3 manfaat minyak jelantah yang didaur ulang kembali

AsalasahSungguh kreatif dan berharga ekonomis yah gan sis, semoga dengan technology ini bisa membantu mengurangi limbah di perairan akibat pembuangan minyak jelantah ini yah.

Berikut ini 3 manfaat minyak jelantah yang berhasil dibudidayakan untuk membantu mengurangi pencemaran lingkungan hidup.

Pencemaran lingkungan akibat minyak jelantah yang berasal dari limbah rumah tangga harus mulai dikurangi karena minyak jelantah merupakan jenis limbah yang cukup mencemari lingkungan karena sifatnya yang nonpolar, sehingga tidak bisa larut dalam air yang bersifat polar. Saat dibuang ke perairan minyak jelantah sukar untuk hilang.

Nah kali ini TS akan mengangkat topik 3 manfaat minyak jelantah yang bisa diterapkan untuk mengurangi pencemaran lingkungan.

Pernahkah agan dan sista menampung minyak goreng bekas memasak dan digunakan kembali untuk memasak ? Seberapa boleh suatu minyak goreng dipakai ulang ? Setelah itu di buang kemana bekas minyak goreng tersebut ?

3 manfaat minyak jelantah yang didaur ulang kembali

Berikut ini adalah 3 manfaat minyak jelantah yang didaur ulang kembali.

1. Minyak jelantah bisa di pakai sebagai bahan bakar pengganti solar untuk mesin industri atau disebut juga dengan Refined Used Cooking Oil (R-UCO)

R-UCO ini adalah limbah minyak goreng bekas atau minyak jelantah yang telah melalui proses pemurnian.

Salah satu perusahaan yang memanfaatkan technology R-UCO ini adalah PT.Tirta Investama yang bekerja sama dengan Badan Usaha Milik Desa di wilayah Jogja dan sekitarnya.

Dengan kerjasama ini diharapkan kerusakan lingkungan akibat pencemaran air sungai oleh limbah jelantah bisa dikurangi. Nah gan sis, ternyata bisa menghasilkan uang juga yah dari mengumpulkan minyak jelantah.

2. Minyak jelantah bisa di olah menjadi Aroma Terapi.

Adalah Arulia Zalni , seorang mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) dari universitas Brawijaya Malang yang berhasil menciptakan minyak aroma terapi dari bahan dasar minyak jelantah dengan berbagai varian aroma dan di kenalkan ke publik dengan nama Mijel Natural Relaxants.

Satu lagi karya anak bangsa yang sukses menciptakan peluang usaha dan membantu mengurangi pencemaran lingkungan akibat limbah jelantah hasil produksi rumah tangga yah gan sis.

3.Minyak jelantah bisa diolah menjadi pembersih lantai.

Sekelompok mahasiswa yang tergabung dalam Tim Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan Universitas Negeri Yogyakarta telah berhasil menciptakan pembersih lantai dari bahan dasar minyak jelantah yang kemudian di beri nama karbol milan.

bagaimana dengan anda gan sis, apa masih tetap membuang minyak jelantah ke selokan ? Atau tertarik untuk mulai di kumpulkan ? Ga ada salahnya mulai browsing artikel terkait supaya bisa menghasilkan uang tambahan loh.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: https://www.kaskus.co.id/thread/5b08416fc0d77000048b4568/coc-gl-3-manfaat-minyak-jelantah/?ref=homelanding&med=hot_thread&utm_content=link_forum_landing&utm_campaign=hot_thread