50 Fakta Menarik Tentang Turki

AsalasahTurki (Türkiye ), atau nama resminya Republik Turki (Türkiye Cumhuriyeti ) adalah negara yang sebagian besar terletak di Asia Barat dan sebagian (sekitar 3% dari wilayah, 20% dari populasi) di Eropa Selatan ( Thrace Timur ). Populasi - 79,4 juta orang. (2016), wilayah teritori ini adalah 783.562 km² (menempati urutan ke 18 di dunia dalam hal populasi dan 36 di wilayah). Bahasa resmi adalah Turki .

Berbatasan di timur dengan Georgia , Armenia , Azerbaijan (15 kilometer dari perbatasan dengan Republik Otonomi Nakhichevan , yang tidak berbatasan dengan sisa Azerbaijan) dan Iran ; di selatan, dengan Irak dan Suriah ; di barat - dengan Yunani dan Bulgaria . Negara ini tersapu oleh empat lautan: Hitam , Mediterania , Aegean dan Marmara .

Turki modern dibentuk pada tahun 1923 sebagai hasil dari runtuhnya Kekaisaran Ottoman setelah kekalahannya dalam Perang Dunia Pertama dan perang pembebasan nasional berikutnya dari orang- orang Turki, penghapusan monarki dan transformasi wilayah dengan dominasi kelompok etnis Turki menjadi negara nasional Turki. Sebelum menjadi pusat Kekaisaran Ottoman, wilayah ini sepanjang sejarah telah menjadi bagian penting dari negara-negara kuno: Armenia , Byzantium , Georgia ( Colchis dan Iberia ), Persia , Roma , dll.

Negara industri dengan ekonomi yang dinamis. Volume PDB pada paritas daya beli (PPP) per kapita adalah $ 19.610 per tahun (2014). Pada 2014, PDB Turki setara $ 806 miliar; PDB pada PPP - $ 1508 miliar; PDB pada par per kapita - $ 10.482 per tahun.

50 fakta menarik tentang Turki

1. Turki menempati posisi pertama di dunia  dengan jumlah monumen arsitektur dan sejarah. Ada 33.400 monumen arkeologis dan 440.000 situs bersejarah dan arkeologi di wilayah Turki.

2. Dibandingkan dengan negara-negara Eropa, Turki memiliki musim berenang terpanjang.

3. Total panjang pantai di Turki adalah sekitar 8000 ribu kilometer.

4. Turki menempati posisi pertama dalam jumlah institusi medis terakreditasi.

5. Tentara Turki paling kuat di Eropa. Armada Laut Hitam Turki 7 kali lebih kuat dari Rusia.

6. Bandara Eropa manakah yang menerima terminal terbaik 2011-2012? Jawaban yang benar: Antalya - Turki.

7. Semua Tujuh Gereja yang disebutkan dalam Kitab Wahyu Yohanes theologian berlokasi di Turki: Ephesus, Smyrna, Pergamus, Sardis, Sardis, Philadelphia dan Laodicea.

8. Di Turki ada lebih dari sepuluh resor ski.

9. Dulu di Turki, agama secara hukum terpisah dari negara. Semua gereja memiliki status yang sama. Ada 78.000 masjid, 320 komunitas Kristen yang berbeda dan 39 sinagog di wilayah negara itu.

10. Oseanarium, dibuka di Istanbul pada 2009, adalah yang terbesar di Eropa.

11. Di pantai selatan (dan tidak hanya) Turki, konstruksi bangunan bata dan panel dilarang.

12. Turki memproduksi 2 juta mobil per tahun. Diantaranya Ford, Fiat, Peugeot, Toyota, Citroen dan lainnya.

13. Di Turki, diadakan balapan Formula 1 dan Kejuaraan Reli Dunia.

14. Hukuman mati dihapuskan di Turki pada tahun 2001, meskipun sebenarnya sejak tahun 1984, tidak ada orang yang tidak  dieksekusi.

15. Mata uang di Turki mudah ditukar.

16. Bandara Antalya adalah salah satu dari sedikit toko bebas bea di jalan keluar.

17. Sensus populasi tidak dilakukan di Turki berdasarkan komposisi nasional, oleh karena itu perkiraan jumlah penduduk adalah perkiraan. Diperkirakan lebih dari 20 juta orang Kurdi tinggal di Turki, dari 1 hingga 2 juta orang Kaukasia, 0,5 juta orang Arab, sekitar 40 ribu orang Armenia dan sekitar 70 ribu orang Yahudi.

18. Kopi awalnya diimpor dari Yaman ke Istanbul. Dan kemudian menyebar ke seluruh Eropa. Ke Turki, kopi diperkenalkan pada abad ke-15, dan langsung memperoleh popularitas yang luar biasa. Sedikit yang tahu bahwa pada abad yang sama diperkenalkan hukum yang memungkinkan perempuan untuk bercerai jika suami mereka tidak bisa memberi mereka kopi setiap hari!

19. Dalam bahasa Turki modern, banyak meminjam kata-kata Prancis dan praktis tidak ada bahasa Inggris.

20. Di Turki, di pintu masuk ke hampir semua rumah pribadi, dimungkinkan untuk melepas sepatu dan meninggalkannya di belakang pintu.

21. Kucing yang hidup di sepanjang tepi Danau Van di Turki disesuaikan dengan air. Mereka dapat tinggal di sana untuk waktu yang sangat lama, menangkap ikan kecil dan kerang. 

22. Di Turki, satu-satunya pabrik pembuatan pesawat F-16 di luar Amerika Serikat berlokasi di Turki.

23. Turki adalah salah satu negara teraman di dunia dalam jumlah pelanggaran pidana.

24. Di Mardin, Anda masih dapat mendengar bahasa asli Yesus Kristus - Bahasa Aram.

25. Dua pertiga dari populasi Turki berusia di bawah 35 tahun.

26. Sekitar 90 juta orang sekarang berbicara Turki.

27. Sumber-sumber sungai Tigris dan Eufrat yang mengairi taman-taman surga yang dijelaskan dalam Alkitab juga terletak di sini.

28. Turki adalah negara di mana untuk pertama kalinya di dunia seorang hakim Mahkamah Agung menjadi seorang wanita

29. Gunung Ararat, yang menurut terjemahan Alkitab, panji Bahtera Nuh terletak di sebelah timur Anatolia. Yaitu, nama "Ararat" berasal dari nama kerajaan Urartu.

30. Turki adalah pemasok tekstil terbesar ke pasar Eropa.

31. Gunung tertinggi di Turki adalah Gunung Ararat, yang tingginya 5166 m. Menurut legenda, Gunung Ararat adalah tempat di mana Nuh Tabut dihentikan.

32. Kota Istanbul adalah salah satu kota tertua di dunia, yang didirikan pada 667 SM Karena sejarahnya yang benar-benar luar biasa, Istanbul dinamai: Roma Baru, Bizantium, dan Konstantinopel.

33. Setiap orang di Turki berkewajiban untuk menjalani wajib militer, dan ketentuan latihan dapat berkisar dari 3 minggu hingga 15 bulan, tergantung pada pendidikan seseorang.

34. Cherry berry yang terkenal pertama kali diperkenalkan ke Eropa dari Turki utara.

35. Istanbul adalah kota terbesar di Turki. Populasinya adalah lebih dari 14 juta orang! Luas kota adalah 5343 km². Semua ini menjadikannya salah satu yang terbesar di dunia.

36. Populasi Turki adalah 74.724.269. Negara ini menempati urutan ke 17 di dunia.

37. Lebih dari 3,5 juta orang Turki secara resmi tinggal di Jerman

38. Selama 35 tahun terakhir, pertumbuhan ekonomi yang signifikan telah diamati dengan tingkat inflasi terendah di dunia.

39. Menurut Organisasi Pariwisata Dunia London , WTTC telah mengidentifikasi lima tempat terbaik di dunia untuk pelancong perjalanan dan liburan: Paris ( Prancis ), London (Inggris), New York ( AS ), Antalya (Turki), Singapura .

40. Turki memiliki semua infrastruktur yang diperlukan untuk pengembangan wisata medis, dan pemerintah berencana untuk memperluas peluang ini. Saat ini, "pasien asing" di Turki adalah warga negara Inggris Raya , Rumania , Belanda , Bulgaria, serta penduduk Negara-negara Arab dan Timur Tengah.

41. Julius Caesar mengucapkan kata-kata terkenalnya: "Veni. Vedi, Veci" (Turki, dekat Ankara modern ketika ia memenangkan kerajaan Pontian).

42. Homer (Homeros) lahir di Izmir (Smyrna kuno) di pantai barat Turki. Dalam "Iliad" -nya, ia menggambarkan Troy, yang terletak di utara Izmir dekat Canakkale.

43. Bagian dari pantai barat daya Turki, adalah hadiah pernikahan Mark Antony ke Cleopatra yang agung.

44. Perang Troya yang terkenal terjadi di barat Turki, dekat kota modern Canakkale, di mana patung kayu kuda Troya sekarang dipulihkan.

45. Dua dari tujuh keajaiban dunia terletak di Turki. Salah satu Keajaiban Dunia - Kuil Artemis dibangun di kota Ephesus - di barat Turki. Sayangnya, hanya beberapa reruntuhan di dekat kota Seljuk, provinsi Izmir, yang tersisa dari sebuah bangunan besar. Keajaiban Dunia kedua yang terkenal - Mausoleum Helikarma juga terletak di wilayah Turki. Kota kuno Helikarnas adalah resor modern di Bodrum, provinsi Muğla.

46. ​​Jumlah penggalian arkeologis yang dilakukan di Turki setidaknya 150 setiap tahun.

47. Tanah air Amazon adalah kota Amazia di timur laut Turki.

48. Salib di mana Yesus Kristus disalibkan sekarang ada di Gereja St. George di Istanbul.

49. Pada puncak kekuasaan (abad ke-17), Kekaisaran Ottoman menduduki wilayah republik Kaukasia sekarang, selatan Ukraina , praktis seluruh Timur Tengah, termasuk tempat pemujaan Islam di Mekah dan Madinah, Mesir , Aljazair, Libya, Maroko, serta semua Balkan, Hongaria, dan Slovakia.

50. Laut Mediterania adalah salah satu laut terbersih di dunia, tidak seperti Laut Hitam.

Jika Anda menyukai artikel ini, silakan tinggalkan komentar atau ulasan Anda. - Asalasah

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "50 Fakta Menarik Tentang Turki"

Posting Komentar

Tidak Ada tempat untuk KOMENTAR SPAM!!! Akan saya cek setiap hari

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel