Ceramah Singkat Mengenai Kebersihan Lingkungan Sekolah.

AsalasahKebersihan masih menjadi suatu masalah serius di Indonesia. Kesadaran orang untuk hidup bersih Seperti membuang sampah pada tempatnya masih cukup kurang. Sehingga lingkungan sekitar kita masih sangat banyak sampah. Di sepanjang mata kita memandang masih sangat mudah menemukan sampah yang berserakan. Itu semua terjadi akibat kesadaran kita terhadap sampah dan hidup bersih sangat kurang. Sampah-sampah yang empuk dan tidak dapat di di cerna oleh tanah dalam waktu cepat akan merusak lingkungan dan berbahaya untuk sekitar.

Misalnya saja air dapat tergenang di suatu wadah, nyamuk pun bersarang dan bertelur di situ. Akibatnya lingkungan yang bersumpah tersebut akan banyak nyamuk, dan nyamuk tersebut akan menyerang manusia. Nyamuk sendiri menjadi hewan paling banyak memakan korban manusia di sepanjang tahun.

Oleh karena itu penting bagi kita untuk selalu mengingatkan kepada orang terdekat di sekitar kita untuk peduli terhadap kebersihan lingkungan. Banyak caranya untuk meningkatkan kesadaran orang sekitar untuk peduli akan pentingnya lingkungan yang bersih. Misalnya saja di tingkat sekolah dengan mengadakan lomba pidato singkat mengenai kebersihan lingkungan sekolah. Otomatis para siswa akan berlatih dan mencari tahu Apa saja dampak dan keuntungan memiliki lingkungan yang bersih sehingga dapat disampaikan dengan baik.

Berikut ini asalasah lampirkan sebuah contoh pidato singkat mengenai kebersihan lingkungan sekolah. Ayo kita simak aja selengkapnya berikut ini.

Ilustrasi kelas yang bersih - sumber : pexels.com

Contoh Ceramah Singkat Mengenai Kebersihan Lingkungan Sekolah. 

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Al-hamdulillahirobbil Alamin, segala puji bagi Allah yang telah memberikan kepada kita semua nikmat kesehatan sehingga kita masih dapat hadir di tempat yang berbahagia ini. Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurahkan kepangkuan Nabi besar Muhammad sallallahu alaihi wasallam. Seorang rasul yang menjadi panutan kita dalam setiap hal, termasuk kebersihan.

Para hadirin sekalian, di hari yang cerah ini marilah sama-sama kita dengarkan nasihat yang insya Allah semoga bermanfaat bagi kita semua terutama bagi saya sendiri. Di kesempatan kali ini, saya di hadapan saudara-saudara yang saya muliakan, ingin menyampaikan sepatah dua kata yang berkaitan dengan lingkungan. 

Saya ingin mengingatkan sebuah slogan yang terpampang di depan sekolah kita bersama yaitu kebersihan pangkal sehat. Jika ingin sehat salah satu yang harus kita lakukan adalah menjaga kebersihan. Hendaklah slogan tersebut tidak hanya tertulis indah sebagai penghias dinding sekolah ini. Tapi juga menjadi kesadaran kita bersama yang direalisasikan dengan membiasakan hidup bersih.

Teman-teman sekalian..

Idealnya manusia ini menyukai keindahan sebagaimana seorang pria menyukai wanita. Kita semua menyadari bahwa kita suka melihat taman yang indah dan bersih. Lingkungan yang terlihat indah di mata akan membuat kita nyaman dan betah ketika kita berada di dalamnya. 

Alhamdulillah Lingkungan sekolah kita sudah tampak hijau dengan banyaknya tanaman di depan kelas masing masing maupun di halaman sekolah. Namun perlu saya ingatkan kembali agar kesadaran untuk bersih harus timbul dari diri kita sendiri, salah satunya adalah tidak membuang sampah di sembarang tempat. 

Walaupun pihak sekolah mempunyai tukang bersih-bersih, namun tugas kebersihan lingkungan sekolah adalah tanggung jawab kita bersama. Dengan bekerjasama hal yang berat akan menjadi ringan, hal ringan akan menjadi terasa. 

Sampah bisa membuat lingkungan sekolah yang  kita cintai ini menjadi kotor, keliatan kumuh dan menjadi tempat berkumpulnya lalat dan nyamuk. Selain terlihat tidak indah juga dapat menimbulkan bau yang tidak sedap, sehingga proses belajar mengajar di sekolah kita menjadi terganggu. 

Pihak sekolah sudah menyediakan tempat sampah yang sudah terlihat indah dengan warna yang sesuai. Perlu diingat  tempat sampah yang ada juga bukan hanya pajangan di dalam sekolah kita. Tiap tong sampah sudah diberi tanda tulisan yang berbeda, ada tempat sampah untuk sampah organik dan ada tempat sampah untuk sampah yang anorganik /tidak bisa terurai. Dengan demikian proses memilah sampah lebih mudah dilakukan.

Setiap kelas memiliki jadwal piket yang harus ditaati oleh anggota kelas tersebut. Tanggung jawab kebersihan ini harus dimiliki oleh setiap anggota kelas tersebut. Mengapa harus ada jadwal piket tersebut ? Ketika kita menjaga kebersihan bersama sama, kita akan punya rasa memiliki. Sehingga kita akan berusaha menjaga supaya bersih dan membuat kita nyaman dalam belajar di dalam kelas.

Di awal musim penghujan ini ada hal yang perlu kita waspadai dengan munculnya kasus Demam Berdarah. Sudah ada beberapa teman kita yang masuk rumah sakit karena suspek Deman Berdarah ini. Telur telur nyamuk yang sejatinya sudah mengandung virus dengue ketika terkena air hujan kan menetas menjadi jentik nyamuk dan akan menjadi nyamuk dewasa di lingkungan sekolah kita ini. Tindakan untuk pemberantasan sarang nyamuk ini sangat mudah yaitu melalui 3 M Plus :
  • Menguras bak bak mandi di kamar mandi sekolah
  • Menutup penampungan air
  • Membuang/ mengubur tempat tempat yang berpotensi membuat genangan air hujan. Selain itu gunakanlah lotion nyamuk ketika teman teman bersekolah dan perbanyak menanam tanaman pengusir nyamuk.
Merupakan kehormatan bagi sekolah untuk dapat menerima penghargaan Adiwiyata yang kedua tahun ini. Akhir kata bersama kita bisa menjaga lingkungan sekolah kita lebih bersih dan sehat.

Wa’alaikumus sallam wa rahmatullahi wabarakatuh. Asalasah 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Ceramah Singkat Mengenai Kebersihan Lingkungan Sekolah. "

Posting Komentar

Tidak Ada tempat untuk KOMENTAR SPAM!!! Akan saya cek setiap hari

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel