Fungsi Serumen Atau Kotoran Telinga, Jangan Dibersihkan!

Asalasah ~ Apakah anda sering menggunakan cotton bud untuk mengorek dan mengeluarkan kotoran telinga? Jika anda sering melakukan hal tersebut maka mulai dari sekarang Berhentilah untuk mengeluarkan kotoran telinga Anda secara paksa. Karena di artikel Berikut ini asalasah akan menjelaskan apa itu ear wax atau yang sering kita sebut sebagai kotoran telinga.

Seorang dokter THT dari Malaysia (Dr Ezairy M.Sallih) memberitahu kepada kita betapa bahayanya kegiatan mengorek telinga menggunakan cotton bud.

Sebenarnya ear wax, lilin telinga, atau yang sering orang sebut sebagai kotoran telinga ini sebenarnya tidak perlu untuk dikeluarkan secara paksa. Telinga yang diciptakan yang diciptakan oleh Allah ini memiliki mekanisme tersendiri untuk mengeluarkan kotoran telinga.

Selain itu ear wax, serumen atau kotoran telinga yang kita coba buang itu ternyata memiliki fungsi tersendiri. Apa saja fungsi dari serumen telinga ini?

1. Serumen telinga Akan membentuk lapisan asid ‘acidic coat’, lapisan Ini mengandung lysozyme. Lysozyme ini penting untuk mencegah terjangkit kuman bakteri dan fungal.

2. Ear wax atau kotoran telinga mengandung lapisan lipid ‘lipid-rich cerumen’. Lapisan ini bersifat hidrofobik yang dapat mencegah pengumpulan air terlalu banyak di saluran telinga.

3. Serumen juga berfungsi sebagai penghalang segala kotoran dan benda asing dari luar untuk masuk ke dalam rongga telinga.

Oleh karena itu, serumen atau kotoran telinga tidak perlu dibuang kecuali jika dua hal ini yang terjadi yaitu:
1. Pendengaran berkurang akibat banyaknya kotoran telinga yang menumpuk.
2. Sakit akibat serumen yang terlalu keras ‘impacted ear wax’.

Nah itu saja alasan sebaiknya Anda dibolehkan membersihkan telinga, itupun sebaiknya dilakukan secara hati-hati dan sebaiknya oleh orang yang ahli di bidang tersebut.

Seperti biasa nasihat beliau agar penderita sakit telinga hidung tenggorokan atau THT berkonsultasi ke dokter jika mengalami suatu masalah.

Semoga artikel ini, silahkan tekan tombol share jika anda merasa tulisan ini berharga dan bermanfaat. Sampai jumpa lagi di artikel asalasah selanjutnya. Asalasah 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Fungsi Serumen Atau Kotoran Telinga, Jangan Dibersihkan!"

Posting Komentar

Tidak Ada tempat untuk KOMENTAR SPAM!!! Akan saya cek setiap hari

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel