-hidup/kesehatan-intim/1023672-bahaya-konsumsi-tebu-bagi-tubuh