Kaki Sering Kesemutan, Pegal-pegal? Ini Cara Mengatasinya

AsalasahApakah Anda sehat? Alhamdulillah kalau iya. Kesehatan itu hal terpenting di kehidupan ini, gan, setiap orang pasti ingin memiliki tubuh yang sehat. Tentunya selain mengatur makan, harus juga disertai dengan melakukan olahraga. Pernah ngerasa pegel-pegel? ane kasih tipsnya nih ya gan biar seenggaknya bisa bahkan ngilangin pegel-pegel yang agan rasain.

Dan ternyata nih ya gan, selain olahraga teratur ada banyak perawatan lain yang bisa dilakukan, salah satunya adalah memijat bagian kaki. Ya, kaki adalah bagian tubuh yang paling lelah, ada lebih dari 70 titik akupunktur di telapak kaki setiap orang, dimana titik-titik itu berkaitan dengan organ manusia. Ane kasih tau nih caranya

Kaki Sering Kesemutan, Pegal-pegal? Ini Cara Mengatasinya



1. Goyangkan Kaki
Ketika sirkulasi darah dalam tubuh tidak lancar ya gan, maka bisa terlihat dari kondisi tubuh seperti munculnya sakit kepala dan kehilangan nafsu makan. Nah, hal tersebut bisa diatasi dengan menggoyangkan-goyangkan kaki. Putar masing-masing kaki agan selama 5-6 menit, selain bisa melancarkan sirkulasi darah, cara ini juga bisa meregangkan betis dan otot-otot di lutut. Untuk menghilangkan kelelahan dan agar tidak kedinginan, maka bisa melakukan cara ini sebelum tidur. Selain membuat tubuh agan menjadi hangat, juga bisa memperbaiki kualitas tidur agan.

2. Pukul Telapak Kaki
Setiap malam sebelum tidur, agan bisa memukul-mukul ringan bagian telapak kaki, untuk membantu menghilangkan rasa lelah selama sehari, membantu melancarkan sirkulasi darah, dan meningkatkan fungsi organ dalam lho gan. Untuk mempermudahnya, agan bisa duduk dan menekuk kaki kanan hingga menyentuh lutut kiri yang lurus, lalu pukul-pukul sebanyak 100 kali. Coba deh gan.

3,. Jalan Tanpa Alas Kaki
Keuntungan terbesar dari cara ini nih gan adalah memberi kesempatan untuk kaki melakukan olahraga. Telapak kaki adalah bagian tubuh yang penting dalam menjaga keseimbangan tubuh. Kebanyakan, orang yang sehat memiliki telapak kaki yang kuat. Selain meningkatkan kesehatan fisik, berjalan tanpa alas kaki juga membuat berjalan menjadi lebih mudah. Sebaiknya agan lakukan hal ini ketika berada di rumah.

4. Biarkan Kaki dapat Sinar matahari
Membiarkan kaki terkena sinar matahari bisa mempromosikan metabolisme seluruh tubuh, meningkatkan fungsi organ dalam, dan menguatkan tubuh. Agan bisa membiarkan sinar matahari menyinari kaki sekitar 20-30 menit setiap harinya.

5. Pijat telapak Kaki
Banyak banget orang yang komplain ke dokter, ia susah tidur, gerak sana gerak sini, gak terasa sudah pagi. Sebenarnya, hal seperti ini ya gan adalah ketika sirkulasi darah perifer tidak lancar dan menyebabkan insomnia. Untuk mengatasi hal ini, pijat bagian telapak kaki agan hingga 20 kali. Dengan begitu, kaki akan terasa hangat dan rasa kantuk juga akan datang.

6. Pijat Jari kaki
Memijat jari kaki bisa meningkatkan fungsi memori lho gan, pijatlah dengan arah melingkar, lakukan beberapa kali sehari, setiap kali 2-3 menit. Agan juga bisa melakukan cara ini sebelum tidur untuk merefleksikan tubuh.

Gimana nih gan, mudah dan simpel kan? di coba deh tips yang ane kasih di atas di jamin pegel-pegel yang agan rasain akan segera hilang dan kualitas tidur agan akan semakin baik. Kalo bermanfaat silahkan di share ke teman-temannya gan.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: https://www.kaskus.co.id/thread/5af390591cbfaa96768b4567/sering-nsomnia-atau-pegal-pegal-ini-cara-mengatasinya-gan/?ref=homelanding&med=hot_thread&utm_content=link_forum_landing&utm_campaign=hot_thread