Kegunaan, Kelebihan dan Kekurangan Printer Laser

Asalasah ~ Setelah sebelumnya asalasah membahas tentang printer inkjet, kali ini kita membahas printer laser. Printer laser adalah alternatif selain  printer inkjet. Jikan inkjet menggunakan tinta berbasis air, maka printer laser menggunakan tinta kering, yang disebut toner. Tinta dituliskan di kertas menggunakan panas dari laser di dalam printer. Saat kertas bergerak melalui mesin, laser berjalan bolak-balik secara horizontal, yang menghasilkan listrik statis. Proses ini sangat mirip dengan cara kerja mesin fotokopi.

Untuk siapa printer laser Ditujukan ?


Printer laser adalah pilihan terbaik bagi siapa saja yang perlu melakukan pencetakan jumlah besar. Ini karena printer laser bekerja lebih cepat daripada printer inkjet. Jika Anda bekerja di rumah, ini bisa menjadi cara yang bagus untuk meningkatkan kinerja Anda. Atau jika Anda bekerja di kantor kecil dan perlu membeli printer baru, opsi laser adalah pilihan yang bagus. Printer laser adalah investasi jangka panjang yang bagus.

Kelebihan printer laser

  • Printer laser mampu menangani jumlah percetakan yang banyak sekaligus. Printer laser sangat efisien untuk mencetak dokumen besar, atau barang-barang seperti selebaran, brosur. di mana Anda butuh ngepritnya dalam jumlah besar. Bahkan printer laser yang berukuran kecil biasanya dapat ngeprint setidaknya 20 halaman per menit.
  • Meskipun printer inkjet lebih baik untuk foto, printer laser menghasilkan kualitas yang lebih baik dalam hal teks. Garis akan jauh lebih tajam dan bersih , terutama jika Anda menggunakan kertas fotokopi yang lebih tipis atau kertas multiguna. Printer laser juga bagus untk menangani detail yang sangat kecil.
  • Karena sebagian besar printer laser lebih besar dari printer inkjet, Printer laser biasanya datang dengan baki input ganda dan baki output stacker , yang membantu Anda mengatur pekerjaan Anda jauh lebih efektif.
  • Printer laser tidak membuang tinta, jadi satu kartrid toner akan bertahan lebih lama dari satu kartrid tinta inkjet. Artinya kita dapat menghemat uang seiring waktu, tergantung pada seberapa sering Anda mencetak. Printer ini jelas merupakan pilihan yang sangat ekonomis jika Anda menggunakannya terutama untuk mencetak teks dan bukan untuk grafis.

Kekurangan printer laser

  • Printer laser memiliki biaya awal yang sangat tinggi, jadi Anda harus siap untuk menghabiskan sejumlah besar uang untuk tujuan awal.
  • Printer laser perlu dipanaskan sebelum dapat digunakan, yang bisa memakan waktu.
  • Printer laser biasanya jauh lebih besar daripada printer inkjet, jadi Printer laser tidak selalu cocok untuk dipakai di apartemen kecil atau rumah kantor. Printer laser juga hampir tidak portabel seperti printer inkjet.
  • Printer laser hanya dapat mencetak pada jenis kertas tertentu yang dirancang untuk menangani listrik statis yang digunakan. Anda tidak dapat menggunakan printer laser untuk mencetak pada kertas bertekstur atau kertas foto. Ini sangat penting untuk diingat jika Anda memang membeli printer laser, karena menjalankan jenis-jenis bahan yang peka panas melalui printer tidak hanya akan berdampak buruk bagi mesin, tetapi juga bisa berbahaya bagi Anda jika terjadi kerusakan.
  • Printer laser pada umumnya tidak seefektif untuk mencetak gambar atau foto yang sangat terperinci seperti printer inkjet.

Kisaran harga printer laser

Printer laser kecil yang dirancang untuk digunakan di rumah umumnya akan mulai sekitar 1 jutaan, namun, printer laser yang bagusan rata-rata berkisar antara 2 hingga 5 jutaan. Jika Anda tertarik pada printer laser yang lebih besar untuk kantor kecil, maka model ini dapat berkisar antara 4 juta dan 9 juta.

Printer laser kurang banyak beredar daripada printer inkjet, tetapi Printer laser masih dapat ditemukan di banyak toko peralatan elektronik dan kantor, serta online. Printer laser saat ini semakin meningkat popularitasnya, jadi kami yakin akan segera melihat lebih banyak di pasaran.

Video Printer Laser


Cara pakai
Baca Juga :
Asalasah | Sumber: https://www.pickandreview.com/best-printer/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Kegunaan, Kelebihan dan Kekurangan Printer Laser"

Posting Komentar

Tidak Ada tempat untuk KOMENTAR SPAM!!! Akan saya cek setiap hari

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel