Melindungi Diri dan Keluarga dari Flu dan Pilek

Asalasah ~ Sakit tenggorokan dan pilek biasanya merupakan tanda-tanda pertama pilek, diikuti oleh batuk dan bersin. Kebanyakan orang pulih dalam 7-10 hari. Anda dapat membantu mengurangi risiko terkena flu: cuci tangan sesering mungkin, hindari kontak dekat dengan orang sakit, dan jangan menyentuh wajah Anda dengan tangan yang tidak dicuci.

Pilek adalah alasan utama anak-anak bolos sekolah dan orang dewasa bolos kerja. Setiap tahun di Indonesia, ada jutaan kasus flu biasa. Orang dewasa rata-rata menderita 2-3 pilek per tahun, dan anak-anak lebih banyak.

Kebanyakan orang menderita pilek di musim dingin dan musim semi, tetapi pilek bisa terjadi kapan saja sepanjang tahun. Gejala biasanya meliputi:

  • sakit tenggorokan
  • hidung beringus
  • batuk
  • bersin
  • sakit kepala
  • pegal-pegal
Kebanyakan orang pulih dalam waktu sekitar 7-10 hari. Namun, orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah, asma, atau kondisi pernapasan dapat mengembangkan penyakit serius, seperti bronkitis atau pneumonia .


Cara Melindungi Diri Anda dari Flu dan Pilek

Virus yang menyebabkan pilek dapat menyebar dari orang yang terinfeksi ke orang lain melalui udara. Anda juga dapat terinfeksi melalui kontak dengan feses (kotoran) atau sekresi pernapasan dari orang yang terinfeksi. Bisa terjadi ketika Anda berjabatan tangan dengan seseorang yang demam, atau menyentuh benda seperti gagang pintu, yang tercemar virus melalui pernapasan, kemudian mengenai mata, mulut, atau hidung Anda.

Anda dapat mengurangi risiko terkena flu Dengan cara ini:
  • Sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air. Cucilah selama 20 detik, dan arahkan anak kecil melakukan hal yang sama. Jika sabun dan air tidak tersedia, gunakan pembersih tangan berbahan dasar alkohol. Virus yang menyebabkan pilek dapat hidup di tangan Anda, dan mencuci tangan secara teratur dapat membantu melindungi Anda dari sakit.
  • Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut Anda dengan tangan yang tidak dicuci. Virus yang menyebabkan pilek dapat masuk ke tubuh Anda dengan cara ini dan membuat Anda sakit.
  • Jauhi orang yang sakit. Orang sakit dapat menyebarkan virus yang menyebabkan flu biasa melalui kontak berdekatan dengan penderita.

Cara Melindungi Orang Lain dari Flu dan Pilek

Jika Anda masuk angin, Anda harus mengikuti tips ini untuk membantu mencegah penyebarannya ke orang lain:

  • Tetap di rumah saat Anda sakit
  • Hindari kontak dekat dengan orang lain, seperti memeluk, mencium, atau berjabat tangan
  • Jauhi orang sebelum batuk atau bersin
  • Batuk dan bersin ke dalam tisu kemudian membuangnya, atau batuk dan bersin ke lengan baju bagian atas Anda dengan menutupi mulut dan hidung Anda
  • Cuci tangan Anda setelah batuk, bersin, atau meniup hidung Anda
  • Desinfeksi permukaan yang sering disentuh, dan benda-benda seperti mainan dan gagang pintu
  • Tidak ada vaksin untuk melindungi Anda dari flu biasa.

Tips agar sembuh dari Flu dan Pilek

Tidak ada obat untuk pilek. Agar merasa lebih baik, Anda harus banyak istirahat dan minum banyak cairan. Obat-obatan yang dijual bebas dapat membantu meringankan gejala tetapi tidak akan membuat pilek Anda hilang lebih cepat. Selalu baca label dan gunakan obat sesuai petunjuk. Bicaralah dengan dokter Anda sebelum memberikan obat flu tanpa resep kepada anak Anda, karena beberapa obat mengandung bahan yang tidak dianjurkan untuk anak-anak. Pelajari lebih lanjut tentang pengurangan gejala infeksi saluran pernapasan atas, termasuk pilek.

Antibiotik tidak akan membantu Anda pulih dari pilek yang disebabkan oleh virus pernapasan. Mereka tidak bekerja melawan virus, dan mereka mungkin mempersulit tubuh Anda untuk melawan infeksi bakteri di masa depan jika Anda meminumnya secara tidak perlu. Pelajari lebih lanjut tentang kapan antibiotik bekerja .

Kapan Mengunjungi Dokter

Anda harus menghubungi dokter Anda jika Anda atau anak Anda memiliki satu atau lebih kondisi ini:

  • gejala yang berlangsung lebih dari 10 hari
  • gejala yang parah atau tidak biasa
  • jika anak Anda belum berumur 3 bulan dan mengalami demam atau lesu
  • Anda juga harus segera menghubungi dokter jika Anda berisiko tinggi untuk komplikasi flu serius dan mendapatkan gejala flu seperti demam, kedinginan, dan nyeri otot atau tubuh. Orang-orang yang berisiko tinggi untuk komplikasi flu termasuk anak-anak (lebih muda dari 5 tahun), orang dewasa 65 tahun ke atas, wanita hamil, dan orang-orang dengan kondisi medis tertentu seperti asma, diabetes dan penyakit jantung.
Dokter Anda dapat menentukan apakah Anda atau anak Anda terserang flu atau flu dan dapat merekomendasikan terapi untuk membantu mengatasi gejalanya.

Penyebab Pilek

Banyak virus pernapasan yang berbeda dapat menyebabkan flu biasa, tetapi rhinovirus adalah yang paling umum. Virus badak juga dapat memicu serangan asma dan telah dikaitkan dengan infeksi sinus dan telinga. Virus lain yang dapat menyebabkan pilek termasuk virus pernapasan syncytial , virus parainfluenza manusia , adenovirus , coronavirus manusia , dan metapneumovirus manusia .

Ketahui Perbedaan antara Pilek dan Flu

Flu, yang disebabkan oleh virus influenza, juga menyebar dan menyebabkan penyakit sekitar waktu yang sama dengan flu biasa. Karena kedua penyakit ini memiliki gejala yang sama, mungkin sulit (atau bahkan tidak mungkin) untuk membedakan antara keduanya berdasarkan gejala saja. Secara umum, gejala flu lebih buruk daripada pilek biasa dan dapat meliputi demam atau merasa demam / kedinginan, batuk, sakit tenggorokan, pilek atau hidung tersumbat, sakit otot atau tubuh, sakit kepala dan kelelahan (kelelahan). Flu juga dapat memiliki komplikasi yang sangat serius . CDC merekomendasikan vaksinasi flu tahunan sebagai cara pertama dan terbaik untuk mencegah flu. Jika Anda terserang flu, obat antivirus dapat menjadi pilihan pengobatan.

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: https://www.cdc.gov/features/rhinoviruses/index.html

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Melindungi Diri dan Keluarga dari Flu dan Pilek"

Posting Komentar

Tidak Ada tempat untuk KOMENTAR SPAM!!! Akan saya cek setiap hari

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel