7 Kesalahan Ngeblog Yang Sering Dilakukan Pemula

AsalasahPerkembangan dunia blogging saat ini sudah luar biasa. Ngeblog bukan hanya menjadi sekedar hobi namun juga menjadi sebuah profesi yang menjanjikan. Apalagi Jika Anda memang hobi menulis, kita bisa menghasilkan uang melalui hobi kita Menulis artikel di blog. Sudah banyak orang-orang berhasil mendapatkan pemasukan tambahan dari blogger bahkan menjadikannya sebagai pekerjaan utamanya.

Tentu saja hal ini membuat semakin banyak orang yang tertarik untuk terjun ke dunia blogging. Apalagi jumlah pengangguran di Indonesia sudah sangat banyak, mungkin juga termasuk Anda yang sedang membaca artikel ini dan juga termasuk saya. Ketika memulai blogging terutama bagi pemula, ada beberapa hal yang merupakan kesalahan namun sering dilakukan oleh pemula. Di sini kita akan coba membahas apa saja kesalahan itu.

7 Kesalahan Ngeblog Yang Sering Dilakukan Pemula

Ilustrasi blogger - sumber gambar pexels.com

1. Berorientasi pada monetisasi 
Ini merupakan sebuah kesalahan yang paling sering kita temui dari mereka yang tertarik untuk memulai blog. Memang tidak salah jika kita mengharapkan penghasilan dari blog yang kita buat. Namun kita perlu menyadari perjalanan dari nol hingga menghasilkan uang itu tidaklah terjadai dalam waktu yang singkat dan mudah. Melainkan banyak waktu yang dikorbankan dan usaha keras lainnya yang mungkin tidak pernah ditampilkan oleh para blogger senior. Mereka sudah banyak melakukan trial dan error, mereka juga sudah banyak mengorbankan waktunya untuk menulis artikel dengan serius.

Jika kamu hanya terpaku dan fokus mengejar uang dari blog, kemungkinan besar kamu akan mengalami stuck dan bahkan kehilangan semangat untuk ngeblog karena perjalanan dari awal hingga bisa mendapatkan uang itu lumayan panjang dan sulit apalagi di tahun 2019 ini karena sudah sangat banyak saingan nya. Jadikanlah ngeblock ini sebagai hobi dan kebiasaan sehari-hari karena suka share dan berbagi pengalaman.

Jika hanya berorientasi kepada uang seorang blogger juga ga kualitas konten yang dibuatnya. Biasanya artikelnya akan copy paste ataupun Spin dari artikel lainnya. Cara ini tidak baik untuk dilakukan.

2. Hanya fokus pada Google AdSense 
Adik-adik google Adsense menjadi sangat terkenal karena banyak sekali youtuber dan blogger yang memamerkan hasil pendapatannya dari usahanya yang dibayar oleh Google AdSense. Sehingga orang berbondong-bondong daftarkan diri menjadi publisher Google AdSense. Padahal sebenarnya ada banyak agen periklanan lainnya yang ada ada di seluruh dunia. Bahkan di Indonesia sendiri juga banyak. Janganlah hanya berfokus pada google Adsense atau periklanan lainnya, namun kita harus fokus pada kualitas blog yang kita buat. Jika berhasil membangun kualitas artikel dan blog yang baik, maka Google Adsense dan agen periklanan lainnya sangat mudah untuk didpatkan.

3. Tidak Menulis artikel berkualitas.
Jika YouTube menjadi kontennya video maka ngeblok yang menjadi kontaknya adalah artikel. Orang-orang video yang bagus demikian juga para pembaca menyukai artikel yang bagus dan berkualitas. Jadi dalam ngeblock kita juga perlu dipertimbangkan bagaimana usaha kita untuk membuat artikel yang berkualitas sehingga disukai orang dan mendapatkan peringkat yang bagus di hasil pencarian search engine.

Intinya kita harus belajar dan terus menulis. Jangan sampai mencoba artikel orang lain seperti yang pernah asalasah lakukan.

4. Template blog yang asal-asalan.
Seperti yang dijelaskan di artikel langkah menjadi blogger yang sukses. Memilih template juga memberi pengaruh yang cukup besar. Template atau desain yang bagus menjadikan blog kita enak dipandang dan betah bagi pengunjung. Syarat suatu template blog dikatakan baik dan berkualitas yaitu jika dia memiliki waktu loading yang cepat serta responsif dan jelas dibaca pengunjung blog.

Perpaduan warna juga penting untuk dipertimbangkan. Jangan sampai Anda memadukan warna yang menyilaukan mata. Lalu penempatan widget juga perlu diperhatikan agar tidak mengganggu kenyamanan pembaca. Jangan menampilkan iklan secara brutal di mana-mana. Letakkan sebelumnya di tempat yang potensial.

5. Salah memilih Niche atau Tema artikel blog
Tulislah apa yang kau sukai dan engkau kuasai, niscaya kamu akan mencintai kamu dan terus semangat membesarkannya. Kebanyakan pemula terpengaruh dari ucapan para senior yang mengatakan Niche ini mudah dan banyak pengunjungnya. Namun akhirnya para pemuda tersebut tak nan dan tidak terus mengembangkan bloknya karena tidak menyukai dan tidak menguasai artikel yang dibuatnya.

Padahal langkah pertama Jika kamu seorang blogger pemula, buatlah artikel yang kamu Minati. Sehingga kamu akan Menulis artikel tersebut sepenuh hati. Penulisan yang bagus akan menghasilkan kualitas artikel yang bagus pula. Kualitas artikel yang bagus sangat disukai robot Google dan menjadikan artikel anda di halaman pertama pencarian Google.

6. Tidak Istiqomah 
Tidak peduli seberapa bagus kualitas artikel yang kamu buat, hasilnya tidak akan maksimal jika kamu tidak konsisten atau Istiqomah. Blog yang sukses saat ini merupakan hasil konsistensi penulisnya dari dulu.

7. Menyerah 
Sudah capek-capek memilih tema yang bagus dan Menulis artikel setiap hari namun akhirnya Anda memilih untuk menyerah hanya gara-gara pengunjung yang sedikit dan penghasilan yang kecil. Ketika menyerah maka Habislah Sudah, dan Anda tergolong orang yang gagal. Namun jika anda bangkit dan terus semangat anda belum gagal dan masih berpotensi menjadi seorang blogger yang sukses. Memang akan ada masa-masanya anda merasa sangat terpuruk dan malas. Itu merupakan fase yang harus anda lewati dan tetaplah bertahan. Di situlah salah satu kunci menjadi blogger yang sukses.

Namun jika anda telah salah memulainya, menyerah saja karena menyerah sebelum kena musibah adalah pilihan yang bagus seperti yang diilustrasikan pada gambar dibawah ini.


Demikianlah artikel tentang 7 kesalahan yang sering dilakukan oleh pemula yang dapat kami sajikan. Semoga artikel ini bermanfaat dan salam sukses blogger Indonesia. Asalasah 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "7 Kesalahan Ngeblog Yang Sering Dilakukan Pemula"

Posting Komentar

Tidak Ada tempat untuk KOMENTAR SPAM!!! Akan saya cek setiap hari

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel