Lengkap! Review LG G7 ThinQ, Semakin Berkilau, Solid, dan cerdas

AsalasahSelama beberapa tahun terakhir LG telah menghasilkan beberapa smartphone yang luar biasa , tetapi sepak terjang penjualan smartphone-nya telah di bawah radar kebanyakan konsumen. LG selalu memainkan biola kedua bagi Samsung dan tidak memiliki kekuatan pemasaran untuk bersaing dengan Apple.  LG terpaksa mengubah strategi penjualan ponsel pintarnya. LG G7 ThinQ adalah produk pertama dari strategi baru itu. Bisakah hp ini mendapatkan perhatian layak atau akan mengalami nasib yang sama seperti flagship LG sebelumnya? Mari kita cari tahu di Review LG G7 ThinQ lengkap kami.

Desain 
Cara termudah untuk mendeskripsikan desain LG G7 ThinQ adalah tampilannya dan terasa seperti LG V30 yang lebih kecil . Saya adalah penggemar berat desain LG V30. Itu bisa dibilang salah satu smartphone terbaik tahun 2017 dan itu bagus untuk LG membawa desain ini ke seri G.

LG G7 ThinQ dibangun dari formula smartphone yang cukup standar. Panel depan dan belakang terbuat dari kaca dan rel logam di sepanjang perimeter. Bagian belakangnya sedikit melengkung dan sudut-sudutnya bulat, memberikan hasil ponsel dengan bentuk seperti kerikil ramping yang membuatnya nyaman untuk dipegang. Tidak ada tekstur pada kaca atau logam tetapi entah bagaimana LG telah berhasil membuat ponsel tidak terasa licin. Kaca belakang, bagaimanapun, sangat rentan terhadap sidik jari, yang harus diharapkan.

Kualitas build dari LG G7 ThinQ sangat fantastis. Ponsel ini kokoh, kuat, dan ukurannya yang lebih kecil membuatnya lebih mudah digunakan di satu tangan daripada saudaranya yang lebih besar, LG V30. Porta yang umum ada di bagian bawah, termasuk sebuah speaker, port USB Type-C, dan headphone headphone 3,5 mm yang sangat dihargai.

Salah satu perubahan desain terbesar adalah relokasi tombol power. Alih-alih diintegrasikan ke sensor sidik jari yang menghadap ke belakang, sekarang berada di lokasi yang lebih tradisional di sisi kanan. Secara pribadi, saya sedih melihat ini hilang. Itu adalah salah satu karakteristik desain paling ikonik LG. Namun, dapat membangunkan perangkat tanpa mengangkatnya dari meja merupakan kenyamanan yang menyenangkan. Selain relokasi tombol power, kemampuan sensor sidik jari tetap tidak berubah. Ini akurat, dapat diandalkan, dan cukup cepat, meskipun bukan yang tercepat di pasar.


Salah satu perubahan desain terbesar adalah relokasi tombol power dan penambahan tombol akses cepat AI.

Perubahan besar lainnya adalah penambahan tombol akses cepat AI. Tombol ini berada tepat di bawah tombol volume di sisi kiri. Ini berada di posisi yang sama dengan tombol Samsung Bixby pada perangkat Galaxy tetapi memanggil Asisten Google yang jauh lebih berguna . Menekan tombol akan meluncurkan Asisten Google meskipun ponsel dalam keadaan tidur, yang bukan sesuatu yang dapat Anda lakukan dengan pintasan Asisten Google di layar. Tombol ini juga dapat ditekan seperti walkie-talkie selama durasi dikte suara Anda dan dirilis ketika Anda selesai berbicara. Anda tidak dapat memetakan ulang tombol, setidaknya untuk saat ini . Idenya tidak sepenuhnya keluar dari pertanyaan meskipun - LG dapat mengaktifkannya jika konsumen benar-benar menginginkannya.

Display 


LG G7 ThinQ dilengkapi dengan layar rasio aspek 19.5: 9 yang tinggi dan sempit dengan bezel tipis dan poni. Poni untuk rumah earpiece, kamera depan, sensor jarak dan sensor cahaya ambient tetapi tidak ada yang istimewa.

Jika Anda bukan penggemar poni, perangkat lunak LG memungkinkan area di sekitarnya menjadi hitam, secara efektif menyamarkannya sebagai bezel normal

LG menyebut area notch sebagai "New Second Screen" - secara efektif menyatakan klaimnya sebagai pencetus ide poni - tetapi ini adalah pilihan yang membingungkan, karena tidak menambahkan fungsi tambahan seperti layar sekunder pada ponsel LG sebelumnya. Jika Anda bukan penggemar poni, perangkat lunak LG memungkinkan area di sekitarnya menjadi hitam, secara efektif menyamarkannya sebagai bezel normal. Area di sekitar poni juga dapat disesuaikan dengan warna dan gradien yang berbeda. Ini terasa seperti tipuan salon murah untuk saya dan membuat ponilebih menonjol.

Untungnya, ponitidak mengganggu konten seperti video atau game. Alih-alih tumpang tindih konten seperti yang dilakukannya pada iPhone X, poni pada G7 ThinQ secara otomatis berubah menjadi bingkai hitam dan konten tidak melampaui area ini.


Meskipun berponi, tampilan LG G7 ThinQ sangat fenomenal. Layarnya adalah LCD IPS 6,1 inci dengan resolusi 3,120 x 1,440 yang tajam dan tajam. Tidak ada OLED, tetapi tampilannya hidup, penuh warna dan menyenangkan untuk digunakan menonton media. Warna layar dapat disesuaikan dengan keinginan Anda melalui pengaturan tampilan dengan RGB dan slider suhu warna, serta berbagai mode tampilan. Saya menemukan pengaturan default menjadi banyak memuaskan sekalipun.

Peningkatan kecerahan otomatis sangat berguna untuk penggunaan di bawah sinar matahari langsung di mana layar dapat menjadi sangat sulit untuk dibaca. Pada 1.000 nits, layar G7 ThinQ sangat mudah dilihat.

LG menyebut tampilan ini sebagai Tampilan Super Terang. Ini mampu mencapai hingga 1.000 nits dalam kecerahan karena LG menambahkan subpiksel putih ke pengaturan RGB subpiksel standar untuk meningkatkan kecerahan. Ini dapat diaktifkan dengan mengetuk tombol peningkatan kecerahan di samping penggeser kecerahan yang memungkinkan layar melampaui kecerahan maksimum penggeser. Peningkatan kecerahan sangat berguna di bawah sinar matahari langsung di mana layar dapat menjadi sangat sulit untuk dibaca. Pada 1.000 nits, layar G7 ThinQ sangat mudah dilihat.

Kinerja / Peforma



LG G7 ThinQ hadir dengan spesifikasi paling kuat untk saat ini sebagai flagship 2018. Dengan paket prosesor Snapdragon 845 dengan 4GB RAM dan 64GB penyimpanan onboard atau 6GB RAM dan 128GB penyimpanan.

Perangkat ini berfungsi seperti yang diharapkan, dengan animasi yang cepat dan lancar, respons sentuhan yang sangat baik, dan kinerja yang cepat di sekitar saat meluncurkan aplikasi atau bermain game. Melompat melalui beberapa aplikasi tidak menimbulkan masalah dan dapat menjalankan game apa pun yang akan Anda temukan di Play Store dengan grafis yang sangat baik dan gameplay yang halus. Kinerja dunia nyata tentu hidup sesuai dengan angka patokan dan ThinQ G7 tidak bergumul dengan tugas apa pun yang saya lemparkan padanya.

Jika Anda seorang gamer seluler besar atau Anda streaming banyak konten di perangkat Anda, perkirakan untuk mengisi G7 ThinQ setidaknya sekali sepanjang hari.

Performa baterai baik tetapi tidak sama mengesankannya dengan spesifikasi ponsel lainnya. Baterai 3.000 mAh tidak kecil, tetapi banyak flagships yang bersaing di kelasnya memiliki sel yang lebih besar. Bahkan tahun lalu G6 memiliki baterai yang lebih besar. Apapun, G7 ThinQ dapat bertahan sehari penuh tetapi hanya sampai sore hari. Ini tidak akan membuat Anda larut malam tanpa mengisi ulang kecuali penggunaan Anda cukup ringan. Jika Anda seorang gamer seluler besar atau Anda streaming banyak konten di perangkat Anda, perkirakan untuk mengisi G7 ThinQ setidaknya sekali sepanjang hari. Untungnya, pengisian daya dapat dilakukan dengan cepat melalui Quick Charge 4.0 Qualcomm atau melalui pengisian nirkabel, karena LG G7 mendukung kedua standar pengisian nirkabel.

Perangkat keras 
Dengan LG G7 ThinQ, LG terus memberikan penekanan besar pada audio. Tanda tangan LG DAC quad kembali lagi yang menyediakan suara berkualitas lebih tinggi, lebih sedikit distorsi, lebih sedikit noise, dan jangkauan dinamis yang lebih baik dan ini adalah fitur yang akan sangat dihargai oleh pemilik headphone dengan impedansi tinggi.

Selain quad DAC, LG telah menerapkan DTS: X 3D surround sound atau virtual surround sound. Ini dirancang untuk memberi Anda pengalaman suara surround melalui speaker stereo (atau headphone dalam kasus G7 ThinQ). Saat ini, ini lebih merupakan fitur pemeriksaan masa depan karena konten yang Anda tonton atau dengarkan perlu mendukung DTS: X yang belum tersedia saat ini. Ini masih bisa memberi Anda pengalaman seperti suara surround dengan non-DTS: X file dengan mengubah soundstage, itu tidak terlalu mengesankan.
Ini tidak dibandingkan dengan speaker stereo tapi itu trik yang rapi dan saya terkesan dengan seberapa keras pengeras suara hanya dengan meletakkan telepon di meja saya.

Perbaikan audio yang paling signifikan dari LG adalah satu-satunya speaker pengarahan dasar G7 ThinQ. Speaker tunggal biasanya tidak layak dibicarakan, tetapi yang satu ini menggunakan ruang di dalam ponsel sebagai ruang resonansi. Anda benar-benar dapat merasakan getaran dari suara yang bergerak melalui telepon saat Anda mendengarkan musik atau menonton video dan mengatur telepon di dalam atau di wadah berlubang atau permukaan keras biasa akan memperkuat suara. Ini tidak dibandingkan dengan speaker stereo tapi itu trik yang rapi dan saya terkesan dengan seberapa keras pengeras suara hanya dengan meletakkan telepon di meja saya.

Ponsel ini juga dilengkapi slot microSD untuk penyimpanan ekstra dan debu serta ketahanan air IP68 untuk menambah ketenangan pikiran jika perangkat Anda basah.

Kamera 
LG akhirnya mengupgrade kamera depannya. LG G7 ThinQ sekarang memiliki kamera 8 megapiksel depan, yang merupakan berita bagus untuk pecinta selfie. Resolusi ekstra membuat perbedaan besar dalam detail, ketajaman, dan menyediakan lebih banyak ruang untuk memotong gambar Anda. Selfies dari G7 ThinQ terlihat bagus, dengan reproduksi warna yang bagus dan warna kulit alami.

LG juga menambahkan mode potret ke G7 ThinQ - yang pertama untuk ponsel LG. Ini adalah tambahan yang bagus jika Anda ingin pemburaman latar belakang buatan untuk tampilan yang lebih profesional, tetapi tidak sempurna. Ada saat-saat itu mengalir ke latar depan, mengaburkan bagian-bagian rambut, kacamata, atau telinga saya. Dalam kebanyakan situasi, meskipun, blur itu meyakinkan. Hasil mode potret pada kamera belakang terasa lebih konsisten, karena melakukan pekerjaan yang lebih baik memisahkan subjek yang kompleks dari latar belakang. Ini mungkin karena dua kamera digunakan untuk mencapai efek daripada mengandalkan perangkat lunak dengan kamera depan.

LG G7 ThinQ kamera ganda dan pemindai jari

Sudut lebar telah dikurangi menjadi bidang pandang seluas 107 derajat dari generasi sebelumnya, tetapi distorsi barel yang dihilangkan ini di tepi foto.

Di bagian belakang, LG G7 ThinQ menggunakan signature khas LG dan lensa wide angle combo. Kedua sensor berukuran 16 megapiksel, yang berarti tidak ada lagi kerugian dalam resolusi ketika mengganti sensor. Sensor utama masih merupakan lensa superior dalam hal kualitas. Memiliki bukaan f / 1.6 yang lebih cerah dibandingkan dengan f / 1.9 dari sudut lebar dan juga memiliki OIS. Manfaat utama dari sudut lebar ini, tentu saja, lebih pas dengan frame - ini bagus untuk lanskap atau selfies grup. Sudut lebar telah direduksi menjadi bidang pandang seluas 107 derajat dari generasi sebelumnya, tetapi ini telah menghilangkan distorsi barel di tepi foto. Ini masih sangat menyenangkan untuk digunakan dan pengurangan bidang pandang tidak terlalu terlihat.

LG G7 ThinQ dikemas ke insang dengan fitur kamera. Kontrol manual seperti DSLR untuk foto dan video tetap utuh, dengan Cine-log menjadi satu-satunya fitur penting yang hilang. Ini terlihat hanya diperuntukkan bagi seri V untuk saat ini, tetapi LG telah membawa kamera AI pertama kali diperkenalkan pada ThinQ V30S.

Kamera AI mampu menganalisis adegan dan subjek dalam adegan dan secara otomatis menyediakan filter yang menghasilkan (semoga) gambar yang lebih baik. Kamera mengenali apa yang terlihat dengan cepat pada sebagian besar waktu, tetapi saya tidak pernah menyukai filter yang disediakan. Saya sering lebih suka hasil dari kamera tanpa menggunakan AI. Ini adalah fitur yang rapi jika Anda ingin kamera melakukan sebagian besar pekerjaan kaki untuk memproses gambar Anda, tetapi jika Anda ingin memiliki kontrol penuh dari awal sampai akhir, Anda mungkin tidak akan merasa semuanya terlalu berguna.

Foto dari kamera utama sangat bagus dengan warna-warna menyenangkan yang tidak terlalu detail jenuh dan tajam. Jangkauan dinamis jauh di atas rata-rata, mempertahankan jumlah detail yang baik dalam bayangan dan sorotan. Dalam situasi cahaya rendah, kamera mempertahankan banyak detail dan warna, menjaga noise seminimal mungkin - setidaknya pada sensor utama. Hasil dari lensa sudut lebar cenderung lebih dicuci dengan suara yang berlebihan. Lubangnya yang sempit dan kurangnya OIS berarti harus bergantung pada ISO yang lebih tinggi untuk menciptakan gambar yang lebih cerah.

Jika pemandangan terlalu gelap, "Mode Super Bright" kamera akan menendang ke banjir dengan lebih banyak cahaya. Ini menggunakan binning piksel seperti Huawei P20 Pro , menggabungkan empat piksel menjadi satu. Foto yang diambil dengan mode ini memiliki resolusi lebih rendah dan hasilnya tampak berlumpur dibandingkan dengan foto cahaya rendah yang normal.

Perangkat lunak
LG G7 ThinQ Android Oreo

Pengalaman perangkat lunak pada G7 ThinQ akan menjadi hal yang akrab bagi siapa saja yang menggunakan ponsel cerdas LG dalam beberapa tahun terakhir. Perangkat lunak LG telah membuat langkah yang signifikan, dengan lebih sedikit bloatware, antarmuka yang lebih bersih, dan desain aplikasi yang lebih baik. Ini cukup mudah di mata, dengan skema warna diredam di seluruh elemen UI, animasi fluida, dan font yang mudah dibaca.

Ada sejumlah opsi untuk menyesuaikan UI bagaimana Anda menginginkannya. Secara default, peluncur tidak memiliki laci aplikasi, tetapi tombol drawer aplikasi tradisional dapat ditambahkan atau gerakan menggesek seperti Pixel dapat digunakan. Mesin tema LG memungkinkan penyesuaian lebih lanjut dengan wallpaper tambahan, paket ikon, tema UI, dan jam tayang yang selalu aktif.

Perangkat lunak LG telah membuat langkah yang signifikan, dengan lebih sedikit bloatware, antarmuka yang lebih bersih, dan desain aplikasi yang lebih baik.

Anda juga memiliki floating bar yang sebelumnya diperkenalkan di LG V30 untuk menggantikan layar sekunder berbasis perangkat keras yang lama. Ini memberikan akses cepat ke aplikasi yang dipilih, kontrol musik, kontak, dan tindakan cepat lainnya seperti mengambil selfie. Banyak fitur perangkat lunak LG lainnya, seperti perangkat Smart Bulletin, KnockON, dan game, sama seperti yang ada di ponsel LG lainnya, sementara beberapa dari mereka telah menerima sedikit face lift. Pengaturan Cerdas telah diubah namanya menjadi Kesadaran Konteks, meskipun fungsinya untuk mengotomatisasi tugas ketika kondisi tertentu terpenuhi tetap sama.

Layar utama LG G7 ThinQ


Perangkat lunak LG didasarkan pada Android 8.0 Oreo bukan 8.1 terbaru. Mengingat bahwa pembaruan 8.1 relatif kecil, itu bukan masalah besar, tetapi ini adalah merek baru sehingga akan sangat menyenangkan untuk memiliki versi terbaru Android yang mungkin keluar dari kotak. LG tidak memiliki rekam jejak terbaik ketika datang ke pembaruan dan jika Anda memiliki versi operator itu bisa menjadi sementara sebelum melihat pembaruan ini.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: https://www.androidauthority.com/lg-g7-review-860652/