Tunggu Berapa Lama Sebaiknya Minum Setelah Makan?

AsalasahHal pertama yang umumnya orang-orang lakukan setelah selesai makan besar adalah minum air. Ini menjadi kebiasaan wajib bagi banyak orang. Tujuannya untuk melancarkan makanan yang tersangkut di perjalanan di usus atau memudahkan menelan makanan dan menghilangkan rasa haus yang tak tertahankan.

Memang minum air putih itu sangat bermanfaat dan harus sering dilakukan, namun ternyata ada waktu-waktu tertentu yang Anda harus hindari untuk mengonsumsinya. Salah satunya adalah langsung minum setelah makan.

Ya, mungkin ini terdengar aneh dan banyak yang mempertanyakan, mengapa setelah makan kita tidak diperbolehkan untuk langsung minum? Sebenarnya, minum air tak hanya dilarang sesaat setelah makan saja namun sebelum makan dan selama makan.


Anda harus menunggu setidaknya setengah jam terlebih dahulu untuk minum air. Alasannya, tubuh butuh waktu sekitar 2 jam untuk mencerna makanan. Makanan akan melewati esofagus untuk menuju perut, lalu ke usus, sebelum akhirnya keluar dari tubuh kita.

Ada proporsi cairan padat tertentu yang perlu dipertahankan saat tubuh kita mencerna makanan. Keseimbangan ini akan terganggu jika kita langsung minum air setelah makan karena merusak waktu alami yang dibutuhkan untuk mencerna makanan dan membuat kita merasa lapar lebih cepat dari biasanya, yang mengarah pada mengonsumsi lebih banyak kalori dari biasanya serta menyebabkan kembung.

Dianjurkan untuk memberi jeda 30 menit antara mengonsumsi makanan dan air. Dalam 30 menit ini, tubuh kita akan memasuki tahap pencernaan berikutnya, dan air minum tidak akan merusak proses pencernaan.

Minum air langsung setelah makan juga akan mencairkan cairan pencernaan dan enzim yang sangat penting dalam proses pencernaan dan sekresi enzim yang lebih rendah ini menyebabkan peningkatan kadar asam dalam tubuh kita sehingga menyebabkan mulas dan keasaman.

Saat mencerna makanan, nutrisi penting tertentu diserap oleh tubuh. Namun, minum sekian banyak air langsung setiap kali setelah makan akan merusak proses itu. Oleh karena itu, nutrisi minimum yang kosong akan diserap selama proses pencernaan.

Kebiasaan langsung minum air putih setelah makan, tidak hanya memengaruhi pencernaan, tetapi juga kualitas makanan yang kita konsumsi. Selain itu, air bersifat pendingin, oleh karena itu akan menambahkan efek pendingin pada semua jenis makanan yang kita konsumsi.

Ini sangat mengerikan bagi tubuh karena akan membuat kita gemuk. Obesitas terjadi ketika air menghambat proses pencernaan yang menyisakan banyak makanan yang tidak tercerna dalam sistem. Glukosa dari makanan yang tidak tercerna yang disimpan dalam tubuh kita akan diubah menjadi lemak, yang tetap berada di tubuh kita.

Karena ini, ada peningkatan kadar insulin dalam tubuh kita yang menyebabkan kadar gula darah meningkat. Peningkatan kadar gula darah dapat menyebabkan penyakit seperti diabetes dan obesitas.

Terlepas dari obesitas dan diabetes, minum air langsung setelah makan juga dapat meningkatkan kadar asam urat, kolesterol LDL, VLDL dan trigliserida.

Ya, untuk menjaga diri Anda tetap terhidrasi setiap saat caranya adalah dengan minum air putih sebanyak mungkin, tahan 30 menit setelah dan sebelum makan untuk minum air. Minum banyak air putih memang dianjurkan, hanya saja tidak langsung setelah makan.

Asalasah | Sumber: http://www.tergemes.com/2019/03/jeda-minum-air.html

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Tunggu Berapa Lama Sebaiknya Minum Setelah Makan?"

Posting Komentar

Tidak Ada tempat untuk KOMENTAR SPAM!!! Akan saya cek setiap hari

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel