5 Tips untuk Belajar Pemrograman (Untuk Pemula tanpa Pengalaman)

Asalasah ~ Satu-satunya cara untuk mengembangkan pemahaman komprehensif tentang Pemrograman adalah dengan terlebih dahulu membangun pengetahuan dasar tentang bagaimana dan mengapa pemrograman melakukan hal-hal tertentu.

Pada saat profesi pekerjaan lenyapa digantikan teknologi dan otomatisasi, ada satu keahlian yang semakin diminati daripada sebelumnya: Pemrograman.


Bisnis dan organisasi terus mencari pengembang situs web, pengembang perangkat lunak, dan pemrogram komputer. Dengan kata lain, jika Anda mengerti cara membuat kode dan terbukti berpengetahuan, Anda tidak akan kesulitan menemukan pekerjaan bergaji tinggi yang fleksibel dan menyenangkan.

Masalahnya adalah pengkodean itu tidak mudah. Dibutuhkan banyak waktu, kerja, dan dedikasi untuk memahami dasar-dasar pengkodean. Ini seperti belajar bahasa baru, yang membutuhkan banyak waktu dan usaha. Namun, begitu Anda berhasil mempelajari bahasa kedua, Anda biasanya dapat belajar bahasa ketiga dan keempat tanpa banyak kesulitan.

Lima Hal yang Perlu Anda Ketahui

Meskipun tidak mungkin untuk mengajarkan Anda semua yang perlu Anda ketahui tentang Pemrograman dalam satu bacaan, pertimbangkan artikel ini sebagai panduan pengantar 101. Ini akan memberi Anda beberapa tips, informasi, dan terminologi yang membantu  akan sehingga memungkinkan Anda untuk memutuskan apakah coding atau tidak adalah sesuatu yang menarik bagi Anda untuk mempelajari lebih lanjut.

Ketahui Lima Konsep Dasar
Ada banyak bahasa pengkodean yang berbeda, tetapi ada lima konsep dasar yang tetap konsisten. Untuk memahami pemrograman, Anda harus memahami ide-ide ini. Meskipun Anda tentu dapat membacanya dengan lebih detail, ini adalah istilah dan definisi dasar:

  • Variabel.
  • Struktur kontrol.
  • Struktur data.
  • Sintaksis.
  • Alat.

Jika Anda memahami lima konsep dasar ini, maka Anda memiliki fondasi yang jauh lebih kuat daripada separuh orang yang mencoba belajar coding.

Pilih Bahasa yang Tepat
Ada banyak bahasa pemrograman yang berbeda. Kuncinya adalah memilih yang tepat. Dan cara terbaik untuk memilih bahasa yang tepat adalah dengan bertanya pada diri sendiri: Mengapa Anda ingin belajar pemrograman?

Apakah Anda ingin membangun web? Mengembangkan aplikasi? Ada ratusan aplikasi yang berbeda, dan bahasa yang bisa Anda pilih akan bergantung pada tujuan yang ingin Anda capai.

Berita baiknya adalah bahwa banyak bahasa pengkodean serupa dan berbagi beberapa konsep dasar yang sama. Saran terbaik adalah memilih bahasa dan tetap menggunakannya sampai Anda tahu segalanya tentang itu. Kemudian, Anda dapat menggunakan bahasa lain - Anda akan menemukan bahwa pemahaman Anda sebelumnya akan membuat segalanya lebih sederhana.

Belajar dari kode-kode (Tidak Membaca) 
Anak-anak tidak belajar cara mengendarai sepeda atau mengikat sepatu mereka dengan menonton video YouTube atau membaca buku. Satu-satunya cara mereka memahami cara menyeimbangkan atau mengikat simpul adalah dengan melakukannya berulang kali.

"Pengodean bekerja dengan cara yang sama," kata instruktur pengkodean Michael Choi. "Anda mungkin terbang melalui bab membaca dan tidak memiliki masalah memahami topik seperti 'untuk loop,' tetapi jika Anda tidak bermain dengan kode di sana dan kemudian, Anda tidak akan pernah ingat sintaks ketika Anda pergi untuk benar-benar mengimplementasikan ini untuk pertama kalinya. "

Memahami Fundamental
Ketika Anda memutuskan untuk belajar bahasa pengkodean, itu wajar untuk ingin maju cepat ke spesifik sehingga Anda dapat mulai membuat sesuatu. Namun, penting bahwa Anda tidak melewati fundamental pemrograman yang termasuk dalam hampir setiap kursus atau panduan.

Satu-satunya cara untuk mengembangkan pemahaman komprehensif tentang pengkodean adalah dengan terlebih dahulu membangun pengetahuan dasar tentang bagaimana dan mengapa pemrograman melakukan hal-hal tertentu. Kegagalan untuk memahami blok bangunan dasar akan membatasi pemahaman Anda di jalan.

Coba Coding dengan Tangan
Pengkodean jelas bekerja bersama dengan perangkat lunak dan teknologi, tetapi salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah mempelajari cara membuat kode dengan tangan. Ini adalah metode pembelajaran yang teruji dan benar dan - terlepas dari semua kemajuan selama bertahun-tahun - ini masih menjadi salah satu pilihan pembelajaran yang paling mendasar.

Ketika Anda membuat kode dengan tangan - yang bertentangan dengan di komputer - Anda tidak dapat memeriksa untuk melihat apakah itu benar di tengah proses. Akibatnya, Anda harus lebih sadar dengan apa yang Anda lakukan. Selain itu, jika Anda akhirnya melamar pekerjaan di masa depan, banyak wawancara teknis mengharuskan pelamar membuat kode dengan tangan sebagai bagian dari proses.

Pengkodean: Keterampilan Profesional Yang Berharga

Pengkodean adalah keterampilan profesional yang berharga untuk dimiliki. Meskipun tidak mudah untuk mempelajari kode dan memulai pemrograman, adalah mungkin. Ada banyak panduan, tutorial, video, dan artikel di internet untuk membantu Anda memulai.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: https://www.inc.com/samuel-edwards/5-tips-for-learning-coding-with-no-prior-experience.html

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "5 Tips untuk Belajar Pemrograman (Untuk Pemula tanpa Pengalaman)"

Posting Komentar

Tidak Ada tempat untuk KOMENTAR SPAM!!! Akan saya cek setiap hari

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel