7 Cara Menghasilkan Uang dari Internet Untuk Pemula! Siapa Aja Bisa

AsalasahHalo sobat asalasah, pembahasan kita kali ini spesial. Kita akan membahas topik yang produktif dan kekinian. Yaitu cara peroleh uang tambahan bahkan bisa menjadi profesi utama dari internet.

Dengan melesatnya pengguna aktif internet dan didukung oleh semakin baiknya fasilitas internet di Indonesia, memunculkan berbagai peluang baru untuk mendapatkan uang tambahan. Maklum saja lalu lintas netizen dan perputaran uang di internet saat ini besar sekali. Sehingga sangat disayangkan jika kita tidak ikut melempar kail.

Ada banyak cara yang dapat sobat asalasah lakukan, berikut mimin bagikan cara tersebut sesuai dengan pengalaman pribadi asalasah.
sumber gambar : pexels

1. Monetize Tulisan/artikel di Blog Melalui Banner Iklan

Bagi yang hobi nulis sangat cocok menjadi seorang blogger. Kamu bisa mendapatkan uang tambahan dari ngeblog. Cara paling sederhana adalah dengan memasang banner iklan.

Intinya ketika blog banyak yang mampir, kita bisa mendirikan kios kecil-kecilan dengan memasang iklan. Banyak situs periklanan yang bisa kamu daftar, yang paling populer saat ini adalah google adsense.

Pilihan platform ngeblog juga sudah banyak dan semakin mudah. Yang paling populer saat ini yaitu menggunakan blogger dan wordpress self host. Bagi kamu yang ingin mengutak-atik blog secara maksimal disarankan menggunakan wordpress self host. Kamu dapat memiliki website profesional dengan beragam fitur yang mengagumkan. Modal yang harus dimiliki yaitu domain (namablog.com/.net/.org/.me dll) dan sebuah hosting untuk menampung berbagai file penyusun website yang bisa didapatkan di hostinger.co.id/web-hosting, jika kamu tumbuh semakin besar silahkan naik level pindah ke VPS atau bahkan beli dedicated server.

2. Monetize Video Yang Kamu Upload di Youtube
Youtuber menjadi salah satu profesi yang sedang naik daun. Ada banyak sekali orang biasa yang menjadi populer berkat youtube. Namun saat ini syarat untuk dapat menguangkan video yang kita upload semakin sulit. Per 20 februari 2018 yang lalu, pemilik channel harus mendapatkan 1000 subscriber dan 4000 jam tayang video milik kita.

Jadi kalau mau menguangkan video di youtube kini harus melewati tahap yang panjang sehingga dibutuhkan kesabaran. Belum lagi persaingan konten yang menarik, tingkatan mencari uang di youtube semakin sulit. Namun jika sudah berada di kondisi stabil, kamu bakal langganan gajian setiap bulannya.

3. Afiliasi Dari Lazada, Amazon dll
Ada banyak marklet place atau pasar online yang memberikan kemudahan afiliasi. Kita tinggal sebar link yang dibuat lalu kita akan mendapatkan komisi dari setiap pelanggan yang datang melalui link kita.

Jika rumit dengan dunia luar negeri kita bisa mencobanya dari dalam negeri. Seperti afiliasi lazada. Kita cukup menebar link ke akun sosial media, blog dan lain-lain. Lalu setiap pengunjung yang datang dan belanja dari link kita, maka kita mendapatkan komisi. Jika sudah terkumpul mencapai syarat minimum pembayaran barulah kita dapat mencairkan dananya.

4. Jualan Barang Online dengan beriklan di Facebook
Kehadiran facebook ads telah banyak menghasilkan orang kaya baru. Betapa tidak. dengan banyaknya pengguna facebook, tentu sangat potensial karena kita dapat mempromosikan barang dagangn tepat ke orang yang sesuai. Facebook menyediakan hal tersebut. Biaya beriklan pun dapat ditekan dengan melakukan beberapa percobaan beriklan, dari hasil tersebut akan dapat pola termurah dan tinggal diaplikasikan setiap beriklan.

Kita bisa mengiklankan produk sendiri atau dropship (jual dagangan orang lain).

5. Dropship Barang Dari China ke negara maju
Cara ini terbilang cara sangat singkat untuk mendapatkan penghasilan di Internet. Alurnya cukup sederhana. Kita hanya perlu membuat website sendiri, lalu mengupload beberapa barang dari China. Kita jual ke wilayah seperti Amerika dengan menggunakan facebook Ads. Dropship seperti ini dapat memberikan keuntungan besar dalam waktu singkat.

6. Jual gambar
Bagi yang hobi fotografi sangat cocok mencoba usaha yang satu ini! Pilihlah gambar terbaikmu dan jual di situs stok photo. Saat ini ada banyak sekali situ stock photo/aset ini. misalnya aja Istockphoto.com. 123rf.com dan lain sebagainya yang dapat kamu cari lagi di google.

7. Freelance
Punya skill dan bingung mau promo kemana? promoin aja ke situs-situs yang menampung berbagai proyek. siapa tau ada yang butuh skill kamu. Bakal dikontrak untuk menyelesaikan proyek dari sibos. Ada banyak website marketplace freelance, misalnya : SribuLancer.com, projects.co.id dll

Untuk paling dasar, kamu bisa manfaatkan olx untuk promosikan jasa mu, misalnya jasa potong rumput, manjat kelapa pun tidak masalah, yang penting halal.

Bagaimana sobat asalasah? cara apa yang paling menarik perhatianmu? jika ada pertanyaan silahkan posting di kolom komentar. terima kasih.
  
Asalasah | Sumber: tulisan sendiri