Waspadai ATM yang Dipasang Alat Skimmer, Ini Cirinya:

Asalasah ~ Akhir-akhir ini marak bermunculan laporan uang hilang sendiri di ATM. Ternyata ada ATM yang Dipasang Alat Skimmer, sehingga tanpa jejak si pencuri leluasa mencuri uang konsumen. 

Nah sobat asalasah, jika kamu nasabah bank yang sering bertranksi di ATM. kamu perlu mengetahui ciri ATM yang Dipasang Alat Skimmer. Berikut kita ulas selengkapnya :

Skimmer merupakan alat pengganda data yang biasa diletakkan di mulut tempat memasukan kartu rekening di ATM. Alat ini mampu mencuri informasi kartu rekening Anda, termasuk nomornya dan juga password-nya. Dengan begitu pencuri bisa dengan mudah membobol saldo rekening Anda.

Memang cukup sulit mengetahui mana ATM yang ada alat skimmernya dan mana yang tidak. Tapi ada beberapa ciri yang bisa Anda kenali untuk memastikan ATM yang Anda gunakan tidak dipasang alat skimmer.

Dalam sebuah video yang diunggah halaman Facebook Daily Viral Stories, memperlihatkan seorang turis di Vienna, Austria, menemukan alat skimmer yang dipasang di mesin ATM. Turis itu pun kemudian menjelaskan secara detail ciri-ciri alat skimmer yang dipasang di mesin ATM tersebut.


Pada bagian mulut ATM, terdapat benda berwarna hijau menyala-nyala yang dibuat semirip mungkin dengan tempat memasukan kartu rekening untuk mengelabui korban.

Mudah dilepas


Benda tersebut sebenarnya adalah alat skimmer yang dipasang di bagian mulut ATM dengan menggunakan lem. Ciri-cirinya sangat mudah untuk dilepaskan, sedangkan yang asli tidak bisa dilepaskan dengan tangan.

Ketika alat skimmer itu dilepaskan, baru kelihatan mulut ATM yang asli, sementara yang palsu ini sudah dipasang alat yang berfungsi untuk merekam data kartu rekening.

Saat korban memasukan kartu rekeningnya, alat tersebut akan merekam data dari kartu rekening kroban, termasuk nomor dan passwordnya. Dengan begitu, pelaku bisa dengan mudah melakukan niat jahatnya.



Baca Juga :
Asalasah | Sumber: https://www.viva.co.id/blog/teknologi/1033532-begini-ciri-atm-yang-dipasang-alat-skimmer