Perbedaan tepung MAIZENA dengan TAPIOKA

Asalasah ~ Bunda bunda...Mau tanya tepung MAIZENA dengan tepung TAPIOKA itu beda ya? Perbedaannya apa Bun, suka bingung. Setauku sama

Jawaban para bunda-bunda :

  • Dari bahan beda mbak,satu dari pati jagung dan yang satunya pati singkong,biarpun secara fisik bubuknya mirip..tapi begitu diolah baru kelihatan perbedaannya..dari segi kentalnya juga beda..kalau maizena kentalnya lebih seperti tekstur creamy,sementara tapioka lebih seperti lem dan lebih punya sisi elastis..kira-kira begitu..
  • Tapioka singkong. Maizena jagung. Sama2 keset pas dpegang. Tapi fungsi nya beda. Bedanya tapioka itu bikin kenyal misalkan buat bikin cilok , kalo maizena itu bikin kental biasa adonan vla kue basah.
  • Tapioka itu pati dari singkong. Maizena itu pati dari jagung. Yang namanya pati bentuknya hampir sama aja, cuma kalo dari segi fisik bisa ada perbedaan dari besar granule pada tiap2 pati yang cuma bisa diliat pake mikroskop.. Perbedaan granule ini bisa membuat hasilnya juga beda (lebih lengket, kenyal, elastis, dll).
  • Tulisann kemasan aj beda bu.. apalagi bahannya pasti beda. Yg srg salah kaprah itu aci disamakn dengaN Tapioka. Aci kan dari bahasa sunda. Kl bahasa jawa namanya Kanji. Kl bahasa Indonesia namanya Tapioka. Kl sagu itu beda lagi.. Kebanyakan orang menyamakan sagu dengan tapioka itu yg salah kaprah.
  • Coba bikin tempe tepung. Satu pakai adonan maizena, satunya lagi pakai tapioka. Dijamin bakal terus ingat bedanya hehehe. Aku sih kalau nyoba memahami jenis atau tekstur tepung biasanya begitu, beda lagi lah ya kalau untuk bahan baking.

Kalau maizena saya sering gunakan sebagai
-pengental saus masakan
-tambahan bikin cake

Kalau tapioka saya pakai sebagai
-cilok
-siomay
-bakso

Baca Juga :
Asalasah | Sumber: grup emak-emak

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Perbedaan tepung MAIZENA dengan TAPIOKA"

Posting Komentar

Tidak Ada tempat untuk KOMENTAR SPAM!!! Akan saya cek setiap hari

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel